Keluarga

Pakai Minyak, Begini Cara Membersihkan Talenan yang Terbuat dari Kayu

Pakai Minyak, Begini Cara Membersihkan Talenan yang Terbuat dari Kayu

MOMSMONEY.ID -  Bagi para ibu, dapur pasti terasa kurang jika tak ada talenan kayu. Talenan ini cukup kokoh untuk dijadikan alas memotong bahan makanan. Untuk itu, yuk cari tahu cara membersihkan dan merawat talenan yang terbuat dari kayu.

Semua orang tentu memiliki talenan kayu di dapur mereka. Talenan kayu biasanya memiliki bentuk yang lebih menarik dan lebih disukai para ibu-ibu di rumah karena bahannya yang tidak licin saat digunakan sebagai alas memotong bahan makanan. 

Baca Juga: Rekomendasi 6 Film Romantis Legendaris, Cocok Ditonton Bareng Pasangan

Namun talenan kayu juga memiliki cara perawatan yang spesial supaya lebih awet dan tidak mudah rusak. Dengan perawatan yang tepat, talenan kayu bisa menjadi pusaka di dapur. 

Melansir My Domaine, talenan kayu harus segera dibersihkan setiap kali selesai digunakan. Anda juga harus membersihkannya secara rutin. Jika Anda hampir setiap hari menggunakan talenan kayu, Anda perlu membersihkannya secara menyeluruh setiap bulan. Namun jika Anda menggunakannya secara mingguan, bersihkan secara menyeluruh pada waktu tertentu saja. 

Untuk membersihkan dan merawat talenan kayu, Anda membutuhkan spons bersih, air panas, sabun cuci piring, sikat gosok yang kaku, garam kasar, cuka putih, minyak mineral dan tisu.

Berikut cara membersihkan talenan kayu

  1. Bersihkan seluruh sisa makanan yang ada pada talenan kayu
  2. Celupkan spons ke dalam air panas yang sudah dicampur sabun, kemudian gosokkan ke talenan kayu kemudian buang sisa air yang masih ada pada kayu talenan
  3. Taburkan garam kasar ke atas talenan dan basahi sikat gosok kaku Anda. Gosok talenan kayu dan bilas dengan spons basah dan bersih.
  4. Tuangkan cuka putih ke dalam mangkok, kemudian masukkan spons bersih ke dalam cuka. Setelah itu gosokkan spons ke talenan kayu.
  5. Hilangkan sisa air dengan pengikis bangku dan biarkan mengering dengan sendirinya
  6. Setelah talenan kayu kering, beri minyak pada talenan kayu untuk menghindari kerusakan karena sering terkena air.
  7. Diamkan semalaman, keesokan harinya lap dengan tisu.

Baca Juga: Kenali Bunyi Alarm yang Paling Baik Untuk Membangunkan Anda di Pagi Hari

Untuk menjaga talenan kayu bersih lebih lama, setiap kali selesai menggunakannya Anda perlu segera membersihkan dari sisa makanan yang menempel. Demikian cara membersihkan talenan kayu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News