Bugar

Batasi Konsumsinya, Ini 5 Jenis Makanan Penyebab Kista Ovarium

Batasi Konsumsinya, Ini 5 Jenis Makanan Penyebab Kista Ovarium

MOMSMONEY.ID - Tak banyak yang tahu! Rupanya terdapat beberapa jenis makanan penyebab kista ovarium lo. Batasi konsumsinya, yuk.

Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang terbentuk di ovarium atau di permukaannya. Sebagian besar kista ovarium bersifat jinak dan tidak menimbulkan gejala.

Namun, dalam beberapa kasus, kista dapat menyebabkan rasa sakit, gangguan siklus menstruasi, atau bahkan komplikasi serius jika tidak ditangani.

Penyebab kista ovarium bisa beragam, namun yang paling sering terjadi adalah perubahan kadar hormon. Fluktuasi hormon dalam tubuh dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pola makan.

Baca Juga: Pilihan Menu Diet Tanpa Nasi untuk Menurunkan Berat Badan, Mau Coba?

Apa saja jenis makanan penyebab kista ovarium sebenarnya? Menyadur dari Alodokter, inilah daftarnya:

1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji, seperti burger, pizza, dan makanan olahan lainnya, juga mengandung kadar gula dan lemak yang tinggi. Konsumsi makanan cepat saji secara berlebihan dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh dan meningkatkan risiko terbentuknya kista ovarium.

2. Makanan manis

Makanan yang terlalu manis, seperti permen, cokelat, dan manisan buah, termasuk jenis karbohidrat sederhana.

Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terbentuknya kista ovarium karena kandungan gula berlebih dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh.

Untuk mengurangi risiko ini, sebaiknya batasi konsumsi makanan yang mengandung banyak pemanis.

Baca Juga: Leher Kaku Karena Kolesterol? Ini Ciri-Ciri Terkena Kolesterol yang Sebenarnya

3. Makanan berlemak

Konsumsi makanan berlemak secara berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan dan bahkan obesitas, yang berhubungan dengan risiko kista ovarium.

Lemak yang berlebihan dalam tubuh bisa mengganggu keseimbangan hormon, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi fungsi ovarium.

Mulailah membatasi konsumsi makanan berlemak seperti kulit ayam, jeroan, keripik kentang, mentega, dan keju untuk menjaga kesehatan ovarium.

4. Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana cepat diserap oleh tubuh, yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah dan memaksa tubuh menghasilkan lebih banyak insulin. J

ika karbohidrat sederhana dikonsumsi secara berlebihan, produksi insulin menjadi meningkat dan fungsi insulin dalam tubuh menurun. Padahal, insulin juga berperan dalam mengatur ovarium untuk memproduksi hormon reproduksi.

Ketidakseimbangan hormon reproduksi akibat lonjakan insulin dapat memicu munculnya kista ovarium. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti tawar putih, permen, dan kue kering.

Baca Juga: Wanita Perlu Tahu, Inilah Beberapa Penyebab Kanker Ovarium dan Gejalanya!

5. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng mengandung banyak lemak, yang juga bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan termasuk kista ovarium. Contoh makanan yang digoreng seperti gorengan dan kentang goreng sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah terbatas agar kesehatan hormon tetap terjaga.

Itulah beberapa jenis makanan penyebab kista ovarium yang dapat Anda batasi konsumsinya. Kista ovarium biasanya tidak menimbulkan gejala yang signifikan, kecuali jika ukurannya besar dan menekan jaringan di sekitarnya.

Jika kista tumbuh cukup besar, gejalanya bisa berupa nyeri di perut bagian bawah dan panggul, serta gangguan menstruasi. Untuk menjaga kesehatan ovarium, perhatikan pola makan dan hindari makanan yang dapat memicu gangguan hormon. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News