Santai

4 Fitur Darurat iPhone yang Wajib Diketahui, Bisa Deteksi Kecelakaan

4 Fitur Darurat iPhone yang Wajib Diketahui, Bisa Deteksi Kecelakaan

MOMSMONEY.ID - Perangkat Apple merupakan salah satu teknologi paling canggih. Terdapat beberapa fitur darurat iPhone yang wajib Anda ketahui. 

Ya, ada empat fitur darurat iPhone yang wajib diketahui. Sebab, fitur tersebut dapat menolong di waktu tidak terduga. 

Fitur-fitur tersebut antara lain deteksi jatuh, SOS darurat, deteksi detak jantung tinggi dan rendah, EKG, dan banyak lagi. Namun, mereka hanya dapat membantu Anda jika Anda tahu cara menggunakannya dengan benar. 

Baca Juga: Apa Beda iPhone Ori, Inter dan OEM? Wajib Tahu Sebelum Beli iPhone Second

Berikut ini empat fitur darurat iPhone yang wajib diketahui. 

1. SOS Darurat 

Dengan SOS Darurat, pengguna dapat dengan cepat dan mudah meminta bantuan dan memperingatkan kontak darurat. Melakukan panggilan ke SOS, iPhone memanggil nomor darurat lokal secara otomatis dan membagikan lokasi Anda dengan layanan darurat.

Ada cara lain untuk melakukan panggilan darurat. Salah satu caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol samping dan tombol volume selama beberapa detik, lalu geser penggeser SOS Darurat ke kanan. 

Cara lainnya adalah dengan menekan dan menahan tombol samping dan tombol volume, terus menahannya hingga hitungan mundur dimulai dan panggilan SOS dilakukan.

2. Deteksi Kecelakaan

Panggilan darurat otomatis setelah perangkat Anda mendeteksi kerusakan didukung di iPhone 14 dan versi lebih baru, Apple Watch Series 8 dan versi lebih baru, Apple Watch SE gen 2, serta Apple Watch Ultra dan versi lebih baru. 

Apple menggambarkan fitur ini sebagai, jika Anda mengalami kecelakaan mobil, iPhone dan Apple Watch dapat secara otomatis menghubungi layanan darurat. 

Baca Juga: Berbagi Layar WhatsApp Mudah, Begini Cara Share Screen Video Call Lewat WA

Perangkat Anda akan memulai hitungan mundur dan membunyikan alarm sebelum panggilan dilakukan. Namun, iPhone dan Apple Watch tidak dapat mendeteksi semua kerusakan.

3. Kontak Darurat

Selain layanan darurat, pengguna juga dapat mengatur kontak darurat. Untuk mengatur atau memperbarui kontak darurat, buka Pengaturan, cari SOS Darurat. 

Di sini pengguna akan menemukan opsi untuk Mengedit Kontak Darurat di tombol Kesehatan. Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi Kesehatan. 

Ketuk profil Anda di kanan atas, sebuah jendela akan terbuka menampilkan ID Medis. Dengan mengklik opsi ini, pengguna dapat mengedit atau menambahkan kontak darurat.

Khususnya, saat panggilan SOS darurat dilakukan, iPhone atau Apple Watch juga akan mengirimkan pesan ke kontak darurat yang ditunjuk.

Baca Juga: Begini Cara Melihat Kata Sandi IG biar Enggak Lupa Password Akun

4. SOS Darurat Melalu Satelit

Apple juga menawarkan fitur untuk mengatasi keadaan darurat di kehidupan nyata melalui satelit. Seperti Deteksi kerusakan, SOS darurat melalui satelit memerlukan iPhone 14 atau 15. 

Keuntungannya di sini adalah meskipun Anda tidak memiliki koneksi seluler atau WiFi, Anda tetap bisa mendapatkan bantuan melalui pesan darurat. 

Apple mengizinkan Anda menguji demo untuk menguji penggunaan fitur tersebut sehingga Anda terbiasa dengannya sebelum membutuhkannya dalam skenario kehidupan nyata. 

Nah itulah beberapa fitur darurat iPhone yang wajib Anda ketahui. Anda dapat memanfaatkannya di momen tidak terduga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News