Keluarga

Anak Kecanduan Game? Ini 5 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak

Anak Kecanduan Game? Ini 5 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak

MOMSMONEY.ID - Berikut MomsMoney bagikan 5 cara mengatasi kecanduan game online pada anak.

Sebagai orang tua, Anda mungkin sangat frustasi saat melihat anak Anda terpaku pada perangkat gamingnya sepanjang waktu dan tidak menyadari lingkungan di sekitarnya.

Pada dasarnya, game memiliki berbagai manfaat kognitif seperti memperluas imajinasi, meningkatkan keterampilan problem solving, dan meningkatkan kecepatan otak.

Kendati demikian, game dapat berdampak merugikan jika dinikmati secara berlebihan. Jadi, tatkala kebiasaan bermain game anak Anda mulai mengganggu sekolah, pekerjaan rumah, atau waktu tidur mereka, maka Anda perlu mengambil tindakan dengan segera.

Apabila anak Anda sudah terlanjur kecanduan game, pastikan Anda menerapkan 5 cara mengatasi kecanduan game online pada anak yang dilansir dari Greensprings School ini.

Baca Juga: 10 Buah Ini Tinggi Gula lo, Salah Satunya Ada Nanas

1. Batasi akses

Cara mengatasi kecanduan game online pada anak yang pertama yaitu membatasi akses.

Mungkin tidak sedikit orang yang menganggap bahwa menghentikan anak untuk bermain game hanya akan meningkatkan keinginan anak untuk terus bermain game. Namun, saat kecanduan anak terhadap game semakin parah, maka tindakan ekstrem tersebut perlu Anda pertimbangkan.

Tak harus selamanya, Anda dapat membatasi akses anak untuk bermain game secara sementara dengan menyembunyikan atau menitipkan perangkat gaming milik anak ke rumah kerabat.

Sampai anak dapat membuktikan bahwa mereka layak mendapatkan perangkat gamingnya kembali, maka Anda dapat mengizinkan anak untuk bermain game lagi dengan syarat tidak boleh melebihi batas waktu yang telah Anda tetapkan.

2. Tetapkan aturan untuk mengontrol waktu screen time

Cara mengatasi kecanduan game online pada anak yang kedua yaitu menetapkan aturan untuk mengontrol waktu screen time.

Moderasi sangat penting dilakukan jika Anda ingin mengendalikan kecanduan anak terhadap game.

Tetapkanlah aturan, pantau waktu screen time anak setiap hari, dan kurangi jumlah waktu yang dihabiskan anak untuk bermain game guna membantu mereka mengurangi keinginan untuk bermain secara bertahap.

Ketika ada kontrol, anak-anak akhirnya akan belajar bagaimana mengatur waktu permainan mereka.

Untuk setiap aturan, buat juga konsekuensinya dan pastikan anak Anda mematuhinya.

Anda dapat membuat konsekuensi yang menyatakan, saat anak ketahuan bermain game di luar waktu permainan yang sudah dialokasikan, maka mereka akan kehilangan waktunya dua hari ke depan untuk bermain game. Ini akan membuat anak Anda cenderung tidak melanggar aturan.

Intinya, buatlah konsekuensi yang Anda anggap cocok dan bekerja namun tetap dalam batas wajar.

3. Buatlah rutinitas

Cara mengatasi kecanduan game online pada anak yang ketiga yaitu membuat rutinitas.

Jika Anda membutuhkan pendekatan yang lebih lunak tentang bagaimana cara menghentikan kecanduan game pada anak, cobalah untuk membuat rutinitas tertentu guna mendorong anak sibuk melakukan aktivitas lain selain bermain game.

Untuk memudahkannya, pastikan aktivitas yang Anda pilih menarik.

Anda dapat merancang daftar aktivitas mingguan anak yang berbeda-beda seperti bersepeda, bermain teka-teki, pergi tamasya, mencuci piring, atau membacakan Anda buku cerita. Buktikanlah pada anak Anda bahwa masih banyak hal seru yang bisa mereka lakukan selain bermain game.

Dengan mengembangkan rutinitas, itu akan membantu mengalihkan pikiran anak dari kebiasaan bermain game dan membangun kebiasaan yang lebih sehat.

Baca Juga: 3 Cara Meditasi untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

4. Jauhkan perangkat gaming dari kamar tidur atau area belajar anak

Cara mengatasi kecanduan game online pada anak yang keempat yaitu menjauhkan perangkat gaming dari kamar tidur atau area belajar anak.

Semakin jarang anak melihat perangkat gaming-nya, maka semakin kecil kemungkinan mereka tergoda untuk memainkannya.

Anda tentu tidak dapat menghentikan kecanduan anak terhadap game jika perangkat gamingnya saja masih diletakkan di tempat anak menghabiskan sebagian besar waktunya di sana.

Coba pindahkan perangkat gaming anak ke area pusat rumah atau area rumah yang terbuka seperti ruang tamu atau ruang keluarga alih-alih kamar tidur dan area belajar anak.

Tidak hanya mampu membantu mengurangi kebiasaan bermain game, menjauhkan perangkat gaming dari jangkauan anak juga akan membantu mereka untuk tidur lebih nyenyak di malam hari dan tetap fokus selama waktu belajar.

5. Pertimbangkan terapi perilaku kognitif

Cara mengatasi kecanduan game online pada anak yang kelima yaitu mempertimbangkan terapi perilaku kognitif.

Menurut WHO, bermain game secara kompulsif dapat menujukkan suatu kondisi kesehatan mental tertentu.

Saat Anda benar-benar merasa kewalahan dan tidak tahu lagi harus melakukan apa untuk mengatasi kecanduan anak terhadap game, maka jangan ragu untuk mengajak mereka melakukan terapi modifikasi perilaku.

Ini sebagai pilihan terakhir guna menghentikan kecanduan jika memang cara-cara sebelumnya tidak berhasil.

Itulah 5 cara mengatasi kecanduan game online pada anak. Moms, menghentikan kecanduan game pada anak tentu membutuhkan banyak usaha. Jadi, Anda harus benar-benar bersabar dan melakukannya dengan penuh pengertian jika ingin berhasil.

Supaya terasa sedikit ringan, libatkanlah pasangan Anda, anggota keluarga lain, atau teman dekat Anda untuk ikut membantu perjuangan Anda. Selain itu, Anda juga bisa berbicara dengan konselor di sekolah anak untuk membantu Anda mempelajari cara menghentikan kecanduan game pada anak dalam waktu singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News