Keluarga

Apakah Menggunakan Warna Netral di Kamar Bayi Bagus bagi Perkembangan Buah Hati?

Apakah Menggunakan Warna Netral di Kamar Bayi Bagus bagi Perkembangan Buah Hati?

MOMSMONEY.ID - Apakah menggunakan banyak warna netral di ruang bayi bagus bagi perkembangan bayi atau justru membuat bayi murung? 

Jika banyak menghabiskan waktu di media media, mungkin Moms akan menemukan istilah sad beige baby atau bayi krem yang sedih.

Ini adalah ungkapan mengejek orang tua yang menggunakan warna-warna netral atau krem di ruangan khusus bayi. 

Laman Living Etc menyebutkan, ternyata, pemilihan warna untuk kamar atau ruangan bayi bisa memengaruhi kesehatan emosional bayi dan perkmbangannya. Warna bisa memengaruhi suasana hati, tingkah laku, dan perkembangan kognitif anak. 

Jadi, apakah menggunakan warna netral untuk kamar bayi bagus bagi perkembangannya? Warna bisa mendukung stimulasi sensorik yang sangat penting untuk perkembangan kognitif bayi.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Kamar Tidur Terasa Lebih Nyaman

Warna-warna yang berani dan cerah bisa menarik perhatian bayi dan menciptakan rasa ingin tahu, mendorong keinginan untuk mengeksplorasi, dan belajar. Warna juga bisa membangkitkan respons emosional pada anak-anak dan orang dewasa.

Warna yang cerah dan hangat seperti merah dan kuning dapat menimbulkan rasa gembira dan bersemangat. Warna-warna yang lebih sejuk seperti biru dapat meningkatkan rasa tenang. 

Warna yang Anda pilih kemudian bisa dipilih untuk membangkitkan efek yang ingin diciptakan pada suatu ruangan. Semangat dan energik mungkin bukan yang diinginkan di ruangan tempat bayi tidur. 

Sangat penting untuk mempertimbangkan bahwa setiap anak memiliki keunikannya dan merespon dengan cara yang berbeda terhadap setiap warna.

Beberapa bayi sangat sensitif dengan rangsangan dan mungkin merasa terbebani dengan lingkungan yang memiliki warna yang cerah. Sementara bayi lain justru bisa berkembang di lingkungan seperti itu.

Baca Juga: Sentuhan Warna Cerah Dapat Bangkitkan Kreativitas Anak di Sekolah

Warna netral seperti beige atau krem bisa menciptakan suasana yang tenang. Ini akan menguntungkan bagi Anda yang ingin menciptakan suasana tidur yang nyenyak dan berkualitas.  

Warna beige mungkin tidak menimbulkan emosi yang kuat tetapi dapat berkontribusi pada rasa stabilitas dan kenyamanan. 

Beberapa bayi mungkin akan merasa warna-warna netral menenangkan. Namun, bayi lain mungkin merasa warna netral membosankan dan tidak menarik.

Jadi, untuk menentukan apakah warna netral di kamar bayi bagus bagi perkembangannya, Anda harus memperhatikan bagaimana anak Anda merespon warna. 

Namun, meski warna netral di kamar bayi tidak buruk, ada baiknya tetap menambahkan warna-warna cerah. Ini akan menciptakan ruangan dengan warna yang seimbang, secara visual menarik dan tetap menenangkaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News