AturUang

Berikut Cara Memulai Usaha Baru Dari Nol agar Cepat Sukses

Berikut Cara Memulai Usaha Baru Dari Nol agar Cepat Sukses

MOMSMONEY.ID – Buat Anda para pemula, cara memulai usaha dari nol dapat dilakukan dengan berbagai persiapan. Saat ini, untuk memperoleh pendapatan tambahan bisa dilakukan melalui berbagai upaya seperti mulai menggeluti dunia bisnis.

Cara memulai usaha baru dapat dilakukan tanpa mengeluarkan modal yang besar. Apalagi kini teknologi kian berkembang, sehingga memulai usaha baru dapat dilakukan di rumah dengan hanya bermodal smartphone.

Cara memulai usaha baru tidak lah mudah. Banyak rintangan dan tantangan yang harus dilalui untuk menjadi pengusaha sukses. Namun mengapa banyak orang memilih untuk berjuang keras dalam membangun bisnis? Berikut adalah tips untuk memulai usaha dari PT Bank OCBC NISP Tbk yang dapat Anda terapkan. Yuk simak di bawah ini :

1.           Kebebasan dan Keleluasaan

Bekerja secara sendiri pasti lebih bebas dan lebih leluasa dibandingkan bekerja dengan orang lain. Saat kita bekerja di kantor atau perusahaan tertentu, kita merasa bergantung terhadap perusahaan dan harus mematuhi seluruh aturan yang berlaku selama bekerja.

Berbeda dengan mendirikan usaha, kita bebas berinovasi dan menentukan pilihan aturan dalam usaha pribadi. Sehingga salah satu alasan orang memilih mendirikan usaha dibandingkan bekerja karena faktor kebebasan dan keleluasaan.

2.           Lapangan Kerja Terbatas

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), di Indonesia jumlah pengangguran mencapai 6,87 juta jiwa. Jumlah tersebut akan terus meningkat setiap tahunnya. Salah satu faktor penyebabnya dikarenakan ketersediaan lapangan kerja yang kurang memadai.

Oleh karena itu, kondisi tersebut mendorong seseorang untuk merintis usaha. Selain itu, menjadi seorang pengusaha dapat memiliki peluang yang besar untuk membantu orang lain dengan cara membuka lapangan pekerjaan baru.

3.           Memperoleh tambahan pendapatan

Semakin hari harga kebutuhan pokok semakin meningkat. Namun hal tersebut tidak diiringi gaji atau penghasilan yang meningkat. Kondisi tersebut terkadang memaksa kita untuk bekerja lebih keras lagi agar mampu menyesuaikan antara pendapatan dan pengeluaran secara baik. Oleh karena itu banyak pekerja yang mulai membangun bisnis sebagai pemasukan sampingan.

4.           Sebagai Investasi di Hari Tua

Mendirikan usaha di usia muda dapat menjadi investasi di hari tua. Usaha yang dirintis akan berkembang hingga memiliki karyawan. Saat operasional usaha sudah mampu berjalannya tanpa campur tangan pemilik usaha, maka Anda tinggal menikmati laba dari bisnis yang sudah dimulai.

Baca Juga: Berikut Tips Memulai Bisnis Sendiri Bagi Pemula

Setelah simak tips tersebut, namun Anda masih bingung bagaimana cara memulai usaha baru, berikut ini berbagai cara memulai usaha yang dapat dipraktekkan secara langsung. Yuk simak di bawah ini :

1.           Riset Pasar

Sebelum memulai bisnis, Anda harus melakukan riset pasar. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis yang dipilih memiliki prospek dan memahami peta persaingan dalam usaha tersebut.

Riset pasar dapat dilakukan dengan melakukan survei produk yang disukai target pasar, harga pasar, cara pemasaran, keunggulan dan kelemahan produk yang dijual kompetitor, dan sejenisnya.

2.           Membentuk Tim

Salah satu kunci keberhasilan dari cara memulai usaha dengan adanya dukungan tim yang kuat karena tidak mungkin semua hal kita kerjakan sendiri. Anda harus membentuk tim dengan SDM yang solid dan memiliki satu visi.

3.           Membuat Produk dan Model Bisnis

Produk adalah utama yang akan dijual kepada pembeli. Anda harus membuat atau memilih produk yang berkualitas tetapi harga bersahabat.

Selain itu, Anda juga harus membuat model bisnis dari produk yang sudah ditentukan. Model bisnis bisa dimulai dengan menentukan target pasar, fitur produk, layanan, pemasaran, dan sejenisnya.

4.           Modal

Sebagian besar usaha membutuhkan modal. Walaupun terdapat bisnis yang tidak memerlukan modal seperti reseller dan dropship, namun bisnis online tersebut masih membutuhkan modal berupa tenaga dan pikiran.

Selain modal tenaga dan pikiran, modal uang juga penting disiapkan. Karena banyak keperluan yang harus disiapkan sebelum membuka usaha. Sumber mendapatkan modal ada banyak cara. Dimulai dengan menggunakan uang pribadi, mencari investor, atau meminjam uang di bank.

5.           Tentukan Visi dan Misi Bisnis

Menentukan visi dan misi dalam bisnis penting untuk menentukan arah tujuan bisnis kedepannya. Walaupun cara memulai usaha masih sekelas rumahan, tetapi Anda harus menentukannya di awal.

Agar saat bisnis berjalan, ada tujuan jelas yang ingin dicapai kedepannya. Sehingga Anda tidak asal menjalankan usaha. Adanya visi misi bisnis mendorong Anda memiliki target usaha. Tanpa adanya visi dan misi, apa yang menjadi tujuan dari usaha tersebut akan sulit dicapai.

6.           Percaya Diri

Mulai untuk lebih memantapkan hati sebelum memutuskan usaha. Apabila masih setengah hati saat mulai merintis bisnis, Anda akan mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses, usaha yang Anda bangun justru berhenti di tengah jalan. Sehingga percaya diri dengan pilihan untuk berbisnis sangat penting dimiliki.

7.           Kreatif dan Inovatif

Sebagai seorang pengusaha, Anda dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif. Sebab karakter tersebut dibutuhkan dalam mengembangkan usaha. Apabila Anda menghadapi persaingan dengan kompetitor, Anda harus kreatif dalam memasarkan atau inovatif dalam mengembangkan produk.

Baca Juga: Berikut Cara Mengelola Keuangan Bisnis dan Usaha

8.           Diri Terorganisir Secara Teratur

Mulailah dengan membiasakan diri untuk lebih terorganisir dan teratur. Sifat tersebut akan sangat membantu Anda dalam mengatur usaha yang sudah besar nantinya. Apabila Anda tak bisa mengatur diri sendiri, bagaimana Anda akan mengorganisir semua elemen usaha Anda nantinya?

9.           Rajin membuat catatan

Mencatat semua hal penting diperoleh selama merintis bisnis. Pasti ada banyak nasihat orang lain, kesalahan yang dijadikan evaluasi, hingga tantangan-tantangan yang akan dihadapi dalam mendirikan usaha. Dengan rajin mencatat tiap hal penting, nantinya Anda tidak hanya mewariskan sebuah perusahaan melainkan juga pengalaman Anda.

10.       Fokus pada satu bisnis dulu

Mengejar penghasilan tambahan bukan berarti harus memiliki banyak usaha secara sekaligus. Jangan terburu-buru mendirikan bisnis lain disaat usaha yang sedang dibangun belum stabil.

11.       Mental Kuat

Hal utama dari cara memulai usaha dengan memiliki mental yang kuat. Sebab akan ada banyak rintangan dan halangan selama mendirikan bisnis. Mungkin saja hal tersebut mampu melemahkan mental bisnis Anda.

12.       Bersedia Menerima Risiko

Cara memulai usaha berikutnya dengan bersedia untuk menerima risiko bisnis. Banyak risiko dalam usaha yang sudah harus diketahui sejak awal. Mulai dari risiko kerugian, pelanggan tidak puas, ditipu, dan risiko lainnya.

13.       Terbuka terhadap setiap evaluasi

Terbuka dengan evaluasi dan masukan diperlukan sebagai cara memulai usaha. Dengan menjadi orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain akan membuat Anda memiliki wawasan dan pengetahuan dalam mengembangkan usaha. Secara rutin, lakukan evaluasi terhadap kekurangan dari usaha yang telah dijalankan.

14.       Belajar Dengan Giat

Cara memulai usaha dengan memiliki etos belajar yang tinggi dan tidak mudah puas. Pada kenyataannya, banyak pengusaha yang belajar sambil menjalankan bisnis. Sebab dalam bisnis akan selalu ada masalah yang harus diselesaikan. Dalam menyelesaikannya, Anda membutuhkan ilmu dan nasihat dari orang lain. Maka jangan berhenti untuk terus belajar.

15.       Action

Cara memulai usaha terkadang harus langsung praktik. Action! Seiring menjalankan usaha, Anda akan belajar dengan sendirinya. Misalnya Anda sudah memulai usaha, ternyata produk Anda tidak laku di pasaran. Dalam masalah tersebut Anda akan terdorong untuk mencari solusi atas masalah tersebut.

Selanjutnya: Peringatan Dini Cuaca Besok (22/6) Hujan Deras, Status Provinsi Ini Waspada Bencana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News