Keluarga

Begini Cara Merawat Rambut yang Sering Dicatok

Begini Cara Merawat Rambut yang Sering Dicatok

MOMSMONEY.ID - Mulai dari memilih jenis catok yang tepat, ini cara merawat rambut yang sering dicatok!

Catok rambut bisa membuat sebagian besar wanita merasa ketergantungan. Bagaimana tidak? Rambut yang dicatok bisa terlihat lebih indah. Ini tentu membuat penampilan jadi lebih sempurna. 

Namun, terlalu sering dicatok juga berbahaya bagi kesehatan rambut lo! Sehingga jika Anda tipe perempuan yang rutin menggunakan catok rambut setiap hari, perlu perawatan ekstra. 

Baca Juga: Segera Lakukan Validasi NIK Jadi NPWP, Begini Caranya!

Melansir berbagai sumber, begini cara merawat rambut yang sering dicatok untuk meminimalisir kerusakan rambut!

Hidrasi rambut Anda

Melansir Garnier USA, dampak dari sering mencatok rambut adalah rambut mengalami dehidrasi. Ini membuat rambut jadi rapuh dan kusam. 

Sehingga untuk mengatasi dampak sering dicatok adalah memberikan kelembapan yang dibutuhkan rambut. Saat keramas, gunakan shampo dan conditioner yang bisa menghidrasi rambut. Kemudian seminggu sekali masker rambut Anda. 

Lindungi rambut Anda

Jangan pernah mencatok rambut tanpa perlindungan sebelumnya. Gunakan produk pelindung rambut dari panas yang mudah Anda temui di pasaran. 

Produk ini akan memberikan lapisan pelindung yang menjaga serat rambut sehingga bisa mencegah kerontokan dan mengurangi kemungkinan dehidrasi pada rambut. 

Beri jeda

Jika Anda menggunakan catok rambut setiap hari, ada baiknya untuk memberi jeda. Saat hujan turun atau kondisi di luar sangat lembap, coba biarkan rambut Anda asli apa adanya tanpa catok. 

Gunakan level panas yang rendah

Saat Anda akan mencatok rambut Anda, gunakan pengaturan panas paling rendah. Selain itu jangan biarkan catok terlalu lama di satu tepat dalam kondisi yang sangat panas. Jika Anda akan membentuk rambut keriting, hanya boleh mendiamkannya di satu tempat selama 5-10 detik. 

Baca Juga: Sering Menghirup Polusi Udara, Waspada Masih Muda Terkena Penyempitan Paru PPOK

Jangan gunakan catok saat rambut masih basah

Jangan pernah menggunakan catok saat rambut masih basah. Ini akan merusak lapisan dalam rambut dan membuat rambut Anda jadi rapuh. 

Gunakan catok yang berbahan keramik, titanium atau tourmaline

Melansir Tresemme, selain perawatan rutin di atas Anda juga perlu memilih catok dengan bahan yang tepat. Catok keramik bisa menghantarkan panas secara merata sehingga mencegah kerusakan rambut dan menghasilkan ion negatif yang membuat rambut jadi lembut. 

Catok titanium bisa menghantar panas lebih cepat sehingga Anda tidak perlu lama-lama mengaplikasikan panas pada rambut. Sedangkan catok tourmaline bisa membuat rambut jadi lebih lembut dan berkilau. 

Demikian  cara merawat rambut  yang sering dicatok. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News