Santai

7 Rekomendasi Alat Pembersih Debu Laptop Terbaik dan Mudah Ditemukan

7 Rekomendasi Alat Pembersih Debu Laptop Terbaik dan Mudah Ditemukan

MOMSMONEY.ID - Menjaga komputer Anda bebas debu sangat penting untuk menjaga kinerja dan masa pakainya. Tahukah Anda alat pembersih debu laptop terbaik?

Artikel ini akan memberikan rekomendasi alat pembersih debu laptop terbaik dan mudah ditemukan. 

Penumpukan debu dapat menyumbat beberapa ornamen di dalamnya sehingga dapat membuat komputer dan laptop rusak. 

Mengutip Guiding Tech, berikut ini rekomendasi alat pembersih debu laptop terbaik. 

1. Tali Pergelangan Tangan Anti Statis 

Anda harus melakukan grounding sebelum mengerjakan komponen internal komputer untuk mencegah kerusakan statis.

Saat mengerjakan komponen internal, pelepasan muatan listrik statis sekecil apa pun dapat merusak perangkat elektronik yang rumit. Meskipun risiko pelepasan muatan listrik statis (ESD) mungkin tampak kecil, namun potensi dampaknya bisa parah. 

Baca Juga: Cara Cek Windows Berapa di Laptop dengan Mudah dapat Dipahami Pemula

Tali pergelangan tangan ini secara efektif mencegah penumpukan listrik statis dengan menghubungkan Anda ke ground, memastikan muatan listrik statis hilang tanpa membahayakan.

Membersihkan laptop

Ramuan ini dilengkapi dengan pita konduktif yang melingkari pergelangan tangan dan tali dengan klip yang dipasang pada permukaan yang diarde. Hal ini menciptakan jalur aman untuk menghilangkan muatan listrik, mencegah potensi kerusakan pada perangkat keras berharga Anda. 

Selain itu, unit ini dilengkapi tali yang dapat disesuaikan dan tersedia dalam dua ukuran berbeda untuk memastikan pengalaman pembersihan PC yang nyaman.

2. Kapas Cutton Bud

Penyeka kapas, dengan ujungnya yang lembut dan fleksibel, adalah panduan terpercaya Anda saat menavigasi labirin yang penuh debu. 

Baca Juga: Daftar Rekomendasi Bunga Bawa Keberuntungan di Rumah, Mudah Perawatannya

Ukurannya yang kecil memungkinkannya menjangkau celah sempit di sekitar kipas, heatsink, dan komponen rumit lainnya yang mungkin sulit dijangkau oleh alat yang lebih besar.

Penyeka kapas lembut dan non-abrasif, tidak seperti alat pembersih lainnya, sehingga aman untuk permukaan halus seperti bilah kipas dan unit pendingin. Selain itu, setelah selesai membersihkan, Anda cukup membuang kapas bekasnya.

3. Kit Pembersih Elektronik

Untuk membantu membersihkan PC, kit ini dilengkapi penarik kunci mekanis, sehingga Anda dapat melihat debu yang tersumbat di bawah keyboard. Anda kemudian dapat dengan mudah menghilangkan debu yang paling rapat sekalipun dengan menggunakan sikat yang disertakan. 

Kit ini juga mencakup botol semprot, yang dapat diisi dengan cairan pembersih pilihan Anda. Kemudian dapat menggunakannya untuk membersihkan monitor atau layar laptop  dengan mudah. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk membersihkan noda sidik jari pada layar ponsel cerdas.

4. Isopropil Alkohol

Larutan ini memiliki konsentrasi isopropil alkohol sebesar 99% yang hampir sempurna, menjadikannya senjata ampuh melawan kotoran dan debu. 

Ini menguap secara efektif, meninggalkan residu minimal, memastikan permukaan bersih dan didesinfeksi. Selain debu, isopropil alkohol unggul dalam menghilangkan zat membandel seperti residu pasta termal.

Terlebih lagi, isopropil alkohol juga memiliki sifat disinfektan. Meskipun bukan pengganti disinfektan yang tepat, bahan ini dapat digunakan untuk membersihkan permukaan luar seperti keyboard dan mouse. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda harus berhati-hati saat menggunakan isopropil alkohol. Disarankan untuk membasahi kain mikrofiber bersih dan menyeka permukaan dengan lembut daripada mengaplikasikannya secara langsung.

5. Kain Microfiber

Kain pembersih ini memiliki serat ultra halus yang sangat lembut dan bebas serabut, memastikan kain tersebut tidak meninggalkan bekas goresan saat Anda membersihkan PC berharga Anda dan komponennya. Mereka juga menghilangkan sidik jari dan noda, menjadikan PC bersih berkilau.

Baca Juga: Rekomendasi Bunga Tahan Cuaca Panas, Perawatan Mudah dan Cocok untuk Pemula

Selain itu, tidak seperti tisu sekali pakai, kain mikrofiber dapat digunakan kembali. Setelah digunakan, cuci dengan air hangat dan deterjen lembut, lalu keringkan sepenuhnya sebelum penggunaan berikutnya. Pendekatan ramah lingkungan ini mengurangi limbah dan menghemat uang dalam jangka panjang.

6. iFixit Mako Driver Kit 

iFixit Mako Driver Kit adalah seperangkat obeng presisi berkualitas tinggi dan alat lain yang dirancang khusus untuk perbaikan dan pembersihan elektronik. Baik Anda melepas sekrup dari casing laptop atau membongkar menara desktop, kit ini siap membantu.

Ujung magnetis memastikan sekrup mudah dilepas dan ditahan di tempatnya, sehingga proses pembersihan menjadi lebih efisien. Selain itu, kotak penyimpanan yang disertakan membuat semua peralatan Anda tetap teratur dan mudah diakses. Ini membuatnya sempurna bagi para profesional dan penggemar DIY.

7. Kemoceng Udara

Barang ini menawarkan solusi yang dapat digunakan kembali untuk pembersihan udara bertekanan. Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan produk sekali pakai, produk ini menonjol karena ramah lingkungan. 

Dilengkapi dengan berbagai nozel, ini memenuhi kebutuhan pembersihan berbagai perangkat elektronik. Keuntungan lainnya adalah pengoperasian baterai, memberikan fleksibilitas untuk menggunakannya tanpa harus tertambat ke sumber listrik.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Tinggi Serat yang Baik Buat Turunkan Berat Badan dan Pencernaan

Selain itu, kemoceng ini menawarkan kecepatan yang dapat disesuaikan. 

Fleksibilitas ini membuatnya cocok untuk perangkat elektronik yang rumit serta permukaan yang lebih besar. Baik Anda membersihkan sirkuit rumit atau membersihkan debu dari keyboard, kemoceng COMOBELIEF adalah salah satu alat terbaik untuk membersihkan debu dari komputer.

Nah itulah beberapa rekomendasi alat pembersih debu laptop terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News