Santai

Bantu Penjual Layani Pertanyaan Pelanggan, Lazada Hadirkan fitur Chatbot LISA

Bantu Penjual Layani Pertanyaan Pelanggan, Lazada Hadirkan fitur Chatbot LISA

MOMSMONEY.ID - Penjual online di e-commerce tentu sudah sering menghadapi pertanyaan pelanggan melalui chat. Seiring dengan bisnis yang berkembang, bisa jadi penjual mulai kewalahan karena pertanyaan yang semakin banyak. Untuk mengatasi hal ini, Lazada Indonesia pun menghadirkan fitur chatbot berbasis kecerdasan buatan Lazada IM Shop Assistant atau LISA.

Dengan kehadiran fitur LISA ini bisa mempermudah penjual untuk berinteraksi dengan pelanggan secara cepat. Ferry Kusnowo, Direktur Eksekutif dan Chief Customer Officer Lazada Indonesia mengatakan, pihaknya memahami bahwa melayani pelanggan dengan cepat bukanlah sebuah hal mudah. Sementara, layanan pelanggan merupakan salah satu faktor yang menentukan kinerja sebuah toko online.

"Fitur LISA ada untuk membantu penjual memberikan layanan terbaik bagi pelanggan sembari memastikan kelancaran pemenuhan pesanan. Kami yakin fitur ini bisa menjadi salah satu solusi bagi para penjual untuk efisiensi operasional toko dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan," ujar Ferry dalam keterangan tertulis, Selasa (1/8).

Ferry menyebut, fitur LISA ini merupakan bentuk komitmen Lazada untuk memberdayakan penjual dengan teknologi dan solusi yang inovatif. "Dengan memanfaatkan kekuatan chatbot cerdas ini, penjual dapat meningkatkan layanannya kepada para pelanggan, memperkuat kehadiran toko dan merek mereka, sehingga dapat terus berkembang dan unggul dalam persaingan di dunia e-Commerce,” tambahnya.

Baca Juga: Cegah Stres, Ini 5 Makanan dan Minuman Penyebab Stres yang Harus Anda Kurangi

Manfaat fitur ini pun sudah dirasakan oleh Hafiz Anugrah Marsya, pemilik toko Senzamor Kids di Lazada. Menurutnya, fitur LISA telah membantunya untuk merespon pertanyaan dari pelanggan dengan cepat.

"Saya jadi bisa lebih fokus untuk mengatur toko, mengelola stok, hingga memenuhi pesanan pelanggan tanpa takut performa toko saya turun karena lupa atau lama membalas chat yang masuk,” ujar Hafiz.

Dia menerangkan, salah satu tantangan yang dihadapi penjual adalah melayani chat dari pelanggan dan mengatur pesanan yang masuk. Apalagi bila belum ada petugas admin lain yang dimiliki.  Pertanyaan pelanggan pun bisa didapatkan saat jam sibuk atau bahkan di malam hari.

Fitur ini pun bisa membantunya saat periode kampanye atau promosi lantaran tidak akan ada risiko chat yang terlewat. Dia mengatakan, fitur ini bisa menganalisi pertanyaan dan membantu memprediksi sesuai konteks yang ditanyakan oleh pelanggan. Nantinya, bila ada terdapat pertanyaan yang lebih kompleks atau unik, fitur ini akan mengalihkan ke admin toko untuk bantu menjawab.

Fitur LISA bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk menjawab pertanyaan yang masuk, tetapi gaya bahasanya pun bisa dipersonalisasi sesuai dengan gaya bahasa penjual. Dengan begitu, interaksi dengan pelanggan bisa lebih akrab dan unik.

Adapun, penjual yang ingin memaksimalkan bisnisnya dengan menggunakan fitur LISA dapat langsung mengakses website Lazada pada bagian seller center/pusat bantuan mengenai Informasi Seputar LISA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Survei KG Media