Santai

8 Fitur Kamera iPhone yang Unik dan Tidak Ditemukan di Android

8 Fitur Kamera iPhone yang Unik dan Tidak Ditemukan di Android

MOMSMONEY.ID - Kamera iPhone menjadi salah satu unggulan dibanding kamera ponsel Android. Ada banyak fitur kamera iPhone yang unik dan tidak ditemukan di Android. 

Fitur kamera iPhone yang unik dan tidak ditemukan di Android ini membantu meningkatkan pengalaman pengambilan gambar secara keseluruhan. 

Tak hanya itu, fitur kamera iPhone yang unik dan tidak ditemukan di Android juga memberikan fleksibilitas yang lebih baik saat membingkai suatu pemandangan. 

Baca Juga: 3 Aplikasi Kamera Analog Terbaik Untuk Android dan iPhone, Ada Dazz Cam

1. Pemandangan Luar Bingkai

Seperti ponsel kamera Android terbaik , iPhone memiliki kamera belakang ganda atau tiga. Namun, Apple adalah satu-satunya yang menggunakan kamera utama dan kamera ultrawide iPhone secara bersamaan untuk memberikan pratinjau langsung yang digabungkan di jendela bidik Kamera.

Di aplikasi Kamera iPhone, pratinjau meluas melampaui kisi kamera hingga menutupi seluruh layar. Hal ini dimungkinkan karena opsi "Lihat di Luar Bingkai", yang diaktifkan secara default.

Keunggulan implementasi Apple adalah aplikasi Kamera hanya akan menampilkan pratinjau yang diperluas saat pembingkaian memerlukannya. Ini adalah fitur kecil yang pertama kali diperkenalkan beberapa tahun lalu di iPhone, tetapi masih belum dapat Anda temukan di ponsel Android mana pun.

2. Sistem Pengkodean Warna 

background foto

Ponsel Android mungkin memiliki perangkat keras kamera yang lebih unggul, tetapi iPhone mengalahkannya dalam perekaman video. Ponsel ini dapat merekam video berkualitas lebih tinggi dengan lebih banyak detail dan lebih sedikit noise.

Yang lebih baik lagi, iPhone 15 Pro dan model yang lebih baru dapat merekam video Log di Academy Color Encoding System (ACES), yang merupakan standar yang digunakan industri film untuk mengelola warna film dan acara TV.

Ponsel Android andalan terkini mendukung HDR dan bahkan perekaman video 8K. Beberapa juga mendukung perekaman dalam Log, tetapi tidak ada yang dapat merekam video RAW dalam ACES.

Baca Juga: Bocoran Kamera iPhone 16 Punya Sensor Besar dan Zoom Panjang, yuk Simak

Namun, fitur ini hanya menguntungkan para profesional yang menggunakan iPhone mereka untuk merekam video, karena rekaman yang dikodekan ACES akan mempermudah alur kerja mereka.

3. Ambil Foto dalam Resolusi 24MP

Dimulai dengan iPhone 15 pada tahun 2023, Apple mengubah resolusi gambar default menjadi 24MP untuk kamera utama. Resolusi yang lebih tinggi memberikan peningkatan ketajaman yang nyata tanpa mengorbankan kualitas gambar secara keseluruhan.

Resolusi ini juga merupakan titik tengah yang bagus antara resolusi 12MP dan 48MP, yang dapat dilakukan oleh iPhone ini.

Setelah Anda menguasai beberapa pengaturan kamera iPhone yang penting, Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya fleksibilitas tambahan dalam mengambil gambar 24MP.

Ponsel Android andalan sering kali memiliki sensor kamera 50MP atau bahkan 200MP beresolusi tinggi yang dipasangkan dengan ISP yang kuat. Namun, tidak satu pun dari ponsel tersebut dapat mengambil gambar pada resolusi 24MP secara default. 

Ponsel-ponsel tersebut menggunakan pixel binning untuk menghasilkan gambar 12MP yang lebih detail. Dan meskipun terlihat mengesankan, ketajamannya yang kurang dibandingkan dengan gambar 24MP pada iPhone terlihat jelas.

Jika Anda memiliki Samsung Galaxy S24, Anda dapat menggunakan aplikasi ExpertRAW untuk mengambil gambar pada resolusi 24MP.

Baca Juga: Kelebihan Kamera iPhone 16 yang Disebut Punya Zoom Maksimal dan Jernih

Namun, hanya pengguna yang ahli yang akan menghargai fleksibilitas tambahan yang ditawarkan ExpertRAW dibandingkan aplikasi bawaan Samsung Camera.

4. Kualitas Gambar Unggul di Aplikasi Pihak Ketiga

Meskipun memiliki perangkat keras kamera yang unggul, gambar yang diambil di ponsel Android melalui aplikasi media sosial populer seperti Instagram atau Snapchat tidak terlihat sebagus gambar yang diambil dari iPhone.

Hal ini dikarenakan implementasi API kamera bawaan Apple yang unggul, yang memungkinkan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil gambar berkualitas tinggi seperti yang diambil dengan aplikasi Kamera bawaan.

Hal yang sama juga berlaku untuk video, dengan ponsel Android merekam video yang lebih berisik dan kurang detail melalui aplikasi media sosial. Selama bertahun-tahun, Google telah menjanjikan beberapa perbaikan dalam hal ini. Namun, iPhone terus mengungguli ponsel Android dalam hal ini.

5. Rekam Video Pendek dengan Cepat dalam Resolusi 4K

Di iPhone dan hampir semua ponsel Android, Anda dapat menekan dan menahan tombol rana di aplikasi Kamera untuk mulai merekam video pendek.

Fitur ini berguna saat Anda ingin merekam video pendek dengan cepat untuk media sosial atau saat tidak ada cukup waktu untuk membuka aplikasi Kamera dan beralih ke mode video.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Kirim Foto dari iPhone ke HP Android Tanpa Bluetooth

Meskipun fitur ini sudah ada selama bertahun-tahun, iPhone 16 dan iPhone 16 Pro adalah satu-satunya yang mampu merekam video pendek tersebut dalam resolusi 4K/60FPS dengan Dolby Vision. Ponsel Android, termasuk Samsung Galaxy S24 Ultra, hanya dapat merekam video tersebut dalam resolusi FHD+ pada 30FPS.

6. Ambil Foto dan Video Spasial

iPhone 15 Pro dan model yang lebih baru memungkinkan pengguna mengambil foto dan video spasial. Foto dan video ini akan muncul dalam bentuk 3D saat Anda melihatnya di headset Apple Vision Pro atau headset Quest Meta. Yang lebih hebat lagi, iPhone 16 Pro dapat merekam audio spasial.

Memang, mengambil foto dan video spasial dari ponsel hanya berguna jika Anda memiliki salah satu headset AR/VR ini. Namun, fitur ini belum didukung oleh ponsel Android mana pun saat ini.

Seperti yang terlihat dari daftar di atas, iPhone modern mengalahkan ponsel Android dalam banyak hal, terutama dalam hal pencitraan. iPhone mungkin tidak dilengkapi perangkat keras kamera terbaik, tetapi penerapan beberapa fitur utama Apple yang unggul memastikan iPhone memiliki keunggulan dibandingkan perangkat Android.

Nah itulah fitur kamera iPhone yang unik dan tidak ditemukan di Android. 

Selanjutnya: Fitur Video Call WhatsApp Terbaru Bisa Menambahkan Efek dan Memilih Background

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News