Santai

8 Manfaat Philodendron dalam Ruangan, Bisa Menambah Keindahan Rumah

8 Manfaat Philodendron dalam Ruangan, Bisa Menambah Keindahan Rumah

MOMSMONEY.ID - Philodendron merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki banyak manfaatnya. Ada beberapa manfaat philodendron dalam ruangan. 

Manfaat philodendron dalam ruangan dapat Anda simak di artikel ini. Salah satu manfaat philodendron dalam ruangan yaitu meningkatkan kualitas udara. 

Lalu, apalagi manfaat philodendron dalam ruangan? Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini manfaat philodendron dalam ruangan. 

Baca Juga: Tambah Jaringan Rumah Sakit, Medikaloka Hermina (HEAL) Yakin Target Bisnis Tercapai

1. Meningkatkan Kualitas Udara

Artikel Universitas Florida menyatakan bahwa tanaman dalam ruangan meningkatkan kualitas udara. Ini adalah tanaman yang sangat baik untuk menghilangkan formaldehida, toluena, trikloretilen, dan xilena dari udara dalam ruangan, bersama dengan beberapa VOC lainnya.

Anda dapat menanam philodendron berdaun besar karena daunnya yang besar dan mengkilap tampak bagus sekaligus membersihkan polutan berbahaya dari udara sekaligus meningkatkan kadar oksigen.

2. Perawatan Rendah 

Philodendron Erubescens

Varietas genus tanaman hias besar ini hanya memerlukan perawatan dasar sepanjang tahun. Jagalah agar tanah sedikit lembab dan letakkan di tempat yang mendapat cahaya terang tidak langsung. Anda juga tidak perlu banyak memangkasnya, atau perlu menanamnya kembali setiap tahun.

3. Mudah Beradaptasi di Alam 

Kebanyakan tanaman hias tidak akan merasa tenang ketika Anda memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain dan mengambil waktu yang tepat untuk beradaptasi, menjadi pucat dan menghambat pertumbuhannya dalam prosesnya.

Philodendron tidak keberatan jika Anda menggesernya. Mereka beradaptasi dengan baik di lokasi teduh ketika dipindahkan dari area luar ruangan.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Indoor Terbaik untuk Setiap Ruangan di Rumah

Tanaman ini tahan terhadap sebagian besar kondisi cahaya kecuali sinar matahari langsung dan bintik gelap yang tidak menerima cahaya tidak langsung. Mereka tumbuh subur dalam cahaya terfilter terang yang masuk melalui tirai tipis. Anda dapat menanam philodendron di ruangan mana pun di mana Anda dapat membaca buku tanpa cahaya buatan.

4. Dapat Ditumbuhkan di Air 

Satu lagi manfaat philodendron adalah Anda dapat menanam tanaman hias cantik ini di air tanpa membuat tanah berantakan. Tanaman merambat yang tertinggal terlihat cantik dalam vas dan stoples transparan, menjadi tambahan yang bagus untuk bagian tengah meja.

5. Meningkatkan Kelembapan dan Mengurangi Udara Kering di Rumah

Udara kering di rumah dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan—philodendron memiliki tingkat transpirasi yang baik dan dapat ditingkatkan dengan menyemprotkan sedikit daunnya seminggu sekali.

Philodendron juga hebat dalam menyerap bahan kimia berbahaya dari udara.

Baca Juga: Ide Tanaman Hias yang Cocok untuk Lebaran, Bisa Jadi Hampers Menarik

6. Salah satu tanaman dengan cahaya rendah terbaik

Philodendron Heartleaf dapat menjadi tambahan yang efektif dan indah untuk ruangan mana pun dengan cahaya redup karena dapat bertahan dengan baik dalam kondisi seperti itu. 

Ada banyak varietas lainnya, tetapi daun hati adalah yang paling populer dan efektif untuk tanaman dalam ruangan yang tumbuh tanpa sinar matahari. 

7. Memberikan Kesan Berani

Jika Anda menginginkan nuansa yang lebih besar dari kehidupan dalam dekorasi Anda, sertakan pohon philodendron di rumah Anda! Ini bisa menjadi pusat perhatian karena mencapai ketinggian yang mengesankan. Simpan tanaman di tempat dengan cahaya tidak langsung.

Baca Juga: Cara Perawatan Tanaman Hias Sesuai Usia, Ikuti Rencana dan Langkah-langkahnya

8. Membawa Positif

Sebuah studi yang dilakukan oleh Chungnam National University, Korea, menyatakan bahwa interaksi dengan tanaman dalam ruangan dapat mengurangi stres psikologis dan fisiologis dengan menekan aktivitas sistem saraf otonom pada orang dewasa.

Tanaman seperti Philodendron membantu menekan aktivitas sistem saraf simpatik dan tekanan darah diastolik serta meningkatkan perasaan nyaman dan tenang.

Philodendron memiliki daun besar yang indah menyerupai bentuk hati—mereka juga menggambarkan 'elemen api' dalam Feng Shui—salah satu alasan mengapa tanaman ini membawa energi positif dan menyehatkan ke dalam rumah.

Nah itulah beberapa manfaat philodendron dalam ruangan yang dapat Anda rawat di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News