M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

Amartha Digitalisasi 50.000 UMKM di Sumatra Barat

Amartha Digitalisasi 50.000 UMKM di Sumatra Barat
Reporter: Danielisa Putriadita  |  Editor: Danielisa Putriadita


MOMSMONEY.ID - PT Amartha Mikro Fintek, perusahaan mircrofinance marketplace yang menyediakan platform keuangan inklusif bagi pelaku usaha mikro, berhasil melakukan digitalisasi lebih dari 50.000 UMKM khusus wilayah Sumatera Barat melalui aplikasi AMartha+. 

Angka tersebut tumbuh signifikan dibanding 2021 yang baru menjangkau 10.000 UMKM lokal Sumatra Barat. Hal ini sekaligus menjadikan Sumatra Barat sebagai provinsi dengan adopsi digital tertinggi di seluruh wilayah operasional Amartha. 

Sebelumnya, aplikasi Amartha+ telah hadir di wilayah Sumatra sejak 2000. Dengan aplikasi ini, mitra UMKM binaan Amartha dapat memperluas layanannya, seperti pembayaran tagihan rumah tangga, pembelian pulsa dan voucher online, hingga pembayaran angsuran secara digital.

Dengan tambahan layanan ini, mitra UMKM dapat memperoleh pendapatan lebih besar dan memberikan akses layanan belanja digital di pedesaan.

Baca Juga: Simak 3 Cara Mengembangkan Usaha biar Sukses di 2023 dari PrismaLink

Aditya Pratomo, Senior Business Development Lead Amartha, menyampaikan dalam keterangan tertulis, Rabu (7/12), aplikasi Amartha+ telah terbukti memudahkan mitra UMKM untuk memperoleh pendapatan tambahan lewat layanan digital.

Mitra yang sebelumnya menjalankan usaha rumah makan, warung kelontong, warung kopi, dan lain-lain, kini bisa memberikan layanan pembayaran digital di desanya lewat aplikasi.

Pelanggan mereka tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor pelayanan lagi, karena pembayaran online bisa dilakukan di mitra binaan Amartha yang ada di desa. 

Jumlah transaksi di aplikasi Amartha+ juga menunjukan tren yang terus bertumbuh. Hingga Oktober 2022, transaksi di aplikasi Amartha+ tahun ini mencapai lebih dari 55 miliar rupiah di wilayah Sumatera.

Beberapa fitur yang menjadi kontributor transaksi tertinggi di aplikasi Amartha+ adalah fitur pembayaran angsuran mingguan dari mitra UMKM dan layanan pembelian digital, seperti pulsa, paket data, token listrik, dan lain-lain.

Untuk mendukung percepatan adopsi digital di kalangan UMKM, Amartha mengerahkan lebih dari 5.000 tenaga lapangan yang tersebar di seluruh wilayah operasional Amartha untuk memberikan edukasi literasi digital. 

Khusus di wilayah Sumatra Barat, Amartha mengadakan program #AyoPakeAmartha+, yang memberikan sosialisasi penggunaan Amartha+ di daerah Payakumbuh dan sekitarnya.

Digitalisasi UMKM sejalan dengan visi Amartha yakni menghadirkan kesejahteraan yang merata, karena lewat digitalisasi UMKM dapat mengembangkan skala usahanya dan menjadi lebih sejahtera.

Baca Juga: Begini Strategi Fintech P2P Lending Menghadapi Tahun 2023

Kinerja keuangan Amartha di Sumatra

Pertumbuhan signifikan di wilayah Sumatra juga dibuktikan dengan tingginya penyaluran modal bagi pelaku usaha mikro. Hingga Oktober 2022, Amartha telah menyalurkan lebih dari Rp 1,7 triliun permodalan bagi UMKM di wilayah Sumatra.

Penyaluran ini tumbuh lebih dari 2x lipat (YoY) di mana pada tahun 2021 lalu, dengan periode yang sama, penyaluran modal di wilayah Sumatra mencapai lebih dari Rp 800 miliar.

Lebih dari 337.000 mitra pelaku usaha mikro di wilayah Sumatra telah menerima permodalan dari Amartha, dan sepertiganya berada di Sumatra Barat.

Sektor yang paling banyak menerima permodalan adalah sektor perdagangan, porsinya mencapai lebih dari 60 persen. Kemudian disusul dengan sektor lainnya seperti pertanian, industri rumah tangga, dan sektor kerajinan.

UMKM berpotensi besar untuk dapat tumbuh jika dapat mengadopsi digitalisasi dan memberikan kemudahan transaksi dari desa. Namun, digitalisasi UMKM membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak agar dapat terakselerasi.

"Untuk itu, Amartha membuka peluang bekerja sama baik dengan perbankan, e-commerce, maupun pemerintahan setempat untuk bersama-sama mendukung akselerasi digitalisasi bagi UMKM Indonesia," kata Aditya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Ini Cerita di Balik Cita Rasa Bali yang Berhasil Raih Penghargaan Internasional

​Beberapa chef dan peracik minuman di The Apurva Kempinski Bali baru saja meraih penghargaan internasional​.

Harga Emas Berfluktuasi di atas US$ 4.100, Setelah Rebound Tiga Hari

Harga emas kemungkinan akan terkonsolidasi lebih lanjut sebelum kenaikan berikutnya pada tahun 2026.

Hasil Kumamoto Masters 2025, Dua Tunggal Putri Indonesia Melenggang ke Babak 16 Besar

Hasil Kumamoto Masters Japan 2025 Babak 32 Besar hari kedua Rabu (12/11), dua tunggal putri Indonesia melenggang ke babak selanjutnya.

Promo Alfamart Home Care 12-15 November 2025, Mama Lemon Mulai Rp 5.900 Saja!

Promo Alfamart Home Care periode 1-15 November 2025. Cek dan manfaatkan untuk belanja hemat kebutuhan rumah tangga.

Yuk Cicipi Ragam Makanan Dunia di SIAL Interfood 2025

​Pameran kuliner terbesar se-Asia Tenggara kembali hadir di Jakarta dengan berbagai kegiatan mulai dari demo masak hingga kompetisi kopi

Tips Desain Kamar Mandi Terjangkau dari IKEA

Membuat kamar mandi dengan lebih tertata bukan perkara yang mudah. Intip tips desain kamar mandi berikut dari IKEA. 

Masuk ke Dunia Wicked: For Good, Airbnb Ajak Tamu Menginap di Elphaba’s Retreat

Airbnb membuka pintu Elphaba's Retreat, mengundang para penggemar masuk ke dalam tempat persembunyian di hutan yang jadi ruang pribadi Elphaba.

Strategi Atasi DBD Tangerang, Libatkan Jumantik & 3M Plus

Pentingnya pencegahan DBD di Tangerang. Zurich Indonesia adakan kampanye edukasi, vaksinasi, dan pembentukan bank sampah. Pelajari selengkapnya.

Promo HokBen Hari Ayah Nasional 12-14 November, Paket Makan Berdua Hemat Cuma Rp 60K

HokBen hadirkan promo Hari Ayah Nasi mulai 12-14 November 2025. Nikmati paket makan berdua yang hemat hanya Rp 30.000-an per orang.

Promo Alfamart Kebutuhan Dapur 12-15 November 2025, Kewpie Mayonais Diskon Rp 13.600

Kebutuhan dapur habis? Ada promo Alfamart Kebutuhan Dapur yang bisa Anda manfaatkan. Berlaku sampai 15 November 2025.