Keluarga

Bikin Skin Barrier Rusak, Ini 4 Bahan Alami yang Tidak Boleh Dipakai di Wajah

Bikin Skin Barrier Rusak, Ini 4 Bahan Alami yang Tidak Boleh Dipakai di Wajah

MOMSMONEY.ID - Ketahui 4 bahan alami yang tidak boleh dipakai di wajah. 

Di internet, banyak informasi tentang tips perawatan wajah menggunakan bahan-bahan alami. Kendati memiliki embel-embel alami, namun tidak semua bahan alami baik dan boleh diaplikasikan pada kulit wajah.

Beberapa bahan alami yang kerap dijadikan skincare DIY justru berisiko merusak kulit dan memicu permasalahan kulit yang sebelumnya tidak ada.

Ada jus lemon hingga telur mentah, berikut 4 bahan alami yang tidak boleh dipakai di wajah, dilansir dari Women’s Health.

Baca Juga: Sarapan Pagi Bisa Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2 Sebesar 59%, Ini Kata Peneliti

1. Jus lemon

Jus lemon

Bahan alami yang tidak boleh dipakai di wajah yang pertama adalah jus lemon.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa mengoleskan jus lemon secara langsung pada wajah dapat menghilangkan bintik-bintik hitam dan jerawat. Faktanya, jus lemon tidak baik untuk digunakan pada wajah.

Lemon bersifat asam dan dapat mengubah pH kulit serta menghancurkan skin barrier, sehingga bisa membuat kulit mudah meradang, teriritasi, dan bahkan terluka.

Mengoleskan jus lemon pada wajah juga dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV, yang berarti kulit akan rentan terkena sunburn.

2. Mayones

Mayones

Bahan alami yang tidak boleh dipakai di wajah yang kedua adalah mayones.

Ada anggapan bahwa mayones bisa menjadi pelembab yang lebih baik untuk kulit kering dan bersisik. Meskipun mengoleskan mayones ke kulit wajah tidak sepenuhnya berbahaya, namun mayones dapat menyumbat pori-pori (comedogenic).

Apabila Anda bersikeras mengaplikasikan mayones pada wajah, jangan heran jika jerawat akan berdatangan dan menghinggapi kulit Anda.

Baca Juga: Suka Cokelat? Ternyata Ini 4 Manfaat Makan Cokelat Setiap Hari bagi Kesehatan

3. Baking soda

Baking Soda

Bahan alami yang tidak boleh dipakai di wajah yang ketiga adalah baking soda.

Baking soda diklaim bisa membasmi jerawat dan mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Faktanya, baking soda sangat tidak disarankan untuk diaplikasikan pada wajah.

Pasalnya, baking soda memiliki sifat basa yang bisa mengubah pH kulit dan merusak lapisan atas kulit secara drastis, sehingga mengundang bakteri dan hal-hal buruk lainnya masuk. Penggunaan baking soda pada wajah juga bisa memperparah kondisi kemerahan dan jerawat.

4. Telur mentah

Telur

Bahan alami yang tidak boleh dipakai di wajah yang keempat adalah telur mentah.

Masker putih telur mentah dipercaya mampu membersihkan dan mengecilkan pori-pori. Padahal, telur mentah mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Hampir 80.000 kasus penyakit bawaan makanan setiap tahun ditelusuri kembali ke telur yang terkontaminasi salmonella, kata FDA.

Alih-alih menggunakan masker telur mentah pada wajah, alangkah baiknya Anda membeli masker siap pakai yang sudah terjamin keamanannya untuk kulit.

Itulah 4 bahan alami yang tidak boleh dipakai di wajah. Jangan lupa dicatat ya, Moms!

Selanjutnya: Incar Kenaikan Pendapatan, DMS Propertindo (KOTA) Terapkan Strategi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News