Keluarga

8 Makanan Penyebab Kista Ovarium yang Jarang Disadari, Para Wanita Wajib Waspada

8 Makanan Penyebab Kista Ovarium yang Jarang Disadari, Para Wanita Wajib Waspada

MOMSMONEY.ID - Cukup banyak wanita yang terkena kista ovarium. Sebenarnya penyebab langsung kista ovarium bukanlah dari makanan.

Kondisi ini biasanya terjadi karena ketidakseimbangan hormon, terutama akibat kelebihan hormon estrogen.

Sayangnya, pola makan yang buruk juga berpengaruh besar terhadap tumbuhnya kista ini.

Melansir dari Apollo 247, kista dengan ukuran kecil biasanya tak menyebabkan rasa sakit. Sementara jika sudah tumbuh membesar, barulah akan menyebabkan berbagai jenis masalah seperti:

Baca Juga: Moms Wajib Tahu Nih, Kenali 10 Gejala Gangguan PCOS pada Perempuan

  • Nyeri panggul
  • Nyeri payudara
  • Kembung
  • Adanya bercak darah
  • Mens tidak teratur
  • Nyeri saat berhubungan seksual

Agar Anda terhindar dari penyakit kista, ada baiknya menerapkan pola hidup & pola makan sehat. Anda juga dapat menghindari sederet makanan penyebab kista, berikut ini.

Makanan yang digoreng

Ayam goreng serundeng

Salah satu makanan yang wajib dihindari penderita kista adalah segala jenis makanan yang digoreng seperti kentang, ayam, gorengan, dan sebagainya.

Makanan yang digoreng justru akan memperburuk pertumbuhan kista. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan akan sebabkan kenaikan berat badan. Belum lagi minyak yang digunakan dapat mengganggu hormon karena mengandung zat pengganggu hormon.

Baca Juga: Kurang Baik untuk Payudara, Ini 9 Efek Negatif Memakai Bra saat Tidur bagi Kesehatan

Minuman berkafein

Orang-orang yang rutin mengonsumsi minuman berkafein rentan terkena kista ovarium. Sebab makanan ini memang dikenal sebagai salah satu penyebab kista.

Jika ingin penyakit kista yang Anda derita dapat pulih dengan cepat, maka hindari mengonsumsi kopi, teh, soda, hingga soft drink.

Daging merah

Daging Merah

Jadi salah satu penyebab memburuknya kista, Anda wajib hindari mengonsumsi daging merah seperti daging sapi, domba, kambing, ataupun babi.

Daging merupakan penyebab kista ovarium. Daging dapat memicu pembentukan kista ovarium sekaligus memperburuk kista yang sudah ada. Daging merah juga mengandung banyak lemak yang jadi salah satu alasan kuat kista sulit disembuhkan.

Baca Juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Kontrasepsi Vasektomi Sebelum Melakukannya, Moms

Makanan olahan

Makanan olahan juga menjadi salah satu penyebab memburuknya pertumbuhan kista ovarium. Makanan olahan ini terdiri atas keju, sosis, aneka makanan beku, hingga jus manis yang mengandung bahan pengawet dan aditif.

Makanan olahan ini mengandung gula tinggi yang dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Ini tak baik untuk Anda yang menderita kista.

Makanan tinggi lemak jenuh

keju swiss berlubang

Berlebihan mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh jadi naik sekaligus menjadi salah satu penyebab penyakit kista.

Yang termasuk ke dalam jenis makanan tinggi lemak jenuh seperti keju, krim, mentega, daging merah, dan junk food.

Kurangi asupan lemak jenuh jika ingin mencegah dan memperbaiki kista ovarium.

Baca Juga: Terbukti Lewat Penelitian, Inilah 8 Manfaat Konsumsi Kimchi Bagi Jantung hingga Wajah

Makanan manis dengan gula tinggi

Jika Anda ingin menyembuhkan penyakit kista, maka hindari mengonsumsi makanan manis, terutama makanan yang mengandung gula rafinasi. Gula rafinasi adalah jenis makanan terburuk, terutama bagi penderita kista.

Melansir dari laman Dr. Amita Shah Global Womens Clinic, minuman bersoda, minuman manis, jus olahan, biskuit, kue kering, dan aneka manisan lainnya kaya akan gula rafinasi.

Minum soda

Gula rafinasi inilah yang menghasilkan ketidakseimbangan hormon yang sangat besar dalam tubuh.

Alhasil, mengonsumsi guala rafinasi secara berlebihan dapat menyebabkan pembentukkan kista ovarium. Bahkan kista yang telah ada dapat teriritasi jika terlalu sering mengonsumsi gula ini.

Baca Juga: Jangan Panik jika Ada Benjolan pada Miss V, Kenali Penyebabnya

Makanan yang mengandung pati

Meski sering dikonsumsi sehari-hari, namun makanan yang mengandung pati seperti roti, pasta, mi, kentang, hingga jagung merupakan sederet jenis makanan penyebab kista ovarium tumbuh.

Melansir laman Kalosa: Dr. Deepti Asthana, mengonsumsi pati dapat membuat lonjakan insulin meningkat dalam waktu singkat. Ini akan memudahkan berat badan naik secara instan dan mempengaruhi hormon. Akibatnya, terbentuklah kista ovarium.

Itulah sederet makanan penyebab kista ovarium yang wajib dihindari. Anda juga wajib mengurangi makanan di atas agar kista tak tumbuh memburuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News