Bugar

Apa yang Harus Dilakukan saat Mengalami Serangan Jantung

Apa yang Harus Dilakukan saat Mengalami Serangan Jantung

MOMSMONEY.ID - Tak banyak orang yang tahu. Apa yang harus dilakukan saat mengalami serangan jantung sebenarnya?

Serangan jantung adalah kondisi medis darurat yang terjadi ketika aliran darah ke bagian otot jantung terhambat, sering kali disebabkan oleh penyumbatan di pembuluh darah koroner.

Jika tidak segera ditangani, serangan jantung dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otot jantung atau bahkan kematian.

Oleh karena itu, mengetahui langkah-langkah yang harus diambil saat mengalami atau menyaksikan serangan jantung sangat penting untuk menyelamatkan nyawa.

Baca Juga: Minum Apa agar Gula Darah Turun dengan Cepat? Ini 6 Pilihannya

Apa yang harus dilakukan saat mengalami serangan jantung? Melansir dari Healthline, ini yang harus Anda lakukan:

1. Kenali gejala serangan jantung

Jika Anda mengalami gejala-gejala serangan jantung berikut, segera hubungi layanan darurat:

  • Rasa tidak nyaman atau nyeri di bagian tengah dada yang berlangsung lebih dari beberapa menit atau datang dan pergi. Rasanya bisa seperti tekanan berat, sesak, atau nyeri.
  • Rasa nyeri atau ketidaknyamanan di lengan, punggung, leher, rahang, atau perut.
  • Sesak napas.
  • Berkeringat dingin.
  • Mual, pusing, atau muntah.

Baca Juga: 11 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Anda, Ketahui Selengkapnya di Sini

2. Minta seseorang memanggil layanan darurat

Jika ada orang lain di sekitar, minta mereka untuk segera menghubungi layanan darurat dan tetap bersama Anda hingga petugas medis tiba.

Menghubungi layanan darurat adalah cara tercepat untuk mendapatkan bantuan, karena tim medis terlatih untuk menangani serangan jantung di tempat dan dapat membawa Anda ke rumah sakit dengan segera.

Jika Anda berada di tempat umum seperti sekolah atau kantor, sering kali ada defibrillator yang tersedia. Defibrillator ini bisa digunakan oleh orang sekitar dengan instruksi yang mudah jika Anda kehilangan kesadaran.

Sementara itu, jika Anda sendirian, buka kunci pintu depan rumah Anda dan berbaring di dekat pintu agar petugas medis dapat dengan mudah menemukan Anda saat mereka tiba.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Gigi Kuning secara Alami, Tertarik Coba?

3. Minum aspirin

Jika Anda masih sadar, segera minum aspirin dengan dosis normal (325 mg) jika tersedia. Aspirin membantu memperlambat proses pembekuan darah, yang dapat mengurangi risiko pembentukan gumpalan darah yang lebih besar selama serangan jantung.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai apa yang harus dilakukan saat mengalami serangan jantung.

Tindakan cepat dalam menangani serangan jantung sangat penting untuk menyelamatkan nyawa. Tetap waspada terhadap gejalanya dan segera hubungi bantuan darurat jika Anda merasa mengalami serangan jantung. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Demokrat: Kalau AHY Diamanahkan Jadi Menko, Insyallah Akan Dijalankan dengan Baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News