Keluarga

4 Manfaat Menggabungkan Retinol dan Niacinamide untuk Kulit Wajah, Auto Mulus!

4 Manfaat Menggabungkan Retinol dan Niacinamide untuk Kulit Wajah, Auto Mulus!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 4 manfaat menggabungkan retinol dan niacinamide untuk kulit wajah di sini.

Retinol dan niacinamide merupakan bahan aktif skincare yang sama-sama populer. Kabar baiknya, retinol dan niacinamide dapat digunakan secara bersamaan untuk memberikan hasil yang maksimal.

Ada setidaknya 4 manfaat menggabungkan retinol dan niacinamide untuk kulit wajah. Melansir Wardah, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Tips Mengelola Uang THR, Agar Tidak Boros

1. Mengurangi efek samping retinol

Manfaat menggabungkan retinol dan niacinamide untuk kulit wajah yang pertama yaitu mengurangi efek samping retinol.

Penggunaan retinol bisa menimbulkan efek samping, seperti kulit kemerahan, kering, iritasi, dan mengelupas. Biasanya, efek samping ini terjadi pada kulit sensitif atau jika Anda baru menggunakan retinol untuk pertama kali.

Namun, Anda bisa mengurangi risiko efek samping retinol dengan menggunakan niacinamide. Niacinamide mampu mencegah kulit kering dan iritasi akibat penggunaan retinol.

2. Menghaluskan tekstur kulit

Manfaat menggabungkan retinol dan niacinamide untuk kulit wajah yang kedua yaitu menghaluskan tekstur kulit.

Saat dalam kondisi kering, biasanya tekstur kulit cenderung kasar. Jika Anda sedang menghadapi masalah ini, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan niacinamide.

Niacinamide bisa mendukung produksi keratin, yakni protein yang menjaga kulit tetap kencang, halus, serta lembab. Di sisi lain, penggunaan retinol dapat meningkatkan produksi kolagen dan hyaluronic acid sehingga kulit wajah tetap lembab sekaligus plumpy.

Baca Juga: Ini Bentuk Perundungan di Serial Pyramid Game

3. Menyamarkan hiperpigmentasi

Manfaat menggabungkan retinol dan niacinamide untuk kulit wajah yang ketiga yaitu menyamarkan hiperpigmentasi.

Baik niacinamide maupun retinol, keduanya sama-sama bermanfaat untuk menyamarkan hiperpigmentasi, yakni kondisi ketika beberapa bagian kulit menggelap akibat produksi melanin berlebih. Melanin sendiri adalah pigmen yang bertanggung jawab memberi warna pada kulit.

Biasanya, hiperpigmentasi ditandai dengan munculnya flek hitam pada wajah. Nah, kombinasi retinol dan niacinamide mampu menghambat proses produksi melanin sehingga dapat menyamarkan hiperpigmentasi.

4. Melindungi kulit dari radikal bebas

Manfaat menggabungkan retinol dan niacinamide untuk kulit wajah yang keempat yaitu melindungi kulit dari radikal bebas.

Niacinamide merupakan turunan vitamin B3 yang memiliki sifat antioksidan untuk menangkal efek buruk radikal bebas terhadap kulit. Niacinamide cocok digunakan bersama retinol karena retinol cenderung membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Sinar UV sendiri merupakan salah satu faktor penyebab terbentuknya radikal bebas.

Jadi, dengan menggabungkan retinol dan niacinamide, kulit akan mendapatkan manfaat anti-aging sekaligus tetap terlindungi dari efek buruk radikal bebas dari sinar UV matahari.

Itulah 4 manfaat menggabungkan retinol dan niacinamide untuk kulit wajah. Mengingat retinol dan niacinamide merupakan bahan aktif, sebaiknya Anda tetap memerhatikan cara aman menggabungkan retinol dan niacinamide untuk mencegah risiko iritasi, terutama jika kulit Anda cenderung sensitif.

Sebetulnya, kandungan retinol dan niacinamide bisa dikombinasikan dalam satu produk. Namun, jika Anda menggunakannya secara terpisah dalam bentuk serum, aplikasikanlah serum niacinamide terlebih dulu sebelum serum retinol. Tujuannya untuk melindungi kulit Anda dari kemungkinan efek samping retinol.

Jangan lupa juga untuk mengikuti petunjuk penggunaan pada masing-masing kemasan serum agar Anda tidak memakainya secara berlebihan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News