Keluarga

7 Tips Hadapi Cuaca Panas yang Berlebihan Dampak Angin El Nino di Beberapa Daerah

7 Tips Hadapi Cuaca Panas yang Berlebihan Dampak Angin El Nino di Beberapa Daerah

MOMSMONEY.ID - Seminggu ke belakang, cuaca panas yang berlebihan sedang melanda beberapa daerah. Akibatnya, aktivitas di luar ruangan jadi cukup terganggu.

Agar Anda bisa tetap semangat & tak lemas selama berkegiatan di luar ruangan, maka berikut MomsMoney berikan beberapa tips hadapi cuaca panas yang berlebihan.

Kenakan pakaian tipis

Tips hadapi cuaca panas yang berlebihan bisa diatasi dengan mengenakan pakaian tipis & longgar. Disarankan untuk memakai pakaian berwarna terang untuk meminimalisir panas tubuh terperangkap.

Baca Juga: Benarkah Musim Hujan di Indonesia Mulai November 2023, Begini Prediksi BMKG!

Jangan tidur telanjang

Saat panas yang berlebihan, ada kalanya kita merasa ingin melepas baju, terlebih saat tidur. Namun hal itu sebaiknya tak dilakukan.

Melansir dari save the student.org, pakaian justru akan menghilangkan keringat tubuh & mencegah badan jadi terasa lengket.

Hindari matahari langsung

JAPAN-WEATHER/HEATWAVE

Untuk hadapi cuaca panas yang berlebihan, sebaiknya hindari matahari langsung. Gelombang panas dari matahari punya banyak bahaya bagi tubuh.

Selain dapat membuat kepala jadi pusing, panasnya matahari dapat merusak kulit jika terpapar langsung. Sinar UV yang terpancar pun memiliki dampak kanker jika terus menerus terpapar.

Baca Juga: Kapan Musim Hujan Datang? Yuk, Simak Prediksi Lengkap dari BMKG

Maka dari itu, sebisa mungkin menghindari aktivitas di luar ruangan. Namun jika tak memungkinkan, cobalah beberapa cara berikut:

  • Pakai tabir surya minimal SPF 30 ke atas
  • Gunakan topi
  • Gunakan payung
  • Gunakan baju lengan panjang
  • Gunakan kacamata & masker kain (bukan masker medis) jika diperlukan

Batasi konsumsi alkohol

Alkohol membuat tubuh dehidrasi. Hal ini akan memperparah keadaan jika cuaca panas yang berlebihan sedang berlangsung.

Melansir Redcross, Minum alkohol juga dapat mempersulit tidur malam, sebab suhu tubuh jadi terasa lebih hangat.

Perbanyak minum air putih

Untuk hadapi suhu panas yang berlebihan, Anda harus memperbanyak minum air putih. Sebab jika tidak, Anda akan mengalami dehidrasi yang ditandai dengan pusing dan lemas.

Baca Juga: Panas Terik, Suhu Banten Besok Diperkirakan Tembus 35°C

Minumlah minimal 8 gelas air dalam sehari agar cairan dalam tubuh tak berkurang akibat keringat berlebih.

Utamakan air mineral & hindari minuman manis seperti soda, cola, soft drink, dan sebagainya untuk menghindari diabetes ataupun obesitas.

Ngemil sayuran & buah tinggi air

Mentimun

Cuaca panas membuat tenggorokan kering. Maka solusi tepat untuk mengatasinya ialah dengan ngemil sayuran & buah yang mengandung tinggi air.

Beberapa camilan sehat tersebut bisa berupa stroberi, mentimun, seledri, semangka, hingga selada. Mengonsumsi makanan tersebut membantu menghidrasi tubuh di cuaca panas yang berlebihan.

Baca Juga: Badan Anti Loyo, Konsumsi Buah-Sayur Dengan Kandungan Air Tinggi Ini

Buka jendela & tutup tiraimu

Membuka tirai di cuaca panas yang berlebihan memang akan membuat seisi rumah jadi cerah terkena cahaya matahari. Namun akibatnya, suhu rumah jadi akan naik.

Agar udara dalam rumahmu tetap bisa bersirkulasi dengan baik, maka bukalah pintu & jendela rumah. Tapi ingat, tutuplah tirainya agar panas tak terlalu menusuk kulit.

Itulah berbagai tips hadapi cuaca panas yang berlebihan dengan cara yang mudah. Jangan biarkan tubuhmu lemas karena masalah cuaca!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News