Keluarga

Apakah Sofa Boleh Menghadap Pintu? Begini Cara Tepat Menata Sofa

Apakah Sofa Boleh Menghadap Pintu? Begini Cara Tepat Menata Sofa

MOMSMONEY.ID -  Apakah sofa boleh menghadap pintu? Secara singkat, jawabannya adalah ya. Anda boleh meletakan sofa menghadap pintu, namun biasanya tak secara langsung. 

Tata letak ruang tamu seringkali menentukan cara menata sofa. Biasanya sofa akan diletakan di dinding terpanjang pada ruang tamu, terutama pada tata letak ruang tamu kecil.

Meskipun, ini memungkinkan pintu berada langsung di depan sofa. Namun biasanya sofa tidak akan secara langsung menghadap pintu. 

Biasanya, sofa akan diletakan menghadap titik fokus ruang tamu seperti perapian, televisi atau pemandangan yang indah. 

Melansir Livingetc, banyak faktor yang mempengaruhi cara menata atau peletakan sofa yang tepat. Pertama, kita harus melihat fungsi dan kegunaan ruangan.

Kedua, kita harus melihat titik fokus ruangan. Ketiga, kita perlu mempertimbangkan alur keluar masuk dan keseimbangan ruangan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Anoreksia Secara Tepat, Cari Tahu yuk Moms

Saat akan menata sofa di ruang tamu, tentukan apa fungsi ruangan tersebut. Misalkan ruang tamu Anda digunakan untuk bersosialisasi atau untuk memaksimalkan ruangan sekedar untuk bersantai. 

Namun biasanya, banyak rumah yang memilih menghadapkan sofa utama ke depan TV. Kemudian tempat duduk tambahan lainnya akan mengikuti. Tata letak ini cocok untuk ruang tamu yang juga difungsikan untuk menghabiskan malam bersama keluarga dengan menonton acara TV favorit. 

Jika ruang tamu Anda berfungsi untuk menyambut tamu yang silih berganti, cara meletakan sofa bisa berbeda. Anda bisa meletakan sofa menghadap ke sofa lainnya sehingga percakapan bisa dengan mudah mengalir. 

Lalu, identifikasi fokus utama ruang tamu Anda. Sebenarnya ini sama saat menentukan fungsi utama ruang tamu. Jika ruang tamu untuk menerima banyak tamu, maka fokus utamanya adalah coffee table atau meja kopi. Jika ruang tamu juga jadi ruang hiburan maka fokus utamanya adalah televisi. 

Baca Juga: Catat, Ini Jadwal dan Syarat Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2023

Selanjutnya, pertimbangkan soal alur atau akses keluar masuk dan keseimbangan. Berdasarkan Feng Shui ruang tamu, para ahli percata sangat penting untuk mempertimbangkan alur atau akses keluar masuk udara di ruangan dan memastikan tidak ada area yang terlalu sempit atau ramai. 

Pastikan masih ada cukup ruang diantara furnitur di ruang tamu. Dan pastikan ruang tamu tetap rapi untuk mempermudah perpindahan atau pergerakan.

Ahli Feng Shui Suzanne Roynon bahkan mengatakan, memiliki pintu yang berhadapan dengan sofa sebenarnya diperbolehkan, namun jangan secara langsung. 

Anda bisa menggunkan meja kopi, tanaman yang cukup besar atau rak yang diletakan di antara sofa yang berhadapan langsung dengan pintu.

“Dalam Feng Shui dan secara psikologi, sebaiknya ada sesuatu di antara sofa dan pintu. Jika tidak, Anda bisa dengan mudah bersinggungan dengan energi negatif saat sedang bersantai di sofa,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News