Keluarga

Baik buat Jantung, Ini 6 Manfaat Seks Secara Teratur untuk Kesehatan

Baik buat Jantung, Ini 6 Manfaat Seks Secara Teratur untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Ini 6 manfaat seks secara teratur untuk kesehatan yang harus Moms tahu.

Menurut penelitian terbaru, seks teratur dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Pasalnya, seks sama seperti aktivitas fisik lainnya dan manfaat yang diberikan pada akhirnya dapat memperpanjang umur Anda.

Bagi Anda yang malas berhubungan seks, berikut MomsMoney suguhkan 6 manfaat seks secara teratur untuk kesehatan yang patut Anda pertimbangkan sebagaimana dilansir dari Levitas Clinic.

Baca Juga: Tips Nonton Konser Anti Boncos ala Wise

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat seks secara teratur untuk kesehatan yang pertama yaitu meningkatkan kekebalan tubuh.

Berpartisipasi dalam hubungan seks 1-2 kali seminggu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Reports. Mereka menemukan bahwa orang yang berhubungan seks 1-2 kali seminggu mengalami peningkatan IgA (antibodi yang menunjukkan betapa kuatnya sistem kekebalan tubuh) sebesar 30% dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Namun, Clifford Lowell dari University of California, San Francisco, mengatakan bahwa orang yang aktif secara seksual lebih banyak terpapar agen infeksi dibandingkan individu yang tidak aktif secara seksual. Untungnya, sistem kekebalan tubuh merespons agen infeksi ini dengan memproduksi lebih banyak IgA, yang dapat membantu melindungi terhadap pilek dan flu.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat seks secara teratur untuk kesehatan yang kedua yaitu meningkatkan kesehatan jantung.

Sama seperti olahraga yang intens, aktivitas seks juga dapat meningkatkan detak jantung dengan jumlah detak per menit mencapai puncaknya saat orgasme.

Laki-laki, khususnya, terbukti mendapatkan manfaat dari seks yang teratur. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology menunjukkan bahwa pria berusia 50-an yang melakukan hubungan seks setidaknya 2 kali seminggu memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan pria yang lebih jarang berhubungan seks.

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat seks secara teratur untuk kesehatan yang ketiga yaitu menurunkan tekanan darah.

Berhubungan seks secara teratur juga dapat menurunkan tekanan darah, terutama bagi wanita. Menurut penelitian terbaru, wanita berusia antara 57-85 tahun yang rutin berhubungan seks memiliki kemungkinan lebih kecil terkena hipertensi.

Perlu Anda tahu bahwa tekanan darah tinggi tidak hanya meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, tetapi juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi dan menurunkan libido.

Baca Juga: 5 Tips Membawa Bekal Saat Mudik, Hindari Makanan Ini Ya!

4. Meredakan sakit

Manfaat seks secara teratur untuk kesehatan yang keempat yaitu meredakan sakit.

Ahli saraf telah menemukan bahwa aktivitas seksual dapat meredakan sakit kepala yang berhubungan dengan migrain atau sakit kepala cluster pada beberapa orang, meskipun sakit kepala sering kali menjadi alasan untuk tidak berhubungan seks.

Penelitian yang dilakukan di Jerman menunjukkan bahwa 60% penderita migrain melaporkan adanya perbaikan rasa sakit setelah aktivitas seksual. Selain itu, 37% persen penderita sakit kepala cluster melaporkan adanya perbaikan setelah melakukan hubungan seksual.

Seks terbukti bisa memicu pelepasan endorfin, obat penghilang rasa sakit alami tubuh. Dalam penelitian yang dipublikasikan di Pain, wanita cenderung mengalami penurunan sensitivitas rasa sakit dan peningkatan ambang toleransi rasa sakit saat merasakan kenikmatan melalui stimulasi diri pada vagina.

5. Mengurangi risiko kanker prostat

Manfaat seks secara teratur untuk kesehatan yang kelima yaitu mengurangi risiko kanker prostat.

Pria yang sering ejakulasi cenderung terlindungi dari kanker prostat, yang mana ini merupakan kanker paling umum terjadi pada pria.

Penelitian yang dipimpin oleh Micheal Leitzmann dari National Cancer Institute menemukan bahwa pria yang ejakulasi 21 kali per bulan atau lebih, memiliki risiko sepertiga lebih kecil terkena kanker prostat dibandingkan pria yang ejakulasi antara 4-7 kali per bulan.

6. Meningkatkan daya ingat

Manfaat seks secara teratur untuk kesehatan yang keenam yaitu meningkatkan daya ingat.

Penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior menunjukkan bahwa sering berhubungan seks dapat meningkatkan daya ingat wanita. Hasil dari tugas memori kata menemukan bahwa wanita yang melakukan hubungan seks penetrasi memiliki pengenalan memori yang lebih baik.

Hal ini mungkin disebabkan oleh seks yang merangsang hipokampus (bagian otak yang terlibat dalam pembelajaran dan memori).

Demikian 6 manfaat seks secara teratur untuk kesehatan yang harus Moms tahu.

Selanjutnya: Waktu Buka Puasa Hari Ini, Minggu (31/3): Kota Balikpapan & Sekitarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News