Santai

9 Kesalahan Berkebun di Sore Hari yang Tidak Boleh Dilakukan

9 Kesalahan Berkebun di Sore Hari yang Tidak Boleh Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Pada umumnya berkebun dilakukan pada pagi dan sore hari. Ternyata ada kesalahan berkebun di sore hari yang tidak boleh dilakukan. 

Kesalahan berkebun di sore hari ini sering kali dilakukan oleh para pemilik tanaman. Untuk menghindari hal-hal yang tidak boleh dilakukan, simak artikel ini. 

Tips berikut ini akan memberikan informasi mengenai kesalahan berkebun di sore hari yang tidak boleh dilakukan. 

Baca Juga: 7 Pupuk Alami untuk Anggrek yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

1. Hindari Menyiram Tanaman

semprot tanaman

Menyiram tanaman kebun Anda di sore hari, terutama di musim panas, bukanlah ide yang baik, karena matahari sedang berada pada puncaknya, dan air akan segera menguap dan tidak terserap oleh akar dan tanah. 

Mengikuti jadwal pagi hari adalah cara terbaik untuk menyiram!

2. Jangan Menanam atau Transplantasi

Tugas menanam atau merepoting paling baik dilakukan pada sore atau pagi hari untuk menyelamatkan tanaman dari guncangan dan stres saat tanam. 

Melakukan hal yang sama di sore hari akan membuat mereka terkena panas terik, sehingga membuat mereka mengalami syok.

Jika memungkinkan, transplantasi paling baik dilakukan pada hari berawan dengan suasana sejuk dan lembab, yang membantu menyediakan waktu yang cukup untuk beradaptasi dan berkembang.

3. Jangan Memangkas

Pemangkasan memerlukan banyak perhatian dalam menjaga bentuk, keindahan, dan kesehatan tanaman. Sebaiknya Anda tidak melakukan tugas ini pada sore hari karena luka baru pada tanaman akan terkena panas terik. 

Baca Juga: Daftar 10 Tanaman Dalam Ruangan yang Bisa Berubah Warna

Tip ini lebih berlaku untuk iklim panas dan bebas embun beku. Lakukan tugas ini di pagi atau sore hari.

4. Hindari Mengambil Stek untuk Diperbanyak

Mengambil stek di bawah sinar matahari sore bukanlah ide yang baik karena tanaman tidak memiliki kelembapan selama cuaca sangat panas. 

Selain itu, setelah Anda memotongnya, panasnya akan mempercepat proses layu, sehingga mengurangi kemungkinan perkembangbiakannya.

Selalu perbanyak tanaman pada pagi atau sore hari. Hal yang sama juga berlaku untuk divisi.

5. Tidak Perlu Beri Pupuk

Pemberian pupuk yang larut dalam air paling baik dilakukan pada pagi atau sore hari, karena tidak ada sinar matahari pada waktu-waktu tersebut. Memberi makan tanaman di cuaca yang sangat panas akan lebih merugikan daripada menguntungkan.

Jika Anda menggunakan pupuk cair, sebagian besar akan menguap di bawah sinar matahari, sehingga produknya terbuang sia-sia.

6. Jangan Gunakan Pestisida

Penggunaan pestisida yang mengandung minyak pada sore hari dapat mendorong risiko fototoksisitas.

Sebagian besar pestisida dan fungisida kimia juga akan menguap jika terkena panas. Selain itu, karena penyerbuk paling aktif pada siang hari, penyemprotan pestisida pada waktu ini juga akan merugikan mereka.

7. Hindari Memotong Sisa Bunga

Memotong sisa bunga dan daun bisa menjadi tugas yang melelahkan, terutama jika Anda tinggal di daerah beriklim hangat. 

Luka juga akan terkena panas terik matahari yang dapat merusak batang. Selain itu, jika Anda memetik bunga potong, ini bukan waktu yang ideal.

Baca Juga: Daftar Bunga yang Tumbuh Subur di Bulan Agustus untuk Dirawat di Rumah

8. Penyiangan

Tanah di sekitar tanaman bisa menjadi sangat keras karena sinar matahari yang terik, sehingga sulit untuk menghilangkan gulma, dan juga dapat merusak akar tanaman di dekatnya. 

Yang terbaik adalah menyiangi kebun tepat setelah Anda menyiram tanaman di pagi atau sore hari.

9. Memanen Jamu

Minyak atsiri dalam herba tidak mencapai puncaknya pada sore hari, jadi hindari memanen daunnya jika Anda menginginkan rasa yang luar biasa. 

Waktu terbaik untuk memanen herba adalah di pagi hari, tepat sebelum embun mengering, untuk mendapatkan rasa dan rasa terbaik!

Jadi, itulah beberapa kesalahan berkebun di sore hari yang tidak boleh dilakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News