Keluarga

Bagus buat Diet, Ini 4 Manfaat Cottage Cheese untuk Kesehatan Tubuh

Bagus buat Diet, Ini 4 Manfaat Cottage Cheese untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Berikut beberapa manfaat cottage cheese untuk kesehatan tubuh yang ada di menu Tiffany Plate.

Baru-baru ini ada sebuah tren diet yang viral di jagad maya bernama Tiffany Plate. Mengutip laman Kontan, tren diet ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang influencer bernama Tiffany Magee.

Dalam usahanya untuk menurunkan berat badan, Tiffany menciptakan sebuah menu diet yang mengombinasikan aneka sayuran mentah, buah, dan sosis. Sebagai pelengkap, Tiffany membuat saus cocolan yang terbuat dari campuran mustard dan cottage cheese. Berkat menu diet yang ia beri nama Tiffany Plate tersebut, Tiffany berhasil menurunkan berat badannya hingga 36 kilogram.

Faktanya, salah satu komponen dalam Tiffany Plate yaitu cottage cheese memang telah terbukti mampu membantu menurunkan berat badan lho. Melansir Hello Sehat, cottage cheese sendiri adalah jenis keju lembut berupa sekumpulan dadih dan memiliki rasa sedikit asam.

Dalam pembuatannya, ada penambahan asam seperti cuka atau lemon pada susu pasteurisasi dalam keadaan hangat yang membuat susu menggumpal dan terpisah dari whey atau bagian cair dalam susu.

Baca Juga: Batik Air Buka Penerbangan Baru Makassar - Merauke, Ini Jadwalnya!

Lalu, apa saja manfaat cottage cheese selain membantu menurunkan berat badan? Merangkum Eat This, Not That!, inilah beberapa manfaat cottage cheese untuk kesehatan tubuh yang ada di menu Tiffany Plate.

1. Menurunkan berat badan

Manfaat cottage cheese untuk kesehatan tubuh yang pertama yaitu menurunkan berat badan.

Cottage cheese merupakan camilan rendah lemak dan tinggi protein yang dapat membantu mencapai tujuan penurunan berat badan. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi protein sangat efektif untuk menurunkan berat badan karena mampu meningkatkan rasa kenyang dan membuat perut kenyang lebih lama.

Menurut penelitian, mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah besar secara teratur dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dan peningkatan asupan kalori.

Dengan mengganti camilan super manis dengan cottage cheese yang diberi buah atau madu, itu bisa menjadi cara yang bagus untuk memuaskan hasrat dan menghilangkan sejumlah kalori dari gula tambahan.

2. Membangun lebih banyak otot

Manfaat cottage cheese untuk kesehatan tubuh yang kedua yaitu membangun lebih banyak otot.

Sebagian besar protein dalam cottage cheese dapat membantu Anda membangun lebih banyak otot, bahkan saat Anda sedang istirahat.

Cottage cheese terdiri dari salah satu jenis protein hewani selain whey yang disebut kasein. Meskipun kedua protein tersebut sama-sama membantu dalam proses penambahan massa otot, namun kasein dianggap sebagai protein yang pelepasannya lebih lambat karena diserap lebih lambat.

Kendati tidak lebih efektif daripada whey dalam membangun otot, tapi kasein bisa bekerja semalaman termasuk saat Anda sedang tidur.

Baca Juga: Cara Mengurangi Kolesterol, Konsumsi Makanan Ini!

3. Memberikan tambahan kalsium

Manfaat cottage cheese untuk kesehatan tubuh yang ketiga yaitu memberikan tambahan kalsium.

Cottage cheese merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Dalam 1 cangkir cottage cheese, ada sekitar 227 miligram kalsium. Adapun jumlah ini mampu memberikan 18% dari nilai harian kalsium yang direkomendasikan.

Kalsium sendiri sangat baik untuk kesehatan tulang dan hormon serta bisa membantu mencegah atau menangani berbagai penyakit. Jadi, ambilah secangkir cottage cheese atau campurkan sedikit ke dalam camilan untuk selangkah lebih dekat dengan target kalsium harian Anda.

4. Membantu memenuhi asupan selenium

Manfaat cottage cheese untuk kesehatan tubuh yang keempat yaitu membantu memenuhi asupan selenium.

Selenium adalah mikronutrien yang penting untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular, penyakit tiroid, penurunan kognitif, dan bahkan beberapa jenis kanker. Selain terkandung di dalam ikan dan unggas, selenium juga banyak ditemukan dalam produk susu termasuk cottage cheese. Dalam secangkir cottage cheese, ada sekitar 58% dari nilai harian selenium yang direkomendasikan.

Kendati selenium diperlukan untuk fungsi tubuh yang sehat, namun pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan ya Moms. Pasalnya, terlalu banyak selenium bisa menyebabkan mual, diare, dan bahkan masalah pada sistem saraf.

Demikian beberapa manfaat cottage cheese untuk kesehatan tubuh yang ada di menu Tiffany Plate. Tertarik coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News