Santai

AP II Perluas Layanan TravelinPass Face Recognition, Ini Keuntungan Bagi Traveler

AP II Perluas Layanan TravelinPass Face Recognition, Ini Keuntungan Bagi Traveler

MOMSMONEY.ID - PT Angkasa Pura II memperluas layanan TravelinPass yang didukung teknologi pengenalan wajah (biometric face recognition) ke seluruh bandara di bawah naungan AP II. Layanan ini dihadirkan untuk memproses keberangkatan rute domestik dengan lebih mudah, cepat dan nyaman.

Layanan TravelinPass sendiri sudah bisa digunakan di Bandara Soekarno Hatta sejak akhir 2021. Layanan ini diperluas ke 16 bandara lain sejak Agustus-September 2023 dan pada periode yang sama 3 bandara juga dipersiapkan menyediakan layanan ini. Sehingga, total 20 bandara AP II akan memiliki layanan TravelinPass.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, implementasi layanan TravelinPass di bandara-bandara perseroan menandakan masifnya digitalisasi di bandara AP II.

“TravelinPass yang diperkuat biometric face recognition ini bagian dari transformasi yang dijalankan AP II untuk program Customer Experience (CX) dan Digital Exploration (DX), di samping kami juga menjalankan program Operation Excellence (OX),” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (21/8).

Menurutnya, ini merupakan upaya AP II untuk memanfaatkan teknologi digital untuk kemudahan, kecepatan dan kenyamanan traveler. Menurutnya, digitalisasi di aspek pelayanan dapat mewujudkan seamless journey experience.

Muhammad Awaluddin juga mengatakan implementasi digitalisasi juga mendukung AP II yang merupakan member dari holding InJourney, untuk terus meningkatkan standar pelayanan dan berkontribusi dalam pengembangan pariwisata nasional.

Baca Juga: Hangry Luncurkan Hot Side Story, Hadirkan Menu Ayam Goreng Pedas

Adapun, terdapat sejumlah keuntungan yang didapatkan traveler bila menggunakan layanan TravelinPass. Pertama, traveler lebih mudah mempersiapkan keberangkatan dari jauh hari sebelum penerbangan, dengan genggaman saja lewat smartphone. Penumpang pesawat bisa mendapatkan TravelinPass dan melakukan check-in di mana saja, tidak harus menunggu tiba di bandara.

Kedua, bebas antrean. Setibanya di bandara, traveler tidak perlu lagi antre di konter check-in. Bagi yang hanya membawa bagasi kabin, bisa langsung menuju TravelinLane untuk melakukan verifikasi wajah di autogate dan langsung ke boarding lounge.

Keuntungan ketiga, traveler tidak perlu mengeluarkan KTP atau boarding pass untuk menuju boarding lounge.

“Penumpang cukup melakukan verifikasi pengenalan wajah. Data penumpang pesawat untuk mendapatkan TravelinPass juga sudah diverifikasi dengan data Dukcapil, sehingga dipastikan keamanannya,” jelas Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda.

Keuntungan keempat, pengguna TravelinPass dapat mengikuti program komersial yang dijalankan AP II bersama pihak lain, seperti misalnya reward program, cashback & discount dan sebagainya.

Keuntungan kelima adalah perjalanan traveler terdokumentasi dengan baik dan rapih, sejalan dengan adanya fitur Riwayat Penerbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News