Santai

8 Alasan Tanaman Hias Membuat Bahagia yang Dibuktikan oleh Sains

8 Alasan Tanaman Hias Membuat Bahagia yang Dibuktikan oleh Sains

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda bahwa menanam tanaman hias membuat bahagia? Artikel ini membahas delapan alasan tanaman hias membuat bahagia.

Ya, menurut Sains ada beberapa alasan tanaman hias membuat bahagia. Hal tersebut karena warna yang hijau memainkan peran penting dalam menambah ketenangan hidup. 

Tak hanya itu, tanaman hias membuat bahagia karena dapat menghasilkan oksigen yang segar.

Baca Juga: 10 Daftar Bunga Tercantik di Dunia yang Cocok Jadi Dekorasi

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini alasan tanaman hias membuat bahagia. 

1. Tanaman Hilangkan Kekhawatiran

Tidak dapat disangkal fakta bahwa terdapat banyak stres di tempat kerja, dan hal ini berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental. Menurut sebuah penelitian, tanaman dalam ruangan dapat mengurangi stres fisiologis dan psikologis.

Hal ini dicapai melalui penekanan aktivitas sistem saraf simpatik dan tekanan darah diastolik serta meningkatkan perasaan nyaman, tenang, dan alami. Inilah salah satu alasan mengapa tanaman hias membuat Anda bahagia!

Tanaman seperti Peperomia, Pothos, dan Philodendron, dengan dedaunannya yang besar dan subur, dapat menimbulkan rasa tenang serta memberikan stabilitas dan kenyamanan psikologis dengan merangsang indra Anda dalam berbagai cara.

Tanaman juga memberikan dampak positif pada perubahan kardiovaskular ketika seseorang melakukan kontak dengan dedaunannya. Semua ini berkontribusi pada indeks kebahagiaan yang lebih baik!

2. Tanaman Membuat Bekerja Lebih Baik

Bunga lili hujan

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Michigan, pengaruh tanaman yang menenangkan meningkatkan kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi pada tugas yang ada. Semua ini menghasilkan keadaan pikiran yang jauh lebih nyaman, dimana stres seseorang berkurang.

Bunga juga memainkan peran penting dalam meningkatkan suasana lingkungan secara keseluruhan dan sangat mengurangi tingkat stres seseorang. 

Di sekitar mekarnya bunga, orang merasa positif, mengurangi stres, dan lebih rileks. Sebagai hasil dari energi positif, kemungkinan menderita depresi akibat stres juga berkurang.

Baca Juga: 6 Jenis Sirih Gading Terbaik yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari

Tanaman hias mempengaruhi tingkat kasih sayang yang dirasakan seseorang terhadap orang lain. Mereka menimbulkan pandangan positif terhadap kehidupan, membuat orang merasa lebih hidup dan aktif. 

Ketika orang mengalami peningkatan semangat, mereka mengerahkan lebih banyak tenaga dan diri mereka ke dalam pekerjaan.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Washington State University, tanaman berkontribusi positif terhadap kesehatan mental kita, meningkatkan kesehatan fisik, dan membuat komunitas kita lebih aman.

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Department of Horticulture Sciences, Chungnam National University, Korea, interaksi dengan tanaman dalam ruangan dapat mengurangi stres psikologis dan fisiologis dengan menekan aktivitas sistem saraf otonom, sehingga membawa dampak positif, membuat seseorang tetap bahagia.

Penelitian menunjukkan bahwa tanaman interior dalam wadah tersendiri juga dapat menghasilkan manfaat yang sama. 

Hal ini telah menunjukkan bahwa kesan orang terhadap sebuah ruangan dan kesejahteraan mental mereka dapat meningkat secara signifikan ketika tanaman ditambahkan. 

Hal ini juga menunjukkan bahwa produktivitas dan fungsi mental meningkat dan persepsi nyeri dapat dikurangi.

Baca Juga: 10 Daftar Bunga Tercantik di Dunia yang Cocok Jadi Dekorasi

4. Tanaman Meningkatkan Kepositifan

Selain mengakumulasi mineral beracun di jaringannya, tanaman juga mampu menyerap berbagai senyawa organik berbahaya, termasuk beberapa polutan lingkungan yang paling melimpah seperti polychlorinated biphenyl (PCB), hidrokarbon terhalogenasi (trichloroethylene, TCE), dan amunisi. limbah (nitroaromatik seperti trinitrotoluena (TNT) dan gliserol trinitrat (GTN).

5. Tanaman Menyembuhkan

Sebuah studi yang dilakukan oleh The University of North Carolina menyatakan bahwa terapi hortikultura membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Ini juga membantu orang yang berjuang dengan depresi berat, kecemasan, dan kesulitan kesehatan mental lainnya.

Sebuah laporan dari The University of Minnesota menyatakan bahwa paparan terhadap alam dan tumbuhan tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik secara emosional, tetapi juga berkontribusi terhadap kesejahteraan fisik, mengurangi tekanan darah, detak jantung, ketegangan otot, dan produksi hormon stres.

6. Tanaman Mengurangi Polusi Suara

Menurut penelitian yang dilakukan di Pusat Penelitian Pengendalian Bahaya Lingkungan dan Pekerjaan, Iran, paparan kebisingan berdampak buruk pada kinerja kognitif dan pola aktivitas otak, yang dapat membuat seseorang tidak bahagia dalam jangka panjang.

Sebuah laporan yang diterbitkan di College of Architecture, Seoul, Korea, tanaman dalam ruangan memainkan peran penting dalam mengurangi rentang frekuensi yang berbeda.

Studi lain yang dilakukan oleh Journal of Environmental Health juga menyatakan bahwa terdapat perbedaan mencolok dalam efek pengurangan kebisingan untuk frekuensi rendah dan frekuensi tinggi (p <0,05) ketika tanaman dimasukkan dan ditata secara berbeda.

7. Membuat Tidur Lebih Baik

Sebuah studi yang dilakukan oleh Department of Urology & Nutrition, Cleveland, menyatakan bahwa kamomil merupakan salah satu tanaman terbaik untuk mengurangi kecemasan hingga mengatasi histeria, mimpi buruk, insomnia, dan masalah tidur lainnya.

Sebuah laporan dari Shefa Neuroscience Research Center, Teheran, menyatakan bahwa Lavender memiliki beberapa sifat ansiolitik, penstabil suasana hati, obat penenang, analgesik, antikonvulsif, dan pelindung saraf terbaik. Menyimpan bunga lavender atau wanginya di dalam ruangan akan menyebabkan tidur lebih cepat dengan durasi tidur yang lebih lama.

Lavender juga merupakan salah satu tanaman terbaik untuk mengurangi gejala terkait seperti kegelisahan, gangguan tidur, dan keluhan somatik serta memiliki pengaruh menguntungkan pada kesejahteraan umum dan kualitas hidup.

Baca Juga: Kenapa Tanaman Tidak Berbunga? Pelajari Penyebab dan Solusi yang Bisa Dilakukan

8. Mengurangi Stres

Semakin banyak penelitian yang menunjukkan dampak menguntungkan dari paparan alam terhadap kesehatan, mengurangi stres, dan mempercepat penyembuhan, yang pada akhirnya membawa kebahagiaan dalam hidup seseorang.

Laporan Washington State University juga membuktikan bahwa tanaman interior mampu menghasilkan respon menenangkan, membuat seseorang rileks dan bahagia .

Nah itulah beberapa alasan tanaman hias membuat bahagia yang dibuktikan oleh Sains. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News