Bugar

Apa Benar Kopi Penyebab Tekanan Darah Tinggi?

Apa Benar Kopi Penyebab Tekanan Darah Tinggi?

MOMSMONEY.ID - Kopi penyebab tekanan darah tinggi? Mungkin itu pertanyaan yang ada di benak Anda. Simak jawabannya di sini, yuk.

Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia, dinikmati oleh jutaan orang setiap hari karena rasa dan efek stimulasinya. Namun, seiring dengan popularitasnya, terdapat kekhawatiran mengenai pengaruh kopi terhadap tekanan darah.

Banyak yang bertanya-tanya, apakah benar kopi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi? Mari menjelajahi hubungan antara konsumsi kopi dan tekanan darah, berdasarkan penelitian dan bukti ilmiah yang ada melansir dari Healthline.

Baca Juga: 10 Makanan Penurun Darah Tinggi, Pengidap Hipertensi Harus Tahu

Kopi dapat meningkatkan tekanan darah, namun hanya sementara

Mengonsumsi kopi bisa memberikan dampak lebih dari yang Anda kira, terutama ketika Anda melewati dosis yang biasa Anda nikmati. Penelitian telah menemukan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi memiliki potensi untuk meningkatkan tekanan darah sementara setelah Anda menikmati secangkir.

Dalam tinjauan yang mencakup hasil dari 34 penelitian, terungkap bahwa asupan kafein sebanyak 200-300 mg bisa mengakibatkan peningkatan rata-rata sekitar 8 mm Hg pada tekanan darah sistolik dan 6 mm Hg pada tekanan darah diastolik.

Yang menarik adalah efek ini dapat bertahan hingga tiga jam setelah Anda selesai menikmati kopi. Kondisi ini bisa terjadi baik pada individu dengan tekanan darah awal yang normal maupun pada mereka yang sudah memiliki tekanan darah tinggi sebelumnya.

Namun, yang perlu dicatat adalah bahwa konsumsi kopi secara teratur tidak menimbulkan dampak serupa pada tekanan darah. Hal ini mungkin disebabkan oleh tubuh yang telah beradaptasi dan menjadi lebih toleran terhadap kafein karena terbiasa menikmati kopi.

Dari penemuan ini, dapat disimpulkan bahwa peningkatan tekanan darah yang terjadi setelah Anda menikmati secangkir kopi sebenarnya hanya bersifat sementara.

Baca Juga: Pisang Bisa Menurunkan Darah Tinggi? Cek Faktanya

Apakah penderita darah tinggi tidak boleh minum kopi?

Untuk sebagian besar individu, konsumsi kopi dalam jumlah sedang kemungkinan tidak akan memiliki dampak signifikan pada tekanan darah. Bahkan, dalam beberapa kasus, kopi dapat memberikan manfaat kesehatan.

Sebenarnya, beberapa senyawa bioaktif yang terdapat dalam kopi memiliki potensi untuk memberikan manfaat kesehatan, seperti mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

Tentu saja, penting untuk diingat bahwa konsumsi kafein yang berlebihan tidak disarankan, terutama jika seseorang sudah memiliki masalah tekanan darah tinggi.

Bagi mereka yang belum terbiasa minum kopi secara rutin, disarankan untuk menunggu hingga tekanan darah terkendali sebelum memasukkan kopi ke dalam rutinitas harian.

Hal itu karena kafein dapat meningkatkan tekanan darah meskipun hanya sementara. Namun, seperti halnya dengan lainnya, konsumsi berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan.

Baca Juga: Inilah 7 Makanan Penyebab Darah Tinggi, Cek yuk

Oleh karena itu, menjaga keseimbangan dalam gaya hidup dan pola makan sangatlah penting. Selain itu, berfokus pada aktivitas fisik yang teratur dan mengadopsi pola makan yang seimbang merupakan salah satu langkah terbaik untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat dan menjaga kesehatan jantung Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News