Keluarga

Ada Stroberi, Ini 6 Makanan Sehat yang Ternyata Bisa Menyebabkan Jerawat

Ada Stroberi, Ini 6 Makanan Sehat yang Ternyata Bisa Menyebabkan Jerawat

MOMSMONEY.ID - Inilah 6 makanan sehat yang ternyata bisa menyebabkan jerawat. Simak sampai akhir.

Dalam merawat kulit, sebaiknya Anda tidak hanya fokus menggunakan skincare. Pasalnya, kulit juga butuh perawatan dari dalam.

Selain olahraga, perawatan kulit dari dalam juga melibatkan pola makan sehat. Jadi, pastikan Anda mengutamakan makanan sehat untuk dikonsumsi setiap hari apabila menginginkan kulit yang sehat dan bersih dari jerawat.

Dari banyaknya makanan sehat yang ada, ternyata beberapa di antaranya secara mengejutkan bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih makanan yang akan Anda konsumsi walaupun makanan tersebut sudah terbukti sehat, apalagi jika kulit Anda mudah berjerawat.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Orang Manipulatif dengan Tepat biar Tidak Terpengaruh

Lalu, makanan apa saja yang termasuk? Melansir Business Insider, berikut 6 makanan sehat yang ternyata bisa menyebabkan jerawat.

1. Kedelai

Kacang kedelai

Terlepas dari manfaatnya yang melimpah, faktanya kedelai termasuk makanan sehat yang ternyata bisa menyebabkan jerawat.

Kedelai dapat menimbulkan kerusakan pada kulit jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau jika berasal dari sumber yang tidak terverifikasi. Menurut Time, 90% tanaman kedelai di dunia telah dimodifikasi atau direkayasa secara genetik.

Adapun mengonsumsi kedelai dalam jumlah banyak atau berasal dari sumber yang tidak terverifikasi dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang berujung pada jerawat, kemerahan, dan kerutan, terutama pada perempuan.

2. Kacang-kacangan

Jenis Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan sehat yang ternyata bisa menyebabkan jerawat, lho. Kendati kebanyakan diet merekomendasikan kacang-kacangan dalam jumlah besar, tapi jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, kulit Anda pun akan menanggung akibatnya.

Pola makan yang kaya asam lemak esensial omega-3 dan omega-6 memang bagus. Namun, beberapa kacang-kacangan cenderung meningkatkan rasio asam omega-6 melebihi tingkat peradangannya.

Terlalu banyak asam omega-6 dalam tubuh dapat menyebabkan jerawat dan kemerahan. Adapun kacang-kacangan yang dimaksud termasuk kenari, kacang pinus, dan almond.

3. Udang

Masak udang

Makanan sehat yang ternyata bisa menyebabkan jerawat selanjutnya adalah udang. Sama seperti kerang, udang juga mengandung yodium yang tinggi.

Meskipun rendah kalori, kandungan yodium yang tinggi dalam udang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat, menurut Women’s Health.

Jika Anda ingin mempertahankan pola makan ramah ikan, cobalah makanan laut dengan kadar asam lemak omega yang sehat, seperti salmon. Ini tidak akan menghancurkan kulit maupun merusak pola makan Anda.

Baca Juga: Ternyata Marry My Husband Ceritakan soal Frenemy, Apa Itu?

4. Sereal

Aneka sereal cereal

Ada sereal sebagai makanan sehat yang ternyata bisa menyebabkan jerawat. Tidak sedikit produk sereal di pasaran yang memiliki indeks glikemik tinggi (skala yang mengukur kadar insulin dan gula darah).

Menurut Livestrong, semakin tinggi indeks glikemik dalam sereal, maka semakin tinggi pula kemungkinannya menyebabkan jerawat dan kerutan.

Untuk menghindari jerawat, pastikan Anda memeriksa komposisi sereal favorit Anda. Jika indeks glikemiknya tinggi, Anda bisa mencoba oat atau quinoa sebagai pengganti.

5. Susu

susu sapi

Produk susu memang penting, karena mampu memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan untuk memperkuat tulang. Meskipun begitu, susu mengandung hormon testosteron yang tinggi, menurut WebMD.

Faktanya, kadar hormon testosteron yang tinggi dapat merangsang kelenjar untuk memproduksi minyak berlebih. Artinya, kemungkinan timbulnya jerawat pun semakin tinggi, terutama bagi orang-orang yang memiliki kulit berminyak.

Guna mencegah jerawat, sebaiknya Anda mulai meminimalkan produk susu dengan tidak mengonsumsi susu utuh atau krim kental. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan tinggi kalsium dari sumber yang lebih kaya nutrisi seperti kangkung dan brokoli.

6. Stroberi

Stroberi

Stroberi adalah makanan sehat yang ternyata bisa menyebabkan jerawat terakhir dalam daftar ini. Stroberi memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, menurut Essential Remedies. Tentu, ini merupakan hal yang baik untuk mencerahkan dan memperpanjang umur kulit.

Di sisi lain, kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam stroberi dapat menyebabkan kambuhnya kulit, kemerahan, dan iritasi pada individu tertentu, terutama di area sekitar hidung dan mulut.

Seperti halnya semua makanan, perhatikan bagaimana tubuh dan kulit Anda bereaksi terhadap konsumsi stroberi. Apabila kulit Anda sensitif dan rentan berjerawat, ada baiknya Anda mengonsumsi stroberi sesedikit mungkin.

Itulah 6 makanan sehat yang ternyata bisa menyebabkan jerawat. Mengejutkan sekali kan, Moms?

Selanjutnya: Rincian Gaji PPPK Golongan IX dan Tunjangannya di Instansi Pusat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News