Keluarga

Ampuh Lawan Jerawat, Ini 5 Manfaat Vitamin K untuk Kulit

Ampuh Lawan Jerawat, Ini 5 Manfaat Vitamin K untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 manfaat vitamin K untuk kulit di sini.

Meskipun vitamin C dan E lebih populer dalam dunia skincare, namun penelitian medis baru-baru ini mengakui manfaat luar biasa vitamin K untuk kulit.

Vitamin K secara efektif mengurangi memar, meningkatkan kemampuan kulit untuk menyembuhkan luka, melawan kerusakan akibat radikal bebas, serta membantu membalikkan penuaan kulit dini.

Zeel Gandhi, Kepala Dokter Ayurveda di Vedix, mengungkapkan “vitamin K mampu merangsang penyembuhan luka, mencegah degradasi kolagen, dan merangsang pembentukan pembuluh darah. Bagi kulit, ini akan menciptakan tampilan yang halus, kencang, montok, dan bersinar”.

Tidak boleh Anda lewatkan, berikut 5 manfaat vitamin K untuk kulit sebagaimana dilansir dari Vedix.

Baca Juga: 4 Manfaat Menggabungkan Retinol dan Niacinamide untuk Kulit Wajah, Auto Mulus!

1. Mengurangi kerutan dan garis-garis halus

Manfaat vitamin K untuk kulit yang pertama yaitu mengurangi kerutan dan garis-garis halus.

Kerutan dan garis-garis halus cenderung muncul ketika protein struktural seperti elastin dan kolagen di kulit mulai berkurang seiring bertambahnya usia. Nah, vitamin K berperan penting dalam mengurangi risiko tersebut dengan membantu faktor yang meningkatkan sintesis kolagen dalam tubuh dan mengaktifkan matriks protein Gla yang mencegah kalsifikasi elastin.

Berbagai formulasi vitamin K efektif mengurangi kedalaman kerutan dan garis-garis halus serta meningkatkan elastisitas kulit hanya dalam hitungan minggu. Vitamin K juga mampu meningkatkan kesehatan jantung-vaskular yang menjamin kelancaran pasokan darah beroksigen ke kulit, sehingga membuat kulit tetap muda dan sehat.

2. Mendorong penyembuhan luka

Manfaat vitamin K untuk kulit yang kedua yaitu mendorong penyembuhan luka.

Vitamin K sangat penting dalam proses penyembuhan luka. Saat tubuh kekurangan vitamin, itu dapat menunda pembekuan darah dan menyebabkan pendarahan berlebih. Vitamin K bertanggung jawab untuk produksi 4 protein penting yang diperlukan untuk koagulasi.

Berdasarkan penelitian mengenai efek vitamin K topikal dalam penyembuhan luka, diketahui bahwa setelah penggunaan krim vitamin K, luka pada kulit menunjukkan penyembuhan yang cepat.

3. Mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas

Manfaat vitamin K untuk kulit yang ketiga yaitu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Peningkatan radikal bebas dan spesies oksigen reaktif lainnya dapat sangat memengaruhi tekstur dan penampilan kulit Anda lho, Moms. Hal ini terjadi ketika kulit Anda terkena faktor berbahaya seperti sinar UV matahari, asap tembakau, dan polusi.

Vitamin K dapat bertindak sebagai agen antioksidan yang melindungi terhadap kerusakan sel oksidatif dan mencegah kematian sel dengan menghalangi produksi spesies oksigen reaktif dalam tubuh. Lebih lanjut, vitamin K1 dan K2 mampu menghambat kerusakan oksidatif pada sel yang disebabkan oleh penipisan glutathione (antioksidan alami dalam sel manusia). Pada akhirnya, hal ini akan membantu mencegah tanda-tanda awal penuaan dan kulit kusam.

Baca Juga: Penabung adalah Pencundang, Robert Kiyosaki Minta Simpan 3 Aset Investasi Ini

4. Melawan jerawat

Manfaat vitamin K untuk kulit yang keempat yaitu melawan jerawat.

Fluktuasi hormon selama masa pubertas atau masa dewasa dapat menyebabkan kelebihan sekresi sebum dan menimbulkan masalah jerawat.

Kabar baiknya, efek antioksidan dan anti-inflamasi kolektif dari vitamin K bisa membantu mengobati lesi jerawat. Juga, mempercepat penyembuhan bekas jerawat.

5. Memperkuat skin barrier

Manfaat vitamin K untuk kulit yang kelima yaitu memperkuat skin barrier.

Melemahnya skin barrier dapat menyebabkan berbagai kondisi kulit seperti kekeringan, infeksi, eksim yang tidak terkontrol, dan lain-lain.

Vitamin K terbukti dapat meningkatkan fungsi skin barrier sekaligus memperbaiki dan membantu penyembuhan kulit. Ini menjadikan vitamin K sebagai bahan yang cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Itulah 5 manfaat vitamin K untuk kulit yang harus Anda tahu. Menakjubkan, bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News