Bugar

Berikut Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Berikut Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

MOMSMONEY.ID - Mari ketahui daftar sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes.

Meskipun sayuran dikenal kaya nutrisi dan menyehatkan, ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah terbatas oleh penderita diabetes.

Ini karena beberapa sayuran mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, yang dapat mempengaruhi kadar gula darah.

Meskipun jenis karbohidrat yang Anda konsumsi penting, jumlah karbohidrat yang Anda makan memiliki dampak terbesar pada kadar gula darah dan A1c.

Baca Juga: Faktor Risiko Serangan Jantung dan Cara Mencegahnya, Ayo Cek di Sini

Berikut beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes, seperti yang dilansir dari Diabetes Meal Plans:

1. Jagung

Jagung mengandung sekitar 27 gram karbohidrat per cangkir, jumlah yang cukup tinggi untuk penderita diabetes.

Indeks Glikemik (GI) jagung berkisar antara 37 hingga 62, yang berarti jagung dapat memicu kenaikan gula darah. Sebagai alternatif yang lebih baik, asparagus bisa menjadi pilihan dengan hanya 7,4 gram karbohidrat per cangkir.

2. Parsnip

Parsnip adalah sayuran akar yang mengandung 27 gram karbohidrat per cangkir dan memiliki GI sekitar 52. Meskipun termasuk dalam kategori GI sedang, parsnip tetap tinggi karbohidrat, sehingga tidak ideal untuk penderita diabetes.

Sebagai penggantinya, paprika merah dengan hanya 6 gram karbohidrat per cangkir bisa menjadi pilihan yang lebih aman.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan saat Mengalami Serangan Jantung

3. Kentang

Kentang adalah sayuran yang banyak disukai, tetapi sayangnya mengandung banyak karbohidrat. Satu kentang sedang mengandung sekitar 37 gram karbohidrat, yang cukup tinggi untuk penderita diabetes. Dengan GI mencapai 98, kentang dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Anda bisa mencoba kembang kol yang hanya mengandung 5 gram karbohidrat per cangkir dan dapat diolah dengan berbagai cara seperti kentang.

4. Ubi Jalar

Meskipun ubi jalar sering dianggap lebih sehat dibandingkan kentang, ubi jalar tetap tinggi karbohidrat. Satu ubi jalar mengandung sekitar 24 gram karbohidrat. GI-nya bervariasi dari 44 hingga 96, membuatnya kurang ideal untuk penderita diabetes.

Labu yang rendah karbohidrat dan kaya akan vitamin A bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Baca Juga: Minum Apa agar Gula Darah Turun dengan Cepat? Ini 6 Pilihannya

5. Yam

Yam sering disamakan dengan ubi jalar, tetapi sebenarnya berbeda. Yam lebih kering dan bertepung, serta mengandung sekitar 41,8 gram karbohidrat per cangkir, yang sangat tinggi bagi penderita diabetes.

Sebagai pengganti, zucchini yang hanya mengandung 0,5 gram karbohidrat per cangkir dapat menjadi pilihan rendah karbohidrat yang lebih sehat.

Itulah beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes. Bagi penderita diabetes, penting untuk membatasi konsumsi sayuran yang tinggi karbohidrat dan memilih alternatif rendah karbohidrat.

Mengganti sayuran di atas dengan pilihan rendah karbohidrat dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Dengan pemilihan sayuran yang tepat, penderita diabetes tetap dapat menikmati diet yang sehat dan seimbang. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Pialang Asuransi Ramai-ramai Ubah Nama, OJK Beberkan Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News