M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

AirAsia Catat Frekuensi Penerbangannya Capai 3.281

AirAsia Catat Frekuensi Penerbangannya Capai 3.281
Reporter: Jane Aprilyani  |  Editor: Jane Aprilyani


MOMSMONEY.ID - AirAsia umumkan peningkatan signifikan pada frekuensi penerbangan domestik dan internasional. Yakni dengan 3.281 penerbangan mingguan sebagai grup melintasi 10 negara ASEAN untuk mendorong peningkatan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Pengumuman ini bertepatan dengan perayaan Hari ASEAN ke-57 yang diselenggarakan hari ini di AirAsia RedQ bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Malaysia (MOFA).

"Pada tahun 2023, AirAsia mengangkut lebih dari 61 juta tamu, dengan lebih dari 33 persen melakukan perjalanan melintasi ASEAN. Selama bertahun-tahun, maskapai ini telah menjadi kekuatan transformatif di ASEAN, mendemokratisasi perjalanan udara bagi jutaan orang dan mengungkap jalur-jalur baru serta destinasi unik,” ucap CEO Grup Penerbangan AirAsia, Bo Lingam dalam keterangan resminya.

Jejak operasional yang semakin luas, dengan hub utama di Malaysia, Thailand, Indonesia, Filipina, dan Kamboja, mencerminkan keyakinan AirAsia terhadap potensi persatuan dan kekuatan ASEAN sebagai blok ekonomi.

AirAsia kata Bo Lingam juga bangga memperjuangkan visi Masyarakat Ekonomi ASEAN untuk menciptakan pasar tunggal dan basis produksi. Ini akan membantu mengurangi biaya dengan memiliki standar yang sama: satu sistem kontrol lalu lintas udara, satu sistem teknik, open skies policy (perjanjian antara negara-negara yang bertujuan untuk meminimalkan atau menghapuskan pembatasan terhadap penerbangan internasional komersial antara negara-negara tersebut), dan kepemilikan bersama.

Baca Juga: AirAsia Buka Rute Terbang Langsung Jakarta Ke Bandar Seri Begawan Brunei

Sebagai maskapai yang benar-benar percaya untuk membawa dunia ke ASEAN dan ASEAN ke seluruh dunia, Bo Lingam optimis akan terus memperkuat kehadiran kami di kawasan dinamis yang menjadi rumah bagi lebih dari 700 juta orang.

"Kami berharap dapat memanfaatkan jaringan kami yang luas, peningkatan frekuensi, dan kemampuan operasional yang kuat di seluruh kawasan untuk memperkuat integrasi dan mendorong kerja sama yang lebih besar di antara negara-negara anggota, sehingga berkontribusi pada kawasan yang lebih saling terhubung," jelasnya.

Kedepannya, AirAsia menargetkan dapat menyambut 75 juta tamu tahun ini, dengan setengahnya diperkirakan berasal dari kawasan ASEAN.

Veranita Yosephine, Direktur Utama Indonesia AirAsia menambahkan bebijakan langit terbuka (Open Skies Policy) yang diadopsi oleh ASEAN memberikan peluang besar bagi maskapai penerbangan seperti AirAsia untuk memperluas jaringan dan menyediakan lebih banyak pilihan perjalanan yang terjangkau bagi masyarakat ASEAN.

"Dengan penambahan rute baru dan peningkatan frekuensi penerbangan, kami berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan mempererat hubungan antar negara di kawasan ini," ujar Veranita.

Indonesia AirAsia juga turut mengumumkan pembukaan rute yang menghubungkan lebih banyak negara ASEAN seperti rute Jakarta - Brunei Darussalam yang baru saja diresmikan penerbangan perdananya pada 2 Agustus lalu, Denpasar - Kota Kinabalu, Malaysia, Phuket, Thailand, Cairns, Australia yang juga akan diresmikan penerbangannya pada Agustus tahun ini. Penerbangan tersebut menjadi bukti dari komitmen Indonesia AirAsia untuk memperkuat jaringan dan menyediakan pilihan perjalanan yang lebih terjangkau di ASEAN.

Peningkatan frekuensi dan pembukaan rute ini diharapkan dapat meningkatkan pariwisata dengan menyediakan lebih banyak pilihan perjalanan dan fleksibilitas. Hal ini akan mendorong peningkatan kedatangan wisatawan, peningkatan ekonomi pada bisnis lokal, dan menciptakan lapangan kerja di sektor pariwisata.

Sejalan dengan ini, AirAsia MOVE menandatangani perjanjian kerja sama dengan ASEAN Tourism Association (ASEANTA) untuk mendukung produk langganan perjalanan khas AirAsia MOVE, ASEAN Explorer Pass yang diwakili oleh Eddy Krismeidi Soemawilaga, Presiden ASEAN Tourism Association (ASEANTA).

Diluncurkan awal tahun ini, ASEAN Explorer Pass adalah tiket perjalanan tahunan yang memungkinkan pelanggan menjelajahi seluruh kawasan ASEAN melalui jaringan penerbangan internasional AirAsia, menikmati diskon hotel serta konektivitas di darat melalui AirAsia Ride selama setahun penuh sejak tanggal berlangganan.

Baca Juga: Ini Dia, Hidden Gems di Hong Kong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Promo Tiket Nonton Agak Laen Menyala Pantiku di CGV & XXI Pakai BCA, Ada Cashback 50%

BCA hadirkan promo tiket Agak Laen Menyala Pantiku pakai QRIS myBCA dengan cashback 50%. Hanya berlaku di CGV dan XXI sampai 11 Desember saja.

8 Rekomendasi Sepatu Running dari Vans, Cocok Dipadukan dengan Berbagai OOTD!

Banyak orang mengira sepatu Vans hanya dipakai untuk outfit kasual, padahal ada beberapa rekomendasi sepatu laris dari Vans yang tak kalah menarik  

Cara Live Streaming Main Game di TikTok, Cocok untuk Main PUBG & Mobile Legends!

Cara live streaming main game di TikTok bisa jadi alternatif selain YouTube. TikTok sendiri punya lebih dari 1 miliar pengguna aktif.   

Katalog Promo Alfamart Gantung Periode 1-2 Desember 2025, Cek Sebelum Berakhir!

Manfaatkan Promo Alfamart Gantung Periode 26 November-2 Desember 2025 untuk belanja hemat selama musim gajian ini.

iQOO 15 HP Gaming yang Tawarkan Fitur Q3 Gaming Chip, Performa Gaming Makin Maksimal

iQOO 15 cukup bersaing dengan Realme GT 8 Pro di pasar HP Gaming. Gadget tersebut tawarkan Q3 Gaming Chip untuk hadirkan performa gaming terbaik.

Samsung Galaxy Z TriFold, Ponsel Lipat Tiga yang Bawa Layar 10 Inci Saat Dibuka

Samsung sudah merilis Galaxy Z Fold7, kini Samsung Galaxy Z TriFold sedang dipersiapkan. Smartphone lipat tiga ini akan segera diumumkan.

Promo A&W MonDeal Spesial Desember, 2 Aroma Chicken + Cheeseburger Mulai Rp 42.000

A&W hadirkan kembali promo MonDeal tiap Senin selama Desember 2025. Nikmati paket 2 Aroma Chicken dan 1 Cheeseburger mulai Rp 42.000 saja.

BPOM: Air Pegunungan dalam Label Air Minum bagi yang Punya Bukti Ilmiah dan Legal

BPOM menegaskan, air pegunungan dalam label air minum hanya diberikan kepada merek yang telah membuktikan sumber airnya secara ilmiah dan legal.

IHSG Dibuka Dengan Penguatan pada Senin Pagi (1/12), Simak Saham Top Gainersnya

IHSG pada Senin pagi, 1 Desember 2025, sempat naik ke level 8.553, dibanding penutupan sebelumnya di 8.508.

Ini Brand Kecantikan Favorit Pilihan Konsumen Sociolla

Berikut ini brand kecantikan favorit pilihan konsumen Sociolla mulai skincare, hair care, hingga fragrance.