Bugar

Bebas Kafein, Ini Pilihan Teh Terbaik untuk Penderita Asam Lambung

Bebas Kafein, Ini Pilihan Teh Terbaik untuk Penderita Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Banyak orang menikmati secangkir teh sebagai ritual harian yang menenangkan atau sebagai penyemangat di pagi hari. Namun, bagi mereka yang menderita asam lambung, memilih jenis teh yang tepat sangat penting untuk menghindari iritasi perut.

Apa saja pilihan teh terbaik untuk penderita asam lambung?

Teh yang mengandung kafein sering kali dapat memperparah gejala, sehingga teh bebas kafein menjadi alternatif yang lebih baik. Merangkum dari laman Health Central dan Gastro Center, berikut ini adalah beberapa pilihan teh terbaik untuk asam lambung yang bebas kafein:

1. Teh Chamomile

Chamomile telah digunakan sebagai obat herbal selama berabad-abad. Penelitian menunjukkan bahwa ramuan yang mengandung campuran herbal tertentu, termasuk chamomile, mungkin efektif untuk meredakan sakit perut dan mengurangi keasaman lambung.

Namun, bagi mereka yang alergi terhadap ragweed atau aster, disarankan untuk berhati-hati atau menghindari konsumsi teh chamomile.

Baca Juga: Apakah Kunyit Bisa Mengobati Asam Lambung? Cek Faktanya

2. Teh Licorice

Teh licorice telah dikenal memberi manfaat bagi mereka yang mengalami asam lambung. Licorice telah lama dikaitkan dengan pengurangan rasa sakit perut dan digunakan dalam pengobatan gangguan pencernaan serta ulkus, seperti yang disebutkan dalam studi yang diterbitkan oleh Brazilian Journal of Infectious Diseases pada tahun 2016.

Meskipun memiliki berbagai manfaat, licorice mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama bagi mereka yang sedang hamil atau menggunakan obat-obatan resep. Konsultasi dengan dokter disarankan sebelum mengonsumsinya.

3. Teh Jahe

Jahe telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi mual dan gangguan pencernaan. Teh jahe dapat dibuat dengan menuangkan air panas ke jahe parut sebanyak satu sendok teh, lalu disaring sebelum diminum.

Untuk meredakan rasa pedas dari jahe, satu sendok teh sirup maple bisa ditambahkan. Berdasarkan tinjauan yang dipublikasikan di Journal of Food and Chemical Toxicology, jahe dianggap sebagai obat herbal yang aman untuk asam lambung.

Baca Juga: Susu Kedelai untuk Asam Lambung, Cek Juga Susu Lainnya yang Aman untuk GERD

4. Teh Tulsi

Teh Tulsi dibuat dari spesies herbal Ocimum sanctum, yang dikenal sebagai basil suci. Berbeda dengan basil yang biasa digunakan dalam masakan, basil suci lebih umum dianggap sebagai ramuan India yang serbaguna dengan manfaat kesehatan yang luas, termasuk pengobatan untuk mual hingga bronkitis.

Untuk membuat teh Tulsi, daun dan bunga tanamannya diseduh selama 5 hingga 6 menit. Meskipun dapat dimasukkan ke dalam makanan, lebih disarankan untuk diminum sebagai teh agar bisa mendapatkan manfaat maksimalnya.

Teh Tulsi sangat efektif untuk masalah pencernaan, khususnya asam lambung, karena bisa menurunkan produksi asam lambung dan memperpanjang umur sel-sel mukosa. Selain itu, basil suci memiliki sifat anti-stres, anti-inflamasi, antibakteri, antijamur, dan antivirus, menjadikannya bermanfaat untuk mengobati bisul mulut dan luka lainnya.

Baca Juga: Jangan Dilewatkan, Intip Khasiat Daun Pepaya untuk Asam Lambung dan Daun Lainnya

Itulah beberapa teh terbaik untuk asam lambung yang bebas kafein. Penting untuk dicatat bahwa semua orang bereaksi berbeda terhadap berbagai jenis teh. Disarankan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Harga Emas Naik Tipis, Pasar Memantau The Fed dan Timur Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News