Santai

Apple Vision Pro vs Meta Quest 3, Mana yang Harus Anda Beli?

Apple Vision Pro vs Meta Quest 3, Mana yang Harus Anda Beli?

MOMSMONEY.ID - Setelah meluncurkan Meta Quest 2, perusahaan Mark Zuckerberg akan segera merilis Meta Quest 3. Tak ingin ketinggalan, Apple ternyata juga meluncurkan Apple Vision Pro. 

Keduanya merupakan headset VR/AR yang memiliki fitur canggih. Namun, jika harus memilih mana yang harus Anda beli dari Apple Vision Pro vs Meta Quest 3?

Mengutip CNET, Meta Quest 3 akan relatif murah dan akan didukung oleh ekosistem yang masif dan terus berkembang. 

Baca Juga: Di Balik Harga Rp 52 Juta, Ini 5 Hal yang Disebut Kekurangan Apple Vision Pro

Sementara Apple Vision Pro menjanjikan integrasi mendalam dengan ekosistem Apple dan muatan serius ke dunia game.

Untuk memilih Apple Vision Pro vs Meta Quest 3, berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan. 

1. Perangkat keras

Apple Vision Pro

Ketika berhadapan dengan komputer, ada tiga hal yang lebih penting dari apapun. Headset harus nyaman dipakai untuk berbagai jenis orang sebanyak mungkin.

Lalu, baterai harus bertahan cukup lama untuk benar-benar menikmati waktu Anda di headset, dan perlu memiliki prosesor yang mampu menghadirkan pengalaman keseluruhan yang lancar. 

Kenyamanan sejauh ini adalah yang paling penting, dan dalam hal itu Meta memiliki lebih banyak pengalaman dan menerima lebih banyak umpan balik daripada Apple. 

Pengontrol Meta terkenal ringan dan sangat ergonomis dengan serangkaian aksesori pihak ketiga untuk meningkatkan ilusi memegang pedang atau raket tenis saat bermain game.

Baca Juga: Cara Instal iOS 17 Beta di iPhone, Begini Tips Download Sekaligus Uninstal

2. Baterai

Masa pakai baterai untuk kedua headset adalah pertanyaan terbuka. Meta memiliki riwayat merilis aksesori baterai untuk membantu headset bertahan selama beberapa jam lagi.

Tapi, masa pakai yang diharapkan untuk Quest 2 dan Quest Pro adalah dua jam, jadi kemungkinan Quest 3 akan tetap sama.

Headset Vision Pro Apple saat ini mengklaim masa pakai baterai dua jam saat terhubung ke baterai yang ditambatkan, dan kemungkinan akan ada perpanjangan baterai yang tersedia baik melalui Apple atau pihak ketiga.

Saat ini, rata-rata pengguna VR menghabiskan sekitar satu jam di headset mereka. Tetapi, dengan kamera penuh warna Meta yang baru untuk fungsionalitas AR dan fokus Apple pada FaceTime dan fitur nongaming lainnya, kemungkinan jumlah tersebut akan meningkat dengan generasi headset ini. 

3. Ekosistem 

Memiliki headset yang paling mumpuni saja tidak cukup. Anda harus bisa melakukan hal-hal menarik dengannya. Penting untuk diingat betapa kecilnya pasar ini dibandingkan dengan toko aplikasi seluler yang dikelola oleh Apple dan Google. 

Meta telah bekerja selama bertahun-tahun untuk memastikan bermacam-macam aplikasi dan game yang sehat di platformnya. 

Sementara fokus utama Apple dalah memperluas semua aplikasi yang Anda kenal dan sukai dari ponsel ke dunia di sekitar Anda. Jika Anda ingin layar besar untuk menonton pertunjukan atau latihan meditasi, Anda bisa.

Apple menginginkan headset ini dapat digunakan untuk bekerja dengan akses ke aplikasi Apple seperti Notes, Keynote atau Safari sehingga dapat menggantikan atau melengkapi monitor Anda. 

Baca Juga: Inilah 11 Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas Agar Dapat Barang Bagus

4. Harga 

Meta Quest 3 disebut akan hadir dengan harga US$ 500 atau Rp 7 jutaan. Harga tersebut bisa membengkak menjadi Rp 8 jutaan jika Anda menginginkan peningkatan penyimpanan dan lebih banyak lagi jika Anda menginginkan aksesori untuk masa pakai baterai yang lebih baik.

Sedang Apple's Vision Pro tidak diragukan lagi merupakan cara unik untuk merasakan ekosistem Apple seperti yang ada saat ini, dan jelas ada banyak cara berbeda untuk menjadikan pengalaman itu pribadi. 

Ini memiliki tampilan yang elegan dan banyak fitur untuk membuat Anda tetap sadar akan dunia di sekitar Anda saat dibutuhkan. Tidak dapat disangkal bahwa ini adalah headset tercanggih yang ada sejauh ini.

Namun, sebagai headset AR yang menghadirkan sesuatu yang unik, jelas Apple berharap pengembang akan membantu membuka jalan.

Dan dengan harga Rp 52 jutaan, Apple masih perlu melakukan banyak hal. Selain itu, Apple Vision Pro baru akan diluncurkan pada tahun 2024. 

Nah, itulah beberapa pertimbangan bagi Anda untuk memilih Apple Vision Pro vs Meta Quest 3. Mana pilihan Anda? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News