MOMSMONEY.ID - Untuk melayani pelanggan makin baik sekaligus menjawab perubahan perilaku dan ekspektasi konsumen, sepanjang 2025, Blibli melakukan evolusi bersama tiket.com, Ranch Market, dan Dekoruma dalam satu ekosistem omnichannel terintegrasi.
Di era transaksi digital saat ini, kepastian soal produk, perubahan informasi, pengiriman yang tertunda hingga proses penyelesaian yang berbelit kerap menjadi tantangan yang dihadapi.
"Kami melihat bahwa tantangan konsumen hari ini bukan lagi soal banyaknya pilihan, tetapi soal apa yang terjadi setelah transaksi selesai," ujar Nazrya Octora, Head of PR Blibli dalam keterangan tertulis, Kamis (18/12).
"Konsumen membutuhkan kepastian, kejelasan, dan rasa aman sepanjang proses. Bagi kami, pengalaman digital yang baik bukan hanya soal kecepatan, tetapi tentang bagaimana kepercayaan dijaga sampai akhir,” katanya.
Berangkat dari pemahaman tersebut, Blibli terus memperkuat pondasi omnichannel-nya sepanjang 2025 untuk menjaga konsistensi pengalaman pelanggan di setiap titik.
Baca Juga: Konsumen Indonesia Kini Lebih Fokus ke Barang Tahan Lama, Ini Temuan Lazada
Hingga September 2025, Blibli mengoperasikan 236 toko elektronik konsumen, 58 gerai supermarket premium Ranch Market, dan 38 experience center Dekoruma.
Ekosistem ini didukung oleh lebih dari 7.600 toko yang mengadopsi fitur Blibli InStore dan lebih dari 8.800 toko yang mengadopsi fitur Click & Collect, serta kapabilitas rantai pasok dan logistik yang diperkuat melalui gudang baru di Marunda.
Dari sisi teknologi dan tata kelola, pemanfaatan artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) membantu meningkatkan pengalaman pelanggan sekaligus mengoptimalkan operational excellence.
Untuk menjaga keamanan dan privasi data dilakukan melalui sertifikasi ISO 27001:2022 dan adopsi ISO 27701:2019.
Komitmen jangka panjang juga diperlihatkan lewat inisiatif keberlanjutan Blibli Tiket Action lewat Langkah Membumi Ecoground, yang telah memungkinkan donasi 110.500 pohon mangrove dan berpotensi menyerap hingga 3.635,5 ton CO₂ dalam delapan tahun ke depan.
Di tengan banyaknya pilihan dan kemudahan transaksi, kosumen pun disebut membutuhkan kepastian setelah membuat keputusan dibuat.
Baca Juga: Ini Brand Kecantikan Favorit Pilihan Konsumen Sociolla
Untuk itu, Blibli menghadirkan semangat #NoBlablaDiBlibli dengan empat jaminan utama: Pasti Ori, Jaminan Tepat Waktu, Gratis Perlindungan Lengkap, dan Retur Alasan Apa Pun.
Upaya ini bukan sekadar mendorong transaksi, melainkan memastikan konsumen tetap merasa aman dan tenang hingga barang benar-benar diterima.
Sementara, di tiket.com, dihadirkan fitur 100% Refund dan Reschedule, perlindungan gangguan penerbangan, serta layanan customer care 24 jam, tiket.com jadi upaya memastikan perjalanan tetap terasa nyaman, bahkan ketika rencana harus berubah.
Untuk kebutuhan harian, Ranch Market menghadirkan pengalaman belanja groceries yang praktis tanpa mengorbankan kualitas. Ini pun atas dukungan sistem dan logistik terintegrasi dalam ekosistem Blibli Tiket.
Sementara di kategori Home & Living, Dekoruma menawarkan solusi end-to-end mulai dari desain interior, furnitur terkurasi, hingga pengiriman dan perakitan.
Dekoruma membantu konsumen merasa lebih yakin sebelum membeli dan lebih tenang setelah produk hadir di rumah.
Selanjutnya: Dari Dufan hingga Sea World, Ancol Hadirkan Promo Liburan Hemat Sekeluarga
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News