Keluarga

Bikin Awet Muda, Ini 4 Kebiasaan Makan untuk Memperlambat Penuaan

Bikin Awet Muda, Ini 4 Kebiasaan Makan untuk Memperlambat Penuaan

MOMSMONEY.ID - Simak 4 kebiasaan makan untuk memperlambat penuaan yang layak dijajal jika ingin awet muda.

Sudah semestinya kita menerapkan kebiasaan sehat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan aktif layaknya selalu muda.

Kebiasaan sehat juga harus diterapkan dalam hal makan. Pasalnya, apa yang kita makan dapat berpengaruh signifikan pada proses penuaan tubuh.

Melansir laman Eat This, Not That!, ada beberapa kebiasaan makan untuk memperlambat penuaan menurut sains. Berikut 4 di antaranya:

1. Konsumsi cairan dengan cukup

Minum air putih

Kebiasaan makan untuk memperlambat penuaan yang pertama yaitu mengonsumsi cukup cairan. 

Tubuh membutuhkan hidrasi yang tepat agar tetap sehat dan berfungsi seiring bertambahnya usia. Jadi, pastikan Anda mencukupi asupan air harian Anda dengan baik.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Lelah dan Kantuk Tanpa Minum Kopi, Nomor 4 Layak Dijajal

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, wanita membutuhkan sekitar 11,5 gelas air per hari dan pria membutuhkan sekitar 15,5 gelas air per hari. Jumlah ini berasal dari konsumsi makanan maupun minuman.

Untuk minuman, pilihlah minuman yang bebas kalori seperti air putih. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi minuman yang mampu memberikan nutrisi seperti 100% jus buah dan sayuran serta susu rendah lemak atau susu kedelai.

2. Perbanyak makan buah dan sayuran

Faktor yang Pengaruhi Masa Simpan Buah dan Sayur di dalam Kulkas

Kebiasaan makan untuk memperlambat penuaan yang kedua yaitu memperbanyak makan buah dan sayuran. Menurut Centers for Disease Control, hanya 1 dari 10 orang dewasa yang mengonsumsi buah dan sayuran sesuai jumlah yang disarankan. Padahal, kedua hasil bumi ini menyediakan banyak antioksidan.

Adapun antioksidan yang terkandung dalam buah dan sayuran terbukti dapat membantu melindungi sel dari radikal bebas yang berpotensi menyebabkan penuaan.

Jadi, apabila Anda ingin senantiasa awet muda dalam hal performa tubuh maupun penampilan, pastikan untuk memasukkan buah dan sayuran ke dalam menu harian sekarang juga.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengonsumsi Daging Domba untuk Kesehatan, Baik untuk Sistem Saraf

3. Minum teh

Minum teh

Kebiasaan makan untuk memperlambat penuaan yang ketiga yaitu minum teh.

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, wanita lanjut usia yang rutin minum teh memiliki risiko patah tulang yang lebih rendah. Juga, cenderung memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih kuat dibandingkan mereka yang tidak minum teh.

Seperti kita tahu, seiring bertambahnya usia, kepadatan mineral tulang cenderung menurun. Akibatnya, patah tulang pun menjadi lebih mungkin menyerang.

Kabar baiknya, kandungan flavonoid dalam teh dapat membantu meminimalkan risiko tulang rapuh atau osteoporosis, menurut para peneliti dari studi tersebut.

4. Konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan

Kebiasaan makan untuk memperlambat penuaan yang keempat yaitu mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian.

Baik kacang-kacangan maupun biji-bijian, keduanya menyediakan vitamin E dalam jumlah yang baik. Vitamin E sendiri termasuk antioksidan yang bermanfaat untuk membantu melindungi membran sel dari kerusakan akibat radikal bebas terutama yang disebabkan oleh sinar UV.

Saat sel terlindungi dari kerusakan, risiko penuaan dini pun akan berkurang secara signifikan. Tak percaya? Silakan buktikan!

Demikian 4 kebiasaan makan untuk memperlambat penuaan yang layak dijajal. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News