Keluarga

Berapa Jam ASI Bisa Bertahan di Kulkas? Ini Penjelasannya!

Berapa Jam ASI Bisa Bertahan di Kulkas? Ini Penjelasannya!

MOMSMONEY.ID - Bagi ibu baru tentu ini menjadi pertanyaan yang umum ditanyakan, berapa jam ASI bisa bertahan di dalam kulkas? 

Penyimpanan ASI di kulkas kerap dilakukan bagi Moms yang memproduksi ASI berlimpah. Sebagian Ibu juga harus menyimpan untuk kebutuhan buah hati supaya aman saat ditinggal kerja. Namun berapa jam ASI bertahan di kulkas? 

Baca Juga: Survei Orami: Komunikasi Terbuka Penting Dalam Pola Asuh Anak

Air Susu Ibu (ASI) ternyata memang bisa disimpan di kulkas untuk memperpanjang usia penggunaannya. Namun tentu cara penyimpananya harus tepat ya Moms!

Bisa Bertahan Berapa Jam ASI yang disimpan di Kulkas?
ASI yang disimpan di kulkas disebut juga sebagai ASI Perah (ASIP). Memerah ASI atau memompanya dan menyimpannya di kulkas bisa menjadi pilihan untuk memenuhi asupan gizi anak saat Moms harus meninggalkan si kecil. 

ASIP bisa disimpan di kantong plastik, botol plastik atau botol kaca khusus. Kemudian simpan di kulkas atau freezer. 

ASI di kulkas bawah atau pada bagian chiller bisa bertahan selama 4 hari. Namun pastikan suhunya minimal 4 derajat Celcius. Jika disimpan di dalam freezer maka bisa bertahan hingga 6 bulan dengan suhu -18 derajat Celcius.

Baca Juga: Berapa Lama AC Bisa Mendinginkan Ruangan?

Lalu, ASI yang dikeluarkan dari kulkas bertahan berapa lama?
Lalu jika ASI sudah dikeluarkan dari kulkas, bisa bertahan berapa lama? Melansir Alodokter, ini diasumsikan ASI berada di suhu ruang yakni 25 derajat Celcius.

Maka ASI bisa bertahan 4-6 jam tanpa kulkas. Namun bisa lebih cepat jika suhu ruangan lebih dari 25 derajat Celcius. Menjadi catatan bagi Moms, bahwa suhu di Indonesia siang hari saat ini berkisar 28-33 derajat Celcius. 

Itu tadi penjelasan mengenai berapa lama ASI bisa disimpan di kulkas dan jika keluar dari kulkas. Sangat penting bagi Moms untuk memastikan kebersihan saat menyimpan ASIP ya!

Selanjutnya: Meski Ada Ancaman Eksekusi, China Minta Warga Taiwan Datang dengan Semangat Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News