Keluarga

8 Tanda Bahwa Pasanganmu Seseorang yang Manipulatif, Berhati-hatilah!

8 Tanda Bahwa Pasanganmu Seseorang yang Manipulatif, Berhati-hatilah!

MOMSMONEY.ID - Manipulasi kerap terjadi dalam berberapa jenis hubungan. Sayangnya, teknik manipulasi dapat membahayakan orang lain yang berada dalam pengaruhnya.

Seorang manipulator selalu bisa dengan segala cara berusaha mendapatkan apa yang diinginkannya. Jadi jika Anda tak ingin terpengaruh oleh manipulasi, Anda harus bisa menetapkan batasan yang jelas agar tak dikendalikan oleh seorang manipulator.

Namun berhati-hatilah, sebab bisa jadi seorang manipulator tersebut adalah pasangan Anda sendiri.

Berikut ini MomsMoney hadirkan aneka tanda bahwa pasanganmu seseorang yang manipulatif, ini dia.

Baca Juga: 6 Tipe Kepribadian Pria yang Bikin Susah Dapat Pasangan, Bikin Ilfeel Wanita!

Melakukan love bombing

Tips tetap romantis bersama pasangan

Seorang manipulator kerap menyuguhkan pasangannya dengan aneka love bombing, karisma, hadiah, hingga beragam pujian berlebihan untuk mendapatkan kepercayaan Anda & membangun kendali emosional atas diri Anda.

Ketika Anda telah terbiasa dipuji oleh pasangan, maka ia tak segan-segan merebut apa yang berharga di diri Anda. Membuat Anda menjadi sungkan untuk menolak permintaannya.

Perilaku pastif-agresif

Salah satu tanda bahwa pasanganmu seseorang yang manipulatif adalah jika ia berperilaku pasif-agresif.

Perilaku pasif-agresif meliputi sarkasme dalam komunikasi, menghindari diskusi topik tertentu, terlalu dramatis, hingga menggunakan reaksi emosional yang tidak dewasa untuk memancing emosi Anda seperti contohnya tiba-tiba marah hanya agar ia ditanyakan kabarnya.

Baca Juga: Hati-Hati! Terlalu Sayang Bisa Jadi Love Bombing, Apa Saja Tandanya?

Perilaku gaslighting

Gaslighting merupakan tanda manipulasi yang bisa saja ada pada perilaku pasangan Anda. Jika ya, maka dapat dipastikan pasanganmu adalah seorang manipulator handal.

Dikutip dari Very Well Mind, pasanganmu bisa saja berbohong & malah berbalik menyerang Anda sehingga Anda merasa bersalah kepadanya.

Seseorang yang membuat Anda merasa bahwa diri Anda tidak layak untuknya, merupakan seseorang yang tengah melakukan gaslighting kepada Anda.

Sayangnya, orang yang tengah dalam pengaruh gaslighting kerap tidak sadar bahwa dirinya sedang dimanipulasi. Maka penting untuk selalu bisa mengendalikan diri & pikiran agar terhindar dari orang-orang yang manipulatif.

Baca Juga: 6 Tanda Kebosanan yang Mengancam Hubungan Rumah Tangga, Pasutri Wajib Berhati-hati

tanda bahwa pasanganmu seseorang yang manipulatif

Humor yang kejam

Dikutip dari WebMD, tanda bahwa pasanganmu seseorang yang manipulatif adalah jika ia sering mengejek kelemahan Anda dalam bentuk bercanda atau humor. Tentu siapapun tidak akan merasa nyaman ketika mendengar candaan kejam seperti ini.

Anda merasa harus selalu meminta maaf

Mengutip Mind Body Green, tanda bahwa pasanganmu seseorang yang manipulatif adalah jika Anda merasa harus selalu meminta maaf atas seluruh kejadian, bahkan meski ini bukan kesalahan Anda sendiri.

“Jika Anda merasakan tekanan untuk terus-menerus membenarkan setiap keputusan besar dan kecil, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang dimanipulasi,” ujar psikolog Anniaraja.

Baca Juga: Patut Disimak, Ini 7 Nasihat Pernikahan dari Mereka yang Telah Bercerai

Sering meremehkan

Memiliki ekspektasi terhadap pasangan kadang dirasakan banyak orang. Sayangnya, seorang manipulator tak akan menyukai hal tersebut.

Contohnya apabila Anda ingin merayakan ulang tahun pernikahan/hari jadi, namun pasangan Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan. Alih-alih membuat Anda bahagia di hari spesial, mereka justru akan membalikkan keadaan dengan meremehkan perasaan Anda.

pasangan romantis

Membuat Anda kehilangan teman

Pasangan yang manipulatif akan mengontrol siapapun yang Anda temui, sehingga Anda akan merasa tak memiliki teman kecuali dirinya.

Baca Juga: 5 Tanda Anda Punya Pasangan Red Flags, Awas Terjebak Cinta Buta

Silent treatment

Silent treatment adalah sebuah bentuk hukuman dimana seorang manipulator akan berhenti berbicara/berkomunikasi dengan Anda jika mereka tidak senang akan sesuatu.

Mereka akan terus mendiamkan Anda hingga Anda menuruti apa yang diinginkannya.

Ketidakseimbangan relasi kekuasaan dalam hubungan percintaan merupakan salah satu tanda manipulasi yang bisa jadi ada pada pasangan Anda.

Itu dia aneka tanda bahwa pasanganmu seseorang yang manipulatif. Waspadai tanda-tanda di atas & jauhkan diri Anda dari serangan mental yang diperbuat seorang manipulator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News