Santai

Biar Enggak Cedera, Lakukan 5 Hal Ini Sebelum dan Setelah Olahraga

Biar Enggak Cedera, Lakukan 5 Hal Ini Sebelum dan Setelah Olahraga

MOMSMONEY.ID - Wajib jadi perhatian, mulai perhatikan beberapa hal berikut sebelum mulai berolah raga agar tidak cedera, ya.

Olahraga merupakan aktivitas yang membuat tubuh jadi lebih sehat dan segar. Karena itu, menjadikan olahraga sebagai kegiatan harian adalah hal yang baik.

Namun demikian, dalam berolah raga ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar terhindar dari cedera.

Nah, sebelum memulai olahraga ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini agar bisa terhindar dari cedera saat berolah raga.

Baca Juga: Weight Loss vs Fat Loss, Mana yang Lebih Baik Buat Diet?

Melakukan cek kesehatan

Ada baiknya sebelum melakukan olahraga untuk selalu melakukan cek kesehatan. Mengecek kesehatan penting untuk mengetahui kondisi tubuh.

Selain mengetahui kondisi tubuh, mengecek kesehatan secara rutin juga dapat membantu untuk mengontrol kondisi kesehatan tubuh pada sebelum, sesaat, dan setelah berolah raga.

Perhatikan pakaian

Sebelum mulai olahraga, ada baiknya menyiapkan pakaian olahraga yang sesuai. Dengan memakai pakaian olahraga yang sesuai, cedera pun bisa dihindari.

Selain itu, pilihlah juga pakaian yang nyaman dan terbuat dari bahan menyerap keringat. Jika pakaian olahraga yang digunakan terasa nyaman, maka olahraga pun bisa dilakukan dengan lebih baik.

Baca Juga: Jika Sering Dipakai, Jangan Lupa Cuci Matras Anda Pakai Cara Ini

Minum

Air memiliki peran penting selama olahraga untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Selain oksigen, nutrisi, dan metabolisme juga akan dialirkan ke seluruh tubuh melalui air.

Pastikan agar tubuh selalu terhidrasi saat melakukan olahraga. Agar tubuh tidak kekurangan cairan tubuh yang hilang bersama keringat. Sehingga masih dapat melakukan semua gerakan olahraga dengan benar dan tidak lesu setelahnya.

Jangan dipaksa

Agar terhindar dari cedera, lakukan olahraga dengan kemampuan yang sesuai dengan yang Anda miliki. Saat melakukan olahraga di gym contohnya, jangan memaksa diri untuk mengangkat beban terlalu berat.

Sesuaikan beban dengan kekuatan yang dimiliki dan gunakan peralatan yang aman. Saat melakukan kardio, sebaiknya juga lakukan dengan kemampuan yang dimiliki. Jika sudah tidak mampu, jangan malu untuk berhenti dari pada cedera.

Membersihkan diri

Membersihkan diri setelah berolah raga juga harus menjadi kewajiban bagi yang memiliki aktivitas olahraga rutin. Keringat banyak mengandung bakteri dan virus terutama jika bercampur dengan debu dan udara dari luar.

Membersihkan diri setelah berolah raga bisa membantu tubuh merasa segar dan rileks setelah berolah raga. Selain itu tentu saja juga bisa membuat tubuh terhindar dari bakteri dan virus penyebab penyakit.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang sebaiknya mulai diperhatikan sebelum berolah raga supaya terhindar dari cedera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News