Santai

Banyak Manfaat, Ini 5 Keuntungan Memasak Sendiri Di Rumah

Banyak Manfaat, Ini 5 Keuntungan Memasak Sendiri Di Rumah

MOMSMONEY.ID - Bagus untuk dijadikan kebiasaan sehari-hari, kenali sederet keuntungan memasak sendiri di rumah daripada membeli makanan di luar.

Karena dirasa praktis dan tidak membutuhkan waktu lama, kebanyakan orang-orang masa kini lebih memilih untuk membeli makanan di luar dari pada memasak sendiri.

Padahal jika ditelusuri, ada banyak keuntungan dan manfaat yang bisa diperoleh dari memasak sendiri di rumah.

Bagi yang penasaran, simak yuk beberapa keuntungan memasak sendiri di rumah timbang membeli makanan di luar.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Tontonan Netflix Tentang Gaya Hidup dan Perawatan Diri

Banyak variasi makanan

Memasak sendiri di rumah memberikan banyak keleluasaan bagi orang-orang untuk mencoba beragam jenis masakan baru.

Dari mulai makanan lokal, Western, Korea, Mediterania, dan beragam variasi makanan lain bisa dicoba dengan memanfaatkan bahan-bahan makanan di rumah.

Alhasil, makan di rumah pun menjadi lebih nikmat karena variasi makanan yang melimpah dan tidak membuat bosan.

Memiliki kontrol bahan baku

Ketika membeli makanan dari luar yang sudah jadi dan instan, para penikmat makanan tentu tidak bisa mendapatkan kepastian akan bahan baku yang digunakan.

Padahal menurut ahli nutrisi, Lisa Valente, M.S., R.D dari laman Eating Well, penting untuk selalu memperhatikan bahan baku di setiap makanan yang dikonsumsi.

Terutama jika ada batasan jenis-jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi atau dibatasi. Penggunaan bahan baku tambahan pun seperti penyedap rasa juga bisa dengan mudah dikontrol ketika memasak sendiri di rumah.

Baca Juga: Kurangi Risiko Demensia, Ini 5 Manfaat Meditasi Buat Kesehatan Tubuh dan Mental

Lebih hemat

Manfaat yang satu ini tentu jadi alasan pertama mengapa Anda harus mulai memasak sendiri di rumah. Masak sendiri bisa menghemat biaya makan lebih banyak dibanding dengan harus membeli makanan instan dari luar.

Apalagi ditambah dengan kenyataan bahwa tidak ada makanan instan yang harganya murah pada saat ini. Dengan membeli bahan makanan mentah di pasar, beragam jenis masakan pun bisa dimasak untuk porsi seminggu.

Tentunya akan lebih hemat daripada harus membeli makanan di luar, bukan?

Meningkatkan kemampuan mengatur waktu

Siapa yang menyangka bahwa memasak bisa mengajari Anda untuk mengatur waktu lebih baik.

Ketika memasak, seseorang akan menggunakan otaknya untuk mengatur waktu menyiapkan bahan-bahan, mengolah makanan, memasak, hingga menyajikannya di waktu makan yang tepat.

Aktivitas tersebut pada akhirnya membuat otak menjadi lebih aktif bekerja yang mana menurut laman Life Connect 24 bisa membantu menekan risiko demensia, loh.

Mudah mengatur porsi

Jika sedang dalam program diet atau menaikkan berat badan, mengontrol porsi makan jadi perhatian penting. Kebanyakan restoran akan memberikan porsi sama bagi pembelinya yang membuat Anda semakin kesulitan untuk mengontrol porsi makan.

Maka dari itu, dengan memasak masakan sendiri, Anda akan memiliki keleluasaan untuk mengatur porsi makan Anda sendiri. Seperti menambah atau mengurangi porsi protein, sayur, dan juga karbohidrat.

Nah, itulah tadi manfaat memasak sendiri di rumah yang ternyata memiliki banyak keuntungan dibanding membeli makanan di luar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News