Bugar

Apakah Harus Puasa Sebelum Cek Kolesterol? Ini Penjelasannya

Apakah Harus Puasa Sebelum Cek Kolesterol? Ini Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Banyak disarankan, namun apakah harus puasa sebelum cek kolesterol?

Puasa sebelum pemeriksaan kolesterol telah lama menjadi standar prosedur yang disarankan oleh banyak profesional kesehatan. Pendekatan ini diambil untuk mendapatkan hasil yang paling akurat dari lipid panel, yang mencakup pengukuran kolesterol total, lipoprotein densitas rendah (LDL), lipoprotein densitas tinggi (HDL), dan trigliserida.

Alasan mengapa dianjurkan puasa sebelum cek kolesterol

Melansir dari Healthline, puasa sebelum cek kolesterol dianggap dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kadar kolesterol dalam darah tanpa dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang baru saja dikonsumsi. Terutama, trigliserida, salah satu komponen yang diukur dalam cek kolesterol, bisa sangat dipengaruhi oleh apa yang baru saja Anda makan.

Kadar trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, puasa 9 hingga 12 jam sebelum tes telah menjadi kebiasaan untuk memastikan hasil yang lebih akurat.

Baca Juga: Ciri-ciri Kolesterol di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

Apakah harus puasa sebelum cek kolesterol?

Namun, beberapa studi terbaru menunjukkan bahwa puasa mungkin tidak selalu diperlukan untuk semua jenis pemeriksaan kolesterol. Menurut penelitian, pengukuran kolesterol total dan HDL tidak banyak berubah, baik puasa maupun tidak.

Faktanya, beberapa lembaga kesehatan dan ahli telah mulai menerima hasil cek kolesterol non-puasa untuk keputusan klinis tertentu karena kemudahan dan kenyamanan bagi pasien.

Walaupun demikian, dalam situasi tertentu, puasa mungkin masih diperlukan. Misalnya, jika trigliserida Anda tinggi pada pemeriksaan sebelumnya, dokter mungkin merekomendasikan puasa untuk mendapatkan hasil yang lebih tepat. Puasa juga mungkin diperlukan jika dokter Anda mencoba untuk mengukur LDL dengan cara tertentu yang memerlukan kondisi puasa untuk akurasi optimal.

Baca Juga: Nutrisi dan Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol Jahat

Jika Anda akan menjalani cek kolesterol, sangat penting untuk berkomunikasi dengan dokter Anda tentang apakah Anda perlu puasa. Ikuti petunjuk dokter Anda, karena mereka akan mempertimbangkan riwayat kesehatan dan faktor risiko Anda dalam memberikan saran.

Jika Anda diperintahkan untuk puasa, ini biasanya berarti tidak ada makanan atau minuman selain air selama 9-12 jam sebelum tes. Pastikan juga untuk memberi tahu dokter Anda tentang obat-obatan yang Anda konsumsi karena beberapa obat dapat mempengaruhi hasil cek kolesterol.

Puasa sebelum cek kolesterol bisa jadi penting tergantung pada kondisi spesifik dan apa yang ingin diketahui dokter Anda dari hasil tes tersebut. Puasa dapat membantu mendapatkan hasil yang lebih akurat. Konsultasi dengan dokter Anda adalah langkah terbaik untuk menentukan persiapan yang tepat sebelum menjalani cek kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News