Santai

Apa Itu MBTI? Simak Penjelasan Lengkap dan Link Test MBTI di Sini

Apa Itu MBTI? Simak Penjelasan Lengkap dan Link Test MBTI di Sini

MOMSMONEY.ID - Sudah pernah dengar tentang MBTI, belum? Populer untuk menilai kepribadian seseorang, loh.

Selain zodiak, banyak generasi masa kini yang menggunakan MBTI sebagai alat untuk menilai kepribadian seseorang.

Walau begitu masih ada juga beberapa orang yang tidak mengerti apa itu MBTI dan bagaimana cara untuk mendapatkannya. Langsung simak pengertian MBTI dan cara untuk cek kepribadian ini di sini.

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) menurut laman Myers & Briggs Foundation, adalah alat penilaian kepribadian yang banyak digunakan dan dirancang untuk membantu individu mendapatkan wawasan tentang preferensi mereka sendiri.

Baca Juga: Ini 4 Tanda High Value Woman Berkarakter Tinggi, Apa Anda Salah Satunya?

Instrumen penilaian ini juga bisa digunakan untuk memahami perbedaan dalam cara memandang dunia dan mengambil keputusan. MBTI sendiri adalah tes yang dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya Isabel Briggs Myers.

Tes MBTI yang dikembangkan keduanya ini didasarkan pada teori tipe psikologis Carl Jung dan kemudian telah menjadi instrumen populer untuk pengembangan pribadi dan profesional.

MBTI dibangun atas dasar empat skala preferensi. Masing-masing mewakili preferensi yang berlawanan dalam cara individu mengarahkan energinya, menerima informasi, membuat keputusan, dan mendekati dunia luar.

Keempat skala preferensi tersebut adalah:

Baca Juga: 6 Tontonan Tentang Gaya Hidup dan Perawatan Diri di Netflix

Ekstraversi (E) vs. Introversi (I)

Bagian preferensi ini mencerminkan di mana individu memfokuskan energinya. Orang ekstrover lebih ramah dan bersemangat ketika berinteraksi sosial, sementara orang introver lebih pendiam dan mengisi ulang energinya ketika sendirian.

Penginderaan (S) vs. Intuisi (N)

Preferensi ini berkaitan dengan bagaimana individu lebih suka mengumpulkan informasi. Sensor mengandalkan informasi dan fakta yang konkrit dan nyata. Sedangkan intuisi lebih cenderung fokus pada kemungkinan dan gambaran yang lebih besar.

Berpikir (T) vs. Perasaan (F)

Bagian ini mengeksplorasi bagaimana cara individu mengambil keputusan. Pemikir mengutamakan logika dan objektivitas, mengambil keputusan berdasarkan fakta dan data. Sedangkan perasa mengutamakan nilai-nilai pribadi dan mempertimbangkan dampaknya terhadap orang lain, mengambil keputusan berdasarkan empati dan kasih sayang.

Menilai (J) vs. Mempersepsi (P)

Selanjutnya preferensi ini mencerminkan bagaimana individu memilih cara untuk mengatur dunia eksternal mereka. Para penilai lebih menyukai struktur, perencanaan, dan ketegasan, sementara para pengamat lebih mudah beradaptasi, spontan, dan fleksibel.

Baca Juga: Penuh Inspirasi, Baca 4 Rekomendasi Buku Tentang Slow Living Ini Yuk

Nantinya hasil dari tes ini akan menunjukkan kombinasi dari keempat preferensi tersebut yang kemudian dikategorikan menjadi 16 kepribadian dengan singkatan dari preferensi tes.

MBTI diterapkan di berbagai bidang, termasuk konseling karier, pembangunan tim, pengembangan kepemimpinan, dan pelatihan komunikasi.

Banyak organisasi menggunakan MBTI untuk meningkatkan dinamika tim, meningkatkan keterampilan kepemimpinan, dan mengoptimalkan strategi komunikasi.

Baca Juga: 4 Keuntungan Punya Kebiasaan Baik, Salah Satunya Melatih Disiplin

Menurut laman Very Well Mind, dengan mengenali perbedaan-perbedaan ini, kelompok dapat menetapkan tugas dengan lebih baik dan bekerja sama untuk mencapai tujuan mereka.

Bagi yang penasaran dengan tipe MBTI dan ingin mengecek tipe kepribadian, link tes MBTI berikut ini bisa dicoba:

https://www.16personalities.com/free-personality-test

Itulah tadi penjelasan singkat tentang apa itu MBTI dan cara untuk mengeceknya. Silakan dicoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News