Bugar

Apakah Bisa Penyakit Kolesterol Sembuh Total?

Apakah Bisa Penyakit Kolesterol Sembuh Total?

MOMSMONEY.ID - Kolesterol tinggi telah lama diidentifikasi sebagai faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Dengan prevalensi kondisi ini yang terus meningkat, banyak yang bertanya-tanya apakah bisa penyakit kolesterol sembuh total?

Untuk menjawab pertanyaan ini, penting untuk memahami apa itu kolesterol dan bagaimana ia mempengaruhi tubuh.

Baca Juga: Seberapa Efektif Konsumsi Granola untuk Diet? Yuk, Simak Ulasannya

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam lipid darah yang memiliki peran penting dalam pembentukan sel-sel baru, hormon tertentu, dan vitamin D. Tubuh memerlukan kolesterol untuk berfungsi dengan baik.

Kolesterol terbagi menjadi dua tipe utama: LDL (low-density lipoprotein) yang sering disebut sebagai kolesterol jahat dan HDL (high-density lipoprotein) yang dikenal sebagai kolesterol baik.

Masalah terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara LDL dan HDL dalam tubuh. LDL yang berlebihan dapat menyebabkan pembentukan plak dalam arteri.

Seiring waktu, penumpukan plak ini dapat menyempitkan atau bahkan memblokir aliran darah ke jantung dan organ vital lainnya, yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Apakah Cumi-Cumi Mengandung Kolesterol? Ketahui Faktanya di Sini

Lantas, apakah bisa penyakit kolesterol sembuh total? Mengutip dari Kompas.com, Dr. Nitish Naik, seorang dokter spesialis jantung dari All India Institute of Medical Sciences di New Delhi, India, menjelaskan bahwa penyakit kolesterol tinggi tidak dapat sembuh secara total, namun dapat dikendalikan.

Menurut Dr. Naik, tidak ada obat yang dapat menyembuhkan kolesterol tinggi secara permanen. Obat-obat yang diresepkan oleh dokter hanya dapat menormalisasi kadar kolesterol sementara. Namun, penting bagi pasien untuk secara konsisten menjalankan pola hidup sehat sepanjang hidupnya.

"Obat kolesterol sangat penting untuk mengontrol kadar kolesterol, namun setelah kadar kolesterol kembali normal, penting untuk terus menjaga gaya hidup sehat," kata Dr. Naik, seperti yang dilaporkan oleh Wellthy.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Mengandung Purin Tinggi, Bisa Sebabkan Asam Urat

Mengutip dari Medical News Today, obat penurun kolesterol bisa membantu mengontrol kadar kolesterol tinggi menjadi normal dalam beberapa minggu atau bulan. Namun pengelolaan jangka panjang kolesterol tinggi yang terbaik adalah dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Demikianlah jawaban atas pertanyaan, apakah bisa penyakit kolesterol sembuh total atau tidak. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: 10 Makanan Tidak Sehat untuk Tubuh Anda, Batasi atau Hindari Konsumsinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News