Keluarga

Bagus untuk Kulit-Jantung, 6 Manfaat Mengonsumsi Telur Setiap Hari bagi Kesehatan

Bagus untuk Kulit-Jantung, 6 Manfaat Mengonsumsi Telur Setiap Hari bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Ada 6 manfaat mengonsumsi telur setiap hari bagi kesehatan. Cari tahu di sini.

Tak hanya nikmat dan terjangkau, telur juga mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat. Menurut United States Department of Agriculture, satu butir telur utuh berukuran besar mengandung nutrisi berikut:

  • Kalori: 70
  • Protein: 6 gram
  • Jumlah lemak: 5 gram
  • Lemak jenuh: 2 gram
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Vitamin B12: 0,5 mcg
  • Vitamin D: 1,24 mcg
  • Kolin: 169 mg

Namun, apa jadinya jika telur dikonsumsi setiap hari? Apakah aman? Faktanya, mengonsumsi telur setiap hari menawarkan manfaat yang menakjubkan terutama bagi kesehatan kulit, rambut, otak, mata, tulang, hingga jantung.

Melansir EatingWell, inilah 6 manfaat mengonsumsi telur setiap hari bagi kesehatan yang harus Moms tahu.

Baca Juga: 5 Kesalahan Pakai Cleansing Oil yang Harus Dihindari, Awas Jerawatan!

1. Membuat kenyang dan berenergi

Manfaat mengonsumsi telur setiap hari bagi kesehatan yang pertama yaitu membuat kenyang dan berenergi.

Meskipun kecil dan terjangkau, namun telur memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan. Kuning telur, khususnya, merupakan sumber nutrisi penting seperti vitamin B12, vitamin D, dan kolin. Adapun semuanya diperlukan untuk membantu tubuh memproses makanan menjadi energi.

Ditambah lagi, kombinasi protein dan lemak sehat dalam telur mampu membuat perut merasa kenyang lebih lama.

2. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Manfaat mengonsumsi telur setiap hari bagi kesehatan yang kedua yaitu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Telur merupakan sumber beberapa vitamin B, termasuk vitamin B2, B5, dan B12. Semua nutrisi tersebut memiliki beberapa fungsi bagi tubuh, termasuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Semua vitamin B bersifat larut dalam air, artinya tidak bertahan lama di dalam tubuh dan tidak mudah disimpan. Jadi, konsumsi telur secara teratur merupakan cara yang baik untuk memastikan kebutuhan tubuh terpenuhi.

Telur juga kaya akan asam amino (protein pembangun) seperti metionin yang dapat membantu meningkatkan warna dan kelenturan kulit serta kekuatan rambut dan kuku.

3. Mendukung kesehatan otak

Manfaat mengonsumsi telur setiap hari bagi kesehatan yang ketiga yaitu mendukung kesehatan otak.

Telur kaya akan mikronutrien kolin, yang digunakan untuk membantu menciptakan membran sel dan neurotransmiter penting dalam tubuh.

Kolin penting untuk daya ingat, suasana hati, kontrol otot, dan fungsi sistem saraf secara umum. Jadi, masuk akal jika tidak mendapatkan cukup kolin dapat membuat Anda merasa berkabut.

Dalam satu butir telur, itu bisa memenuhi sekitar 6% kebutuhan kolin harian kita. Sehingga, mengonsumsi telur setiap hari dapat membantu mendukung kesehatan otak.

4. Menjaga kesehatan mata

Manfaat mengonsumsi telur setiap hari bagi kesehatan yang keempat yaitu menjaga kesehatan mata.

Kuning telur mengandung dua karotenoid yakni lutein dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata. Keduanya memainkan peran penting dalam perkembangan mata dan kesehatan penglihatan.

Menurut penelitian, lutein dan zeaxanthin dapat membantu menurunkan risiko penyakit mata umum yang berkaitan dengan usia.

Baca Juga: Segar dan Feminin, Ini 6 Aroma Parfum Terbaik untuk Musim Panas

5. Memperkuat tulang

Manfaat mengonsumsi telur setiap hari bagi kesehatan yang kelima yaitu memperkuat tulang.

Vitamin D penting untuk berbagai proses tubuh. Ini membantu mengatur tekanan darah, menurunkan risiko kanker tertentu, dan memainkan peran positif dalam kesehatan mental.

Salah satu fungsi terpenting vitamin D adalah membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan penyerapan kalsium di usus serta membantu menjaga kadar kalsium dan fosfor dalam kisaran yang mendorong pertumbuhan tulang yang sehat dan remodeling tulang.

Satu butir telur mampu memenuhi 6% kebutuhan vitamin D. Jadi, tambahkanlah satu butir telur ke piring Anda setiap hari guna memberikan manfaat yang menyehatkan tulang.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat mengonsumsi telur setiap hari bagi kesehatan yang keenam yaitu meningkatkan kesehatan jantung.

Meskipun telur mengandung banyak vitamin, mineral, dan nutrisi, namun telur juga mengandung kolesterol yang kontroversial. Satu butir telur menghasilkan sekitar 207 miligram kolesterol, yaitu 69% dari batas harian yang direkomendasikan oleh Dietary Guidelines for Americans.

Kendati demikian, mengonsumsi makanan berkolesterol tidak berkorelasi langsung dengan peningkatan kadar kolesterol darah. Faktanya, kolesterol makanan memiliki dampak minimal terhadap kadar kolesterol darah. Beberapa penelitian bahkan berpendapat bahwa tidak ada cukup bukti untuk rekomendasi batas kolesterol dari Dietary Guidelines for Americans.

Sebuah tinjauan baru-baru ini di Nutrients menyatakan bahwa meskipun beberapa makanan tinggi kolesterol dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, namun telur dan udang merupakan pengecualian karena nilai gizinya yang tinggi.

Lalu, bagaimana dengan lemak jenuh dalam kuning telur? Sebenarnya, tubuh kita membutuhkan asupan lemak jenuh asalkan tidak berlebihan. Intinya, mengonsumsi sebutir telur sehari tidak akan membuat Anda kewalahan, terutama jika Anda mengonsumsi lebih sedikit protein dan protein nabati daripada hanya mengandalkan daging merah.

Telur juga merupakan sumber nutrisi yang menyehatkan jantung seperti potasium, folat, dan vitamin B. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi dua butir telur per hari sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Demikian 6 manfaat mengonsumsi telur setiap hari bagi kesehatan yang harus Moms tahu.

Selanjutnya: Kondisi Pasar Bergerak Tidak Pasti, Begini Rekomendasi Portofolio Bagi Investor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News