Santai

Kenapa Tanaman Tidak Berbunga? Pelajari Penyebab dan Solusi yang Bisa Dilakukan

Kenapa Tanaman Tidak Berbunga? Pelajari Penyebab dan Solusi yang Bisa Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda heran kenapa tanaman tidak berbunga padahal seharusnya tanaman tersebut bisa tumbuh bunga? Ada beberapa penyebab kenapa tanaman tidak berbunga. 

Artikel ini membantu Anda untuk mengetahui penyebab dan solusi kenapa tanaman tidak berbunga. 

Anda perlu mengetahui beberapa hal yang dilakukan agar tanaman tidak berbunga bisa tumbuh bunga. 

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Indoor Tumbuh dari Daun, Pemula Wajib Simak

Berikut ini solusi saat tanaman tidak berbunga.

1. Kurangnya Sinar Matahari

Alasan nomor satu mengapa sebagian besar tanaman berbunga gagal berbunga adalah kurangnya sinar matahari. Bertentangan dengan anggapan umum yang menganggap 4-5 jam sinar matahari sudah lebih dari cukup, sebagian besar tanaman berbunga sebenarnya membutuhkan lebih dari 6 jam sinar matahari setiap hari agar bisa mekar subur.

Anda perlu memeriksa kebutuhan pertumbuhan masing-masing tanaman untuk melihat apakah kebutuhan sinar matahari terpenuhi.

2. Pilih Lokasi yang Tepat 

bunga melati

Meskipun beberapa tanaman berbunga mungkin sangat senang berjemur di bawah sinar matahari sepanjang hari, beberapa tanaman mungkin memerlukan jumlah sinar matahari yang tepat dan kemudian berteduh sepanjang hari. 

Impatiens, Azalea, Rhododendron, dan Hydrangea menyukai sinar matahari sebagian, tetapi tidak akan senang jika terkena cahaya sore yang terik.

Sedangkan sukulen berbunga, mawar, dan bugenvil akan sangat senang berada di bawah sinar matahari sore.

3. Pupuk yang Berlebihan

Masyarakat beranggapan bahwa penggunaan pupuk yang terlalu banyak akan membantu tanaman segera berbunga secara berlebihan. 

Baca Juga: Air Bawang Putih untuk Tanaman, Begini Cara Membuat dan Menggunakannya

Ini tidak benar. Jika Anda menggunakannya terlalu banyak, Anda mungkin melakukan hal sebaliknya, dan hal ini tidak hanya menghentikan pembungaan tanaman tetapi pada akhirnya juga mematikannya. 

Periksa tanah tanaman Anda dan kebutuhan pemupukannya sebelum mengubah tindakan, dan ambil tindakan yang tepat untuk menyediakan nutrisi pada tanah guna membantunya berkembang.

4. Kurang Pupuk

Menggunakan pupuk kaya fosfor akan membantu pembungaan karena mendorong transfer energi untuk perkembangan akar dan pembungaan. 

Ini juga membantu fotosintesis dan mengatur banyak proses metabolisme, yang semuanya menguntungkan tanaman untuk menghasilkan lebih banyak bunga.

5. Pemangkasan yang Salah 

Jika Anda memangkas pada waktu yang salah, ini bisa menjadi alasan nomor satu tanaman tidak berbunga. Memangkas tanaman di akhir musim akan menghilangkan semua tunas untuk mekar tahun depan.

Baca Juga: 6 Tips Menanam Bunga Mawar di Keranjang Gantung, Hemat Tempat dan Menambah Estetika

Periksa panduan pemangkasan pada tanaman berbunga Anda sebelum Anda mulai memotong tunas yang sehat terlebih dahulu.

Jadi itulah beberapa penyebab kenapa tanaman tidak berbunga. Anda dapat mengetahui penyebabnya dan mengatasinya dengan cara di atas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News