Keluarga

Atasi Kerutan hingga Jerawat, Ini 4 Manfaat Tretinoin untuk Kecantikan Kulit

Atasi Kerutan hingga Jerawat, Ini 4 Manfaat Tretinoin untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Simak manfaat tretinoin untuk kecantikan kulit! Tretinoin merupakan turunan Vitamin A yang sangat efektif dalam mendorong pembaruan kulit pada tingkat sel.

Jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat mungkin akan mendapat manfaat paling banyak, karena tretinoin mampu memfasilitasi pembukaan pori-pori, mengatur produksi minyak, dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Selain mengobati jerawat, tretinoin juga memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah kulit lainnya.

Mulai dari mengurangi kerutan hingga mengobati hiperpigmentasi, inilah 4 manfaat tretinoin untuk kecantikan kulit sebagaimana dilansir dari Epi Dermatology.

1. Sebagai anti-aging

Manfaat tretinoin untuk kecantikan kulit yang pertama adalah sebagai anti-aging.

Dengan merangsang produksi kolagen dan komponen lain dari matriks kulit, tretinoin dapat membantu mengurangi penampakan garis-garis halus dan kerutan. Hal ini menjadikannya pilihan populer untuk kulit yang menua, di mana proses alami produksi kolagen mungkin telah melambat seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: 4 Efek Samping Penggunaan Tretinoin untuk Kulit, Ketahui Sebelum Coba!

Manfaat tambahan yang ditawarkan tretinoin yaitu membantu kulit melawan degradasi lebih lanjut yang disebabkan oleh faktor eksternal seperti paparan sinar matahari dan polutan lingkungan. Sejumlah penelitian ilmiah telah menunjukkan kemampuan tretinoin untuk memperbaiki tampilan kulit yang menua akibat sinar matahari secara signifikan.

2. Mengobati jerawat

Manfaat tretinoin untuk kecantikan kulit yang kedua adalah mengobati jerawat.

Tretinoin juga dikenal karena khasiatnya dalam mengobati jerawat. Tretinoin bekerja dengan mendorong pergantian sel kulit dan mengurangi kemungkinan penyumbatan pori-pori, yang merupakan penyebab utama jerawat.

Tretinoin mampu memengaruhi lapisan sel kulit abnormal dalam folikel dan mencegah pembentukan sumbatan atau komedo yang bermanifestasi sebagai komedo hitam atau putih. Sehingga, sangat efektif untuk melawan bentuk-bentuk jerawat yang banyak mengandung komedo.

Tretinoin juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi kemerahan dan pembengkakan akibat jerawat. Karena itu, tretinoin sering diresepkan bagi para penderita jerawat yang tidak berhasil dengan solusi yang dijual bebas.

Ingat, tretinoin bekerja seiring waktu. Jadi, hasil maksimal tidak akan terlihat dalam waktu singkat. Umumnya, dibutuhkan waktu berbulan-bulan dan penggunaan berkelanjutan untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga: 4 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi bersama Kopi, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

3. Mencerahkan kulit

Manfaat tretinoin untuk kecantikan kulit yang ketiga adalah mencerahkan kulit.

Dengan mempercepat pergantian sel kulit, tretinoin dapat membantu pengelupasan lapisan kulit paling atas di mana banyak sel kulit mati menumpuk dan kerap menyebabkan kulit kusam.

Penggunaan tretinoin secara konsisten akan mendorong sel kulit yang lebih baru dan segar muncul ke permukaan sehingga kulit tampak lebih cerah dan lebih bercahaya.

Tretinoin juga dapat membantu mengurangi dampak kerusakan akibat paparan sinar matahari yang sering kali mengakibatkan perubahan warna kulit dan warna kulit tidak merata.

4. Mengobati hiperpigmentasi

Manfaat tretinoin untuk kecantikan kulit yang keempat adalah mengobati hiperpigmentasi.

Tretinoin dapat sangat bermanfaat dalam pengobatan hiperpigmentasi. Dengan merangsang pergantian sel kulit secara cepat, tretinoin mampu membantu mencerahkan hiperpigmentasi dari waktu ke waktu.

Studi longitudinal telah menunjukkan kemanjuran tretinoin dalam mengobati hiperpigmentasi, terutama bila dikombinasikan dengan agen pencerah lainnya.

Untuk mengurangi hiperpigmentasi, diperlukan penggunaan tretinoin yang berkelanjutan dan hasilnya mungkin tidak langsung terlihat.

Demikian 4 manfaat tretinoin untuk kecantikan kulit. Penggunaan tretinoin yang tepat dapat meningkatkan efektivitasnya dan meminimalkan potensi efek samping. Berikut ini beberapa panduan yang harus diikuti dalam menggunakan tretinoin:

  • Mulailah dengan mencuci wajah menggunakan pembersih yang lembut dan keringkan dengan menepuk-nepuknya. Tunggu setidaknya 20 menit untuk memastikan permukaan kulit benar-benar kering. Ini akan mengurangi risiko iritasi kulit akibat tretinoin.
  • Tretinoin harus dioleskan sekali sehari sebelum tidur. Oleskan secara tipis dan merata. Hindari area sekitar mata dan mulut serta bagian dalam lubang hidung.
  • Jangan mengoleskan tretinoin ke area kulit yang terdapat luka terbuka atau kulit yang teriritasi.
  • Saat menjalani perawatan tretinoin, disarankan untuk menggunakan sunscreen spektrum luas dengan SPF minimal 30 setiap hari. Pasalnya, tretinoin dapat membuat kulit Anda lebih rentan terhadap sinar matahari.
  • Gunakan pelembab untuk melawan efek pengeringan kulit akibat tretinoin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News