Santai

Dipakai Buat Diet, Ternyata Ini 5 Manfaat Intermitten Fasting Untuk Kesehatan

Dipakai Buat Diet, Ternyata Ini 5 Manfaat Intermitten Fasting Untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Menjadi metode diet yang banyak digandrungi, ini dia sederet manfaat dari intermitten fasting.

Intermitten fasting adalah pengaturan pola makan yang memberikan jeda untuk berpuasa dan makan. Metode ini digunakan untuk diet karena bermanfaat.

Bukan cuma efektif mengurangi berat badan, namun ada juga manfaat kesehatan lain yang bisa dirasakan saat melakukan intermitten fasting.

Apa saja, sih? Ini dia beberapa manfaat intermitten fasting yang perlu diketahui.

Baca Juga: 4 Jenis Suplemen Ini Wajib Dikonsumsi Vegan dan Vegetarian, Apa Saja Sih?

Membantu mengurangi lemak

Intermitten fasting membantu seseorang untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori yang bagus untuk mengurangi berat badan dan juga lemak tubuh.

Hal tersebut disebabkan karena intermitten fasting bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh, di mana proses tersebut bisa membantu proses pembakaran kalori lebih cepat.

Selain itu, lemak bisa semakin berkurang karena lemak tubuh yang tersimpan digunakan untuk meningkatkan energi.

Memperbaiki hormon, sel, dan gen

Perbaikan hormon, sel, dan gen dalam tubuh dapat berubah ketika seseorang berpuasa. Laman Health Line menjelaskan bahwa ketik berpuasa, tingkat insulin menurun dan hormon HGH atau hormon pertumbuhan meningkat.

Sel-sel tubuh juga mulai terpicu untuk melakukan proses perbaikan sel dan juga perbaikan gen dalam tubuh. Proses tersebut juga memfasilitasi pembakaran lemak di tubuh, meningkatkan massa otot, dan perbaikan sel-sel rusak lainnya.

Mengurangi stres

Penyebab stres dikenal dengan istilah zat oksidatif. Zat ini bisa memicu stres, penuaan dini, dan penyakit kronis lainnya.

Beberapa penelitian dari laman Health Line menemukan bahwa intermitten fasting bisa mengurangi zat oksidatif dan peradangan dalam tubuh yang memicu stres.

Sebagai hasil, penyakit kronis dan juga penuaan dini bisa dihindari ketika seseorang melakukan intermitten fasting.

Baca Juga: Ternyata Ini Loh 4 Penyebab Fokus dan Konsentrasi Menurun, Sudah Tahu?

Menurunkan tekanan darah

Manfaat lainnya dari intermitten fasting adalah bisa membantu menurunkan tekanan darah. Saat seseorang melakukan intermitten fasting, manfaat ini adalah manfaat signifikan yang bisa terlihat.

Studi di laman Everyday Health mencatat bahwa pola 16:8 yang digunakan dalam intermitten fasting efektif menunjukkan penurunan tekanan darah sistolik atau systolic blood pressure.

Menjaga tekanan darah di angka normal bisa membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti jantung.

Meningkatkan fungsi otak

Untuk berkonsentrasi dan fokus dalam melakukan suatu hal, peran fungsi otak tentunya diperlukan. Kegiatan berpuasa yang jadi hal utama dalam intermitten fasting bisa membantu meningkatkan memori.

Intermitten fasting juga meningkatkan beberapa proses metabolisme yang ternyata penting bagi kesehatan otak. Sebab intermitten fasting bisa membantu mengurangi zat oksidatif, peradangan, tingkat tekanan darah, dan juga resistensi insulin.

Ternyata banyak, ya. Itulah tadi beberapa keuntungan dan manfaat dari intermitten fasting yang baik bagi kesehatan. Tertarik mencoba?

Selanjutnya: Bursa Karbon Indonesia Diresmikan Hari Ini (26/9), Analis Rekomendasi Beli Saham Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News