Keluarga

Bikin Kenyang Lebih Lama, Simak 5 Manfaat Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan

Bikin Kenyang Lebih Lama, Simak 5 Manfaat Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Ada 5 manfaat sarapan untuk menurunkan berat badan. Cari tahu di sini.

Banyak orang yang melewatkan sarapan saat sedang berusaha menurunkan berat badan. Faktanya, sarapan sangat disarankan karena menyimpan efek positif untuk penurunan berat badan alih-alih efek negatif.

Melansir laman Eat This, Not That!, seorang Nutritionist bernama Lisa Young, PhD, RDN, memaparkan beberapa manfaat sarapan untuk menurunkan berat badan. Selengkapnya, berikut penjelasannya yang patut Anda simak sampai akhir.

Baca Juga: Anak Remaja Sering Takut Gagal? Ini 4 Cara Menghadapinya

1. Memberikan energi

Manfaat sarapan untuk menurunkan berat badan yang pertama yaitu memberikan energi.

Sarapan dapat membantu mempertahankan tingkat energi sepanjang hari. Menurut Cleveland Clinic, sarapan mampu memberi tubuh energi yang dibutuhkan untuk melakukan yang terbaik.

Sarapan juga membantu tetap fokus dan waspada serta meningkatkan kinerja fisik dan mental secara keseluruhan, sehingga memungkinkan Anda menjadi lebih produktif.

Meskipun hal tersebut tidak berhubungan langsung dengan penurunan berat badan, namun memiliki lebih banyak energi sepanjang hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena Anda mungkin merasa lebih waspada dan termotivasi untuk mencapai tujuan olahraga atau memasak makanan sehat. Sebaliknya, saat Anda merasa lesu atau lelah, Anda mungkin cenderung melewatkan olahraga atau mengonsumsi junk food.

Untuk membantu menurunkan berat badan, mulailah hari dengan sarapan bergizi yang mencakup karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Hindari sarapan tinggi gula rafinasi, karena tidak akan memberi Anda energi dan justru berdampak sebaliknya pada tingkat energi Anda. Menurut jurnal Obesity, pola makan dengan asupan gula rafinasi yang tinggi dapat menyebabkan lebih banyak kelelahan atau perasaan lesu.

2. Membantu Anda merasa kenyang

Manfaat sarapan untuk menurunkan berat badan yang kedua yaitu membantu Anda merasa kenyang.

Sarapan mampu mencegah rasa lapar ekstrem di siang hari. Sarapan juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu mengontrol porsi makan selanjutnya. Adapun hal ini secara langsung dapat membantu tujuan penurunan berat badan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Current Developments in Nutrition menemukan bahwa peserta yang sarapan pagi mengalami peningkatan rasa kenyang dan perbaikan nafsu makan dibandingkan dengan mereka yang melewatkan sarapan.

Agar Anda merasa kenyang setelah sarapan, pastikan untuk memasukkan semua elemen penting yang diperlukan untuk makanan sehat meliputi protein, lemak sehat, dan karbohidrat kaya serat. Jika Anda memasukkan elemen penting tersebut ke dalam menu sarapan Anda, Anda pun akan merasa kenyang berjam-jam setelahnya.

3. Mencegah keinginan ngemil di malam hari

Manfaat sarapan untuk menurunkan berat badan yang ketiga yaitu mencegah keinginan ngemil di malam hari.

Orang yang melewatkan sarapan biasanya menginginkan karbohidrat di malam hari. Jika keinginan ini terus dipenuhi, bukan tidak mungkin program penurunan berat badan Anda menjadi sia-sia.

Sementara itu, sarapan dengan karbohidrat dan protein berserat tinggi akan mengatur kadar gula darah pada kecepatan yang stabil sepanjang hari serta dapat membantu Anda menghindari rasa lapar di malam hari.

Baca Juga: 8 Cara Berkomunikasi dengan Anak Remaja yang Keras Kepala, Jangan Marah-Marah!

4. Memberikan lebih banyak serat

Manfaat sarapan untuk menurunkan berat badan yang keempat yaitu memberikan lebih banyak serat.

Sarapan akan memberikan Anda kesempatan untuk menambahkan lebih banyak serat, yang mana serat merupakan nutrisi penting untuk menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition mengatakan bahwa serat dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih besar dan kepatuhan terhadap diet. Di sisi lain, Mayo Clinic menyatakan bahwa mengonsumsi makanan berserat tinggi lebih mengenyangkan dibandingkan jenis makanan lainnya, yang berarti Anda bisa merasa kenyang dengan lebih sedikit kalori.

Ingat, serat adalah kunci dalam membantu Anda tetap kenyang untuk mencegah makan berlebihan saat mencoba menurunkan berat badan. Plus, serat hanya menyumbang sedikit kalori dalam makanan. Jadi, biasakan diri Anda untuk sarapan tinggi serat seperti sereal dan buah guna membantu mencapai tujuan penurunan berat badan yang lebih cepat.

5. Membantu memenuhi asupan protein

Manfaat sarapan untuk menurunkan berat badan yang kelima yaitu membantu memenuhi asupan protein.

Selain mendapatkan tambahan serat, sarapan juga bisa menjadi kesempatan lain bagi Anda untuk mendapatkan jumlah protein yang cukup.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, diet tinggi protein menunjukkan efek yang besar terhadap rasa kenyang dibandingkan dengan peserta yang mengonsumsi makanan rendah protein. Tidak hanya itu, diet tinggi protein dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih besar karena efek positifnya pada metabolisme dan rasa kenyang, serta kemampuannya untuk menurunkan hormon rasa lapar dan asupan makanan secara keseluruhan.

Shannon Henry, RD, dari EZCare Clinic, merekomendasikan telur atau yogurt sebagai sarapan bergizi tinggi protein. Dia menunjukkan bagaimana kedua makanan ini dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan di kemudian hari, yang dapat meningkatkan penurunan berat badan Anda secara keseluruhan.

Demikian 5 manfaat sarapan untuk menurunkan berat badan. Jadi, jangan dilewatkan ya, Moms!

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis & Manfaatnya Buat Turunkan Gula Darah Hingga Asam Urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News