Keluarga

AC vs Air Cooler, Mana yang Lebih Baik? Yuk Pahami Perbedaannya

AC vs Air Cooler, Mana yang Lebih Baik? Yuk Pahami Perbedaannya

MOMSMONEY.ID - Saat mencari mesin pendingin ruangan, Anda akan dihadapkan dengan pilihan Air Conditioner (AC) atau Air Cooler. Apa perbedaannya dan mana yang lebih baik? 

Melansir Graha One, perbedaan utama antara AC dan Air Cooler terletak pada kemampuan menurunkan suhu ruangan. AC mampu menurunkan suhu ruangan hingga 20 derajat Celcius. Sedangkan Air Cooler bisa menurunkan hingga 5 derajat Celcius. 

Baca Juga: Indonesia Menang Kontra Kamboja, Ini Klasemen Akhir Grup A Sepak Bola SEA Games 2023

Sehingga, AC dapat dikatakan sebagai alat untuk mendinginkan suhu ruangan. Sementara Air Cooler merupakan alat untuk menyejukan ruangan. 

Dari segi fisik perbedaan AC dan Air Cooler juga cukup mencolok. AC rumahan biasanya berbentuk segi panjang mendatar yang harus ditempelkan di dinding. Sedangkan Air Cooler berbentuk segi panjang vertikal yang bisa diletakkan di lantai dan mudah dipindahkan. 

Dari segi sistem operasinya, AC hanya perlu Anda atur menggunakan remote control. Sedangkan Air Cooler, Anda harus mengisi tangki air dengan air dingin untuk bisa menghasilkan udara yang dingin. 

Melansir Panasonic, Air Cooler menggunakan kipas untuk meniupkan udara panas melalui bantalan yang direndam air. Jadi saat udara melewati bantalan, air akan menguap dan menghasilkan udara yang lebih dingin.

Sedangkan AC bekerja dengan mengambil udara hangat yang lembab. Kemudian AC akan menggantinya dengan udara kering dan dingin dengan bantuan bahan kimia yang disebut refrigeran. 

Mana yang lebih ramah lingkungan, AC atau Air Cooler?
Perbedaan antara AC dan Air Cooler selanjutnya adalah penggunaan energi. Air Cooler menggunakan lebih sedikit energi dan tidak menggunakan refrigeran (freon). Sehingga Air Cooler lebih hemat listrik dan lebih ramah lingkungan dibanding AC keluaran lama. 

Baca Juga: 5 Obat Asma yang Alami, Ampuh dan Mudah Didapat!

Mana yang lebih baik, menggunakan AC atau Air Cooler?
Air Cooler bukan pilihan yang tepat untuk Anda yang tinggal di wilayah lembab. Air Cooler menciptakan lebih banyak kelembaban. Sementara AC bisa bekerja dengan baik di semua iklim. 

Perbedaan antara AC dan Air Cooler selanjutnya adalah proses pendinginan. AC bekerja lebih cepat untuk mendinginkan ruangan sementara Air Cooler bekerja lebih lambat. Terkadang Air Cooler juga tidak bisa menjangkau seluruh ruangan. 

Nah itu tadi perbedaan AC dan Air Cooler. Mana yang lebih baik? Ini tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda ingin hemat biaya maka Air Cooler pilihan yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News