Keluarga

Begini Cara Mendidik Anak-Anak untuk Bisa Saling Menyayangi Satu Sama Lain

Begini Cara Mendidik Anak-Anak untuk Bisa Saling Menyayangi Satu Sama Lain

MOMSMONEY.ID - Orang tua pasti menginginkan anak-anak saling menyayangi saudara kandungnya satu sama lain, yuk, simak cara mendidik mereka.

Melansir Purewow, saudara kandung yang banyak bertengkar sebenarnya menciptakan banyak keuntungan. Mulai dari tahan banting hingga memiliki keterampilan negosiasi yang lebih tajam. 

Ditambah lagi orang tua yang cerdas tahu bahwa hubungan bebas konflik antara saudara kandung tidak sama dengan hubungan yang dekat antara keduanya.

Namun, yang perlu kita tanamkan adalah meski mereka seringkali bertengkar, keduanya memahami bahwa sesama saudara kandung harus tetap saling mencintai sesulit apapun hubungan mereka. 

Baca Juga: Begini Cara Mencuci Sepatu Putih dengan Tepat

Berikut cara mendidik anak-anak bisa saling menyayangi saudara kandungnya satu sama lain:

Berikan contoh menangani konflik dengan cerdas

Ketika orang tua menangani konflik dan kemarahan satu sama lain dengan cara yang sehat dan penuh hormat, Anda bisa menjadi model bagaimana anak-anak harus berhadapan. Jika Anda membanting pintu, menghina dan melempar barang maka anak-anak akan menirunya. 

Jika ragu, biarkan mereka menyelesaikannya

Selain konflik anak-anak Anda yang menyebabkan kerugian fisik atau terjebak dalam pola anak yang lebih besar selalu mendominasi, maka beri mereka waktu sebentar sebelum Anda terlibat. 

Perkelahian saudara kandung adalah peluang berharga untuk perkembangan mereka. Interveni dari Anda bisa menyebabkan mereka selalu bergantung pada Anda. 

Selain itu, melakukan intervensi mungkin berarti Anda akan memihak dan malah membuat persaingan antar saudara kandung semakin tinggi. 

Baca Juga: Anak Bertengkar dengan Temannya, Begini Cara Menghadapi

Buat lingkaran restoratif

Caranya masuk di awal perkelahian mereka dan meminta anak-anal untuk mengambil napas dan duduk bersama Anda dengan tenang dalam lingkaran. Berikan beberapa menit kesempatan setiap anak untuk mengungkapkan keluhan mereka. 

Kemudian minta saudaranya untuk menafsirkan apa yang baru saja mereka dengar. Lakukan ini hingga ada pengertian yang tercapai, pemahaman yang sama dari semua anak. Kemudian lakukan brainstorming ide untuk menemukan solusi yang menyenangkan.

Bermain bersama

Saat anak-anak mengalami konflik, kita cenderung membiarkan mereka menjalani kehidupan yang terpisah. Cobalah tidak melakukan hal ini. 

Anda bisa memilih permainan yang menarik bagi semua kelompok umur, kegiatan di akhir pekan bersama keluarga dan mengharuskan mereka hadir. 

Sekitar 10-15% hubungan saudara kandung tidak dapat diperbaiki. Tetapi, 85% hubungan saudara kandung bisa diperbaiki. Saudara adalah hubungan yang abadi dalam hidup kita.

Begitulah cara mendidik anak untuk saling menyayangi satu sama lain dengan saudara kandungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News