Keluarga

Baik buat Jantung, Ketahui 5 Manfaat Sholat untuk Kesehatan Tubuh

Baik buat Jantung, Ketahui 5 Manfaat Sholat untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 manfaat sholat untuk kesehatan tubuh di sini.

Sholat lima waktu merupakan kewajiban bagi umat Islam yang harus dilaksanakan setiap hari. Selain sebagai tiang agama, ternyata sholat juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lo, Moms.

Mulai dari meningkatkan kesehatan jantung hingga meredakan nyeri sendi, berikut 5 manfaat sholat untuk kesehatan tubuh sebagaimana dilansir dari IHC Telemed.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat sholat untuk kesehatan tubuh yang pertama yaitu meningkatkan kesehatan jantung.

Pada hakikatnya, sholat bisa dikatakan sebagai bentuk olahraga yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Sholat juga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Baca Juga: Atasi Kerutan hingga Jerawat, Ini 4 Manfaat Tretinoin untuk Kecantikan Kulit

Gerakan-gerakan sholat kerap melibatkan haluan pada arteri belakang. Adapun hal ini bermanfaat untuk membantu melancarkan tekanan darah yang mengalir ke jantung.

Gerakan sujud dalam sholat bisa memecah penyumbatan pembuluh darah, yang bermanfaat dalam mencegah terjadinya jantung koroner. Di sisi lain, ketika Anda melakukan gerakan sujud, posisi jantung akan menjadi lebih tinggi daripada posisi otak. Hal ini akan memberikan otak suplai oksigen dari jantung melalui darah yang pada gilirannya dapat meningkatkan kecerdasan.

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat sholat untuk kesehatan tubuh yang kedua yaitu melancarkan pencernaan.

Gerakan-gerakan dalam sholat juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki pencernaan tubuh. Contoh, ketika tubuh melakukan gerakan tasyahud dalam sholat atau posisi duduk dengan menopang pada 1 kaki melengkung di bawahnya.

Gerakan tasyahud ini dapat meningkatkan fungsi hati dan mengendurkan usus, yang kemudian memfasilitasi pergerakan usus dalam tubuh untuk melancarkan pencernaan dan membantu meredakan sembelit.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat sholat untuk kesehatan tubuh yang ketiga yaitu meningkatkan sirkulasi darah.

Beberapa gerakan dalam sholat terbukti dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Seperti halnya gerakan rukuk yang dapat membantu mengatur aliran darah bagian atas. Dan, gerakan tasyahud yang dapat membantu mengatur aliran darah bagian bawah.

Baca Juga: 4 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi bersama Kopi, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

4. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat sholat untuk kesehatan tubuh yang keempat yaitu memperbaiki postur tubuh.

Posisi tubuh ketika melakukan gerakan takbir dalam sholat akan menjadi lebih tegak dan tubuh akan mendapatkan keseimbangan pada titik terbaik dalam menopang berat badan. Maka dari itu, gerakan sholat sangat bermanfaat dan penting dalam membantu postur tubuh menjadi lebih ideal.

Gerakan sholat yang dilakukan sebanyak beberapa kali dalam sehari akan membiasakan postur tubuh terlatih lebih tegak.

5. Meredakan nyeri punggung dan sendi

Manfaat sholat untuk kesehatan tubuh yang kelima yaitu meredakan nyeri punggung dan sendi.

Tidak hanya melancarkan peredaran darah, gerakan rukuk dalam sholat juga bermanfaat dalam meredakan beberapa keluhan seperti nyeri tulang belakang, nyeri pinggul, nyeri dengkul, dan nyeri telapak kaki.

Di sisi lain, posisi rukuk juga membantu mengurangi rasa sakit di punggung bawah dengan meregangkan ligamen dan otot serta meredakan rasa sakit pada sumsum tulang belakang dan sendi pinggul.

Posisi tubuh ketika sujud dan rukuk akan membantu dan meringankan persendian. Adapun penggunaan sendi secara rutin dapat membuat sendi lebih sehat dan berfungsi dengan baik. Sholat secara keseluruhan, dapat meregangkan sendi di area bahu, siku, lutut, pergelangan kaki, dan pinggul.

Demikian 5 manfaat sholat untuk kesehatan tubuh. Mirip dengan yoga, gerakan-gerakan dalam sholat tidak hanya baik untuk menjaga kebugaran fisik, tapi juga berperan penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mental.

Olahraga yoga mampu membawa harmoni dalam kehidupan seseorang dengan mengkolaborasikan seluruh aspek kehidupan termasuk aspek fisik, sosial, spiritual, dan psikologis. Inilah tepatnya yang dirasakan ketika melaksanakan sholat, yaitu adanya keharmonisan dan kedamaian sepenuhnya yang tercipta dari dalam diri. Di sisi lain, sholat juga mampu menghilangkan stres dan rasa cemas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News