Bugar

9 Buah Terbaik untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes, Kiwi Salah satunya

 9 Buah Terbaik untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes, Kiwi Salah satunya

MOMSMONEY.ID - Penderita diabetes wajib tahu. Ada deretan buah terbaik untuk dikonsumsi penderita diabetes.  

Penderita diabetes sering kali merasa harus membatasi konsumsi buah karena kandungan gula alami yang dimilikinya. Namun, banyak buah yang sebenarnya aman dan bermanfaat bagi penderita diabetes, terutama jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat.

Buah-buahan ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Melansir dari laman Everyday Health, inilah buah terbaik untuk dikonsumsi penderita diabetes:

1. Buah Beri

Buah beri seperti blueberry dan stroberi adalah camilan segar yang penuh dengan antioksidan dan serat. Menurut American Diabetes Association (ADA), buah beri termasuk makanan super untuk penderita diabetes karena kandungan nutrisinya.

Satu cangkir blueberry segar mengandung sekitar 84 kalori dan 21 gram karbohidrat. Buah beri sangat enak jika dikombinasikan dengan yogurt tanpa lemak sebagai sarapan atau makanan penutup.

Baca Juga: Catat Daftarnya! Ini Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

2. Ceri Tart

Ceri tart kaya akan antioksidan yang membantu melawan peradangan. Satu cangkir ceri tart mengandung 52 kalori dan 12,6 gram karbohidrat. Buah ini bisa dikonsumsi dalam bentuk segar, beku, atau kering.

Namun, hindari ceri kalengan yang mengandung gula tambahan. Jika memilih ceri kering, pastikan memilih yang tanpa tambahan gula dan batasi konsumsinya karena lebih padat kalori.

3. Persik

Persik adalah buah yang manis dan rendah kalori. Satu buah persik sedang memiliki 59 kalori dan 14 gram karbohidrat. Persik juga kaya akan vitamin C dan kalium, yang membantu menormalkan kadar cairan dalam tubuh.

Anda bisa menikmati persik segar atau mencampurnya dalam smoothie dengan buttermilk rendah lemak dan es.

Baca Juga: Khasiat Makan Buah Nanas Bisa Bantu Obati Penyakit Ini, Apa Saja ya?

4. Aprikot

Aprikot adalah buah kecil yang kaya serat dan rendah karbohidrat, menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Satu buah aprikot hanya mengandung 17 kalori dan 4 gram karbohidrat.

Empat buah aprikot kecil dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin A. Aprikot segar sangat cocok dicampur dalam sereal atau salad.

5. Apel

Apel adalah camilan praktis yang mudah dibawa dan cocok untuk penderita diabetes. Satu apel ukuran sedang mengandung 95 kalori dan 25 gram karbohidrat.

Apel juga tinggi serat (sekitar 4 gram per buah) dan menyediakan vitamin C. Pastikan untuk makan apel beserta kulitnya, karena kulitnya mengandung serat dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Diabetes pada Wanita, Salah Satunya Miss V Kering

6. Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya vitamin C. Satu jeruk sedang mengandung 63 mg vitamin C, yang hampir memenuhi kebutuhan harian. Jeruk juga mengandung 16 gram karbohidrat dan 65 kalori.

Selain vitamin C, jeruk juga mengandung folat dan kalium, yang dapat membantu menormalkan tekanan darah.

7. Pir

Pir adalah sumber serat yang sangat baik. Satu pir ukuran sedang mengandung sekitar 5,5 gram serat. Pir juga mudah disimpan dan semakin matang setelah dipetik.

Untuk menambah variasi, pir bisa diiris dan dimasukkan ke dalam salad bayam.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Normal Usia 60 Tahun, Cek di Sini!

8. Kiwi

Kiwi mengandung banyak vitamin C, kalium, dan serat. Satu buah kiwi memiliki sekitar 48 kalori dan 11 gram karbohidrat.

Buah ini tersedia sepanjang tahun dan dapat disimpan di lemari es hingga seminggu. Kiwi merupakan pilihan cerdas untuk penderita diabetes karena rendah karbohidrat dan kaya nutrisi.

Itulah beberapa pilihan buah terbaik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Bahlil Minta Smelter Nikel di Weda Bay Gunakan Pembangkit EBT Mulai 2025

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News