Santai

11 Tips Bikin Awet Baterai Laptop, Begini Cara Memperpanjang Umur Baterai

11 Tips Bikin Awet Baterai Laptop, Begini Cara Memperpanjang Umur Baterai

MOMSMONEY.ID - Baterai laptop sama seperti baterai HP yang bisa cepat rusak. Anda perlu menyimak tips bikin awet baterai laptop dengan mudah.

Memperpanjang umur baterai laptop sangatlah penting agar laptop tidak mudah rusak. Penting juga untuk menggunakan pengaturan baterai yang paling efisien. 

Lalu bagaimana tips bikin awet baterai laptop? Anda dapat menyimak tipsnya di artikel ini. 

Baca Juga: Cara Menjaga Baterai Laptop Tetap Sehat dan Awet, Ikuti 8 Tips Ini

Mengutip Alphr.com, berikut ini tips bikin awet baterai laptop. 

1. Matikan Layar

Layar atau tampilan Anda menghabiskan sebagian besar baterai laptop. Ini karena ia mengandalkan lampu latar untuk menerangi piksel. Jika Anda mematikan layar, Anda mematikan lampu latar dan mengurangi konsumsi baterai monitor secara keseluruhan.

Selain itu, saat Anda mematikan layar, komputer tidak lagi memerlukan daya untuk merender gambar, sehingga memperpanjang masa pakai baterai. Anda bahkan dapat meredupkan layar menggunakan tombol kecerahan pada keyboard komputer Anda saat Anda berada di lingkungan dengan pencahayaan redup.

2. Perbaru Driver dan Firmware

Memperbarui driver dan firmware sering kali memberikan pengoptimalan yang memungkinkan komponen perangkat keras Anda bekerja lebih efisien, sehingga mengurangi pengurasan daya akibat bug. 

Biasanya Anda bisa mendapatkan pembaruan firmware dari situs produsen. 

3. Kalibrasi Baterai 

Baterai habis

Saat Anda mengkalibrasi baterai, Anda akan mendapatkan peningkatan akurasi pembacaan tampilan persentase baterai. Ini akan berguna, memberi tahu Anda kapan harus mengurangi sumber daya atau mengambil tindakan lain untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Untuk mengkalibrasi baterai Anda, biarkan baterai menyala dari 100% hingga hampir kosong, lalu isi daya kembali hingga penuh. Meteran akan mengetahui berapa lama baterai sebenarnya bertahan dan menyesuaikannya kembali.

Terkadang, pabrikan Anda mungkin menyertakan alat kalibrasi, yang juga merupakan pilihan bagus.

Baca Juga: Ini 8 Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi dengan Baik

4. Nyalakan Penghemat Daya 

Saat Anda mengaktifkan penghemat daya atau penghemat baterai, seperti yang disebut di beberapa komputer, Anda memperpanjang masa pakai baterai dengan mengurangi konsumsi daya komputer secara keseluruhan.

5. Sesuaikan Pengaturan Daya 

Komputer Anda mungkin disetel ke mode kinerja terbaik. Ini akan menghabiskan banyak daya dan paling tidak efisien dalam masa pakai baterai. Anda harus memilih rencana daya yang lebih efisien.

6. Matikan Bluetooth dan WiFi 

Biasanya, Bluetooth dan WiFi Anda diaktifkan secara default. Meskipun penting jika Anda aktif menjelajahi internet atau mengirim file melalui Bluetooth, namun jika tidak, hal ini mungkin hanya membuang-buang daya baterai.

7. Matikan Proses Latar Belakang yang Tidak Digunakan

Beberapa proses akan berjalan secara default di komputer Anda. Meskipun beberapa mungkin merupakan bagian integral dari berfungsinya komputer, yang lain dapat dimatikan untuk menghemat masa pakai baterai tanpa kerugian apa pun.

Baca Juga: Ini 9 Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tahan Lama dan Awet

8. Nonaktifkan Lampur Latar Keyboard 

Beberapa komputer memiliki keyboard dengan lampu latar. Meskipun bagus untuk mengetik di malam hari atau di lingkungan gelap, ini juga menghabiskan banyak sumber daya dan akan menguras baterai Anda lebih cepat. 

Anda harus mematikan pengaturan ini di komputer Anda. Di beberapa perangkat, Anda dapat mematikannya dengan sakelar atau tombol pada keyboard.

9. Putuskan Sambungan 

Ini mungkin tidak selalu terlihat jelas, tetapi periferal juga menguras baterai Anda. Hal ini karena, dalam banyak kasus, mereka mengambil daya dari komputer untuk dijalankan ketika Anda menghubungkannya. 

Beberapa contohnya mungkin drive eksternal, disk, atau bahkan mouse Anda. Jika Anda ingin memperpanjang masa pakai baterai di alam liar, putuskan sambungannya.

10. Gunakan Laptop Sebisa Mungkin

Menggunakan komputer Anda di bawah naungan adalah cara penting untuk memperpanjang masa pakai baterai karena ini memastikan Anda tidak perlu meningkatkan kecerahan layar untuk melihat monitor Anda dengan baik.

Selain itu, ini memastikan Anda mendapatkan suhu lingkungan yang rendah. Lingkungan yang lebih panas dapat memaksa sistem pendingin bekerja lebih keras sehingga mengakibatkan penggunaan daya lebih besar. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Baterai Laptop Boros dengan 6 Langkah Mudah

Tirai dapat membantu menjaga laptop Anda tetap dingin, mengurangi kebutuhan akan penggunaan kipas yang intensif, dan menghemat masa pakai baterai.

11. Gunakan Power Bank

Terakhir, Anda harus mempertimbangkan untuk membawa bank daya. Dengan cara ini, Anda tidak memerlukan pengisi daya atau sumber listrik permanen untuk memberi daya pada laptop Anda. 

Nah, itulah tips bikin awet baterai laptop. Anda dapat menyimak tipsnya untuk memperpanjang umur baterai Anda.

Selanjutnya: Proyek KSO Milik Waskita Masuk Daftar Hitam Kementerian ESDM, Ini Kata Kemenko Marves

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News