Keluarga

Ada Bawang Putih, Ini 8 Makanan Anti Kanker Terbaik yang Patut Anda Konsumsi

Ada Bawang Putih, Ini 8 Makanan Anti Kanker Terbaik yang Patut Anda Konsumsi

MOMSMONEY.ID - Inilah 8 makanan anti kanker terbaik yang patut Anda konsumsi.

Pola makan anti kanker merupakan strategi penting yang dapat Anda terapkan untuk mengurangi risiko kanker. American Cancer Society menyarankan untuk mengikuti Pedoman Diet AS, yaitu mengonsumsi setidaknya 2½ hingga 3 cangkir sayuran dan 1½ hingga 2 cangkir buah setiap hari (total sekitar lima porsi) untuk mengurangi risiko kanker. 

Sebuah studi observasional yang diikuti 100.000 orang selama 30 tahun mendukung rekomendasi tersebut, dengan menemukan bahwa hal tersebut dapat mengurangi risiko kematian akibat kanker serta penyakit kardiovaskular dan pernapasan.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa makanan tertentu yang mencegah kanker mungkin merupakan bagian penting dari diet anti kanker. Lalu, apa saja makanan yang termasuk?

Baca Juga: Datangkan Rasa Sedih, Ini 5 Efek Kurang Makan Buah dan Sayur bagi Tubuh

Melansir Everyday Health, berikut 8 makanan anti kanker terbaik yang patut Anda konsumsi mulai dari bawang putih hingga biji-bijian utuh.

1. Bawang putih

Makanan anti kanker terbaik yang pertama adalah bawang putih.

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih merupakan makanan yang dapat melawan kanker. Beberapa penelitian besar telah menemukan bahwa orang-orang yang makan lebih banyak bawang putih cenderung tidak mengembangkan berbagai jenis kanker, terutama pada organ pencernaan seperti kerongkongan, lambung, dan usus besar.

Kandungan bawang putih yang berbau tajam dapat mencegah zat penyebab kanker dalam tubuh bekerja dan mencegah sel kanker berkembang biak. Para ahli tidak tahu berapa banyak yang perlu Anda konsumsi untuk mencegah kanker, tetapi satu siung bawang putih sehari mungkin bermanfaat. 

2. Tomat

Makanan anti kanker terbaik yang kedua adalah tomat.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa tomat dapat membantu melindungi pria dari kanker prostat. Buah merah yang berair ini dapat membantu menjaga DNA dalam sel tubuh dari kerusakan yang bisa menyebabkan kanker.

Tomat mengandung konsentrasi antioksidan efektif yang sangat tinggi bernama likopen. Adapun tubuh dapat menyerap likopen dengan sangat baik dari makanan olahan tomat seperti saus.

3. Buah beri

Makanan anti kanker terbaik yang ketiga adalah buah beri.

Beri merupakan buah penangkal kanker yang tak perlu diragukan lagi khasiatnya. Berkat antioksidannya yang sangat kuat, buah beri mampu menghentikan proses alami dalam tubuh yang menciptakan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel sehat.

Senyawa dalam buah beri juga dapat membantu mencegah kanker tumbuh atau menyebar. Jadi, konsumsilah segenggam blueberry, blackberry, stroberi, atau buah beri apapun setiap hari untuk mendapatkan manfaat anti kanker.

4. Anggur

Makanan anti kanker terbaik yang keempat adalah anggur.

Kulit anggur merah merupakan sumber antioksidan yang sangat kaya bernama resveratrol. Jus anggur dan anggur merah juga mengandung antioksidan jenis ini.

Penelitian menunjukkan bahwa resveratrol mungkin bermanfaat dalam mencegah kanker tumbuh atau menyebar. Studi laboratorium telah menemukan bahwa resveratrol mampu membatasi pertumbuhan berbagai jenis sel kanker.

Baca Juga: Ampuh Turunkan Kolesterol, 5 Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Setiap Hari

5. Sayuran berdaun hijau

Makanan anti kanker terbaik yang kelima adalah sayuran berdaun hijau.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan selada merupakan sumber antioksidan beta-karoten sekaligus lutein yang baik. Nutrisi ini juga dapat Anda temukan dalam sawi hijau dan kangkung. Menurut American Institute for Cancer Research, beberapa penelitian laboratorium menemukan bahwa bahan kimia dalam sayuran berdaun hijau dapat membatasi pertumbuhan beberapa jenis sel kanker.

6. Kunyit

Makanan anti kanker terbaik yang keenam adalah kunyit.

Kunyit mengandung suatu zat bernama kurkumin yang mungkin bermanfaat dalam mengurangi risiko kanker.

Menurut National Cancer Institute, kurkumin dapat menghambat beberapa jenis sel kanker dalam penelitian laboratorium dan memperlambat penyebaran kanker atau mengecilkan tumor pada beberapa hewan.

7. Sayuran silangan

Makanan anti kanker terbaik yang ketujuh adalah sayuran silangan.

Para peneliti telah menemukan bahwa komponen dalam sayuran silangan seperti brokoli, kubis, dan kembang kol dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak DNA sel.

Sayuran silangan juga dapat melindungi tubuh dari bahan kimia penyebab kanker, membantu memperlambat pertumbuhan tumor, dan mendorong sel kanker untuk mati.

8. Biji-bijian utuh

Makanan anti kanker terbaik yang terakhir adalah biji-bijian utuh.

Menurut American Institute for Cancer Research, biji-bijian utuh mengandung banyak komponen yang dapat menurunkan risiko kanker, termasuk serat dan antioksidan. Sebuah penelitian besar yang melibatkan hampir setengah juta orang menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak biji-bijian utuh dapat menurunkan risiko kanker kolorektal.

Oatmeal, barley, beras merah, roti, serta pasta gandum utuh merupakan contoh biji-bijian utuh yang bisa Anda jadikan pilihan.

Demikian 8 makanan anti kanker terbaik yang patut Anda konsumsi. Jangan lupa dicatat, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News